Media Tanam Cocopeat untuk Aglonema yang Bisa Dicoba
Media tanam cocopeat untuk aglonema - Media tanam merupakan suatu media yang digunakan untuk pertumbuhan tanaman. Seperti tanaman aglonema yang cocok ditanam pada media tanam tertentu sehingga bisa tumbuh subur. Umumnya, terdapat media tanam aglonema siap pakai yang bisa Anda gunakan saat membudidayakan tanaman ini.Tanaman ini memiliki banyak varietas sehingga menghasilkan beragam jenis saat dibudidayakan. Pada dasarnya media tanaman dari aglonema ini terbagi menjadi media tanam keras dan media tanam lunak. Tentunya masing-masing media tanam memiliki keunggulan tersendiri sebagai tempat pertumbuhan tanaman hias yang satu ini. Lalu, apa sajakah jenis media tanam yang cocok untuk aglonema? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Media Tanam Aglonema

Media Tanam Cocopeat untuk AglonemaTerdapat beberapa media tanam yang bisa Anda gunakan untuk menyuburkan pertumbuhan aglonema, antara lain :

1. Cocopeat

Cocopeat adalah bahan yang dihasilkan dari serat sabut kelapa. Pada umumnya, cocopeat adalah spon yang berasal dari serat sabut kelapa yang dihancurkan dan mengalami proses sehingga menjadi lembut. Karena ini, cocopeat memiliki kemampuan untuk menahan sejumlah besar air layaknya spons.Cocopeat digunakan sebagai substitusi tanah atau media tanam yang efektif untuk menumbuhkan berbagai jenis tanaman, khususnya tanaman hias dalam ruangan maupun luar ruangan. Sebagai pengganti tanah, cocopeat memiliki sifat seperti tanah yang baik. Anda bisa membuat cocopeat lebih berkualitas dengan mesin cocopeat, anda bisa mendapatkan mesin cocopeat dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.Media tanam aglonema siap pakai yang seringkali digunakan adalah cocopeat atau sabut kelapa. Media tanam ini merupakan jenis bahan organik yang cocok digunakan sebagai tempat pertumbuhan aglonema.Adanya kandungan unsur kalsium, magnesium, natrium, fosfor, dan kalium menjadikan cocopeat sebagai media tanam yang baik digunakan untuk aglonema. Bahkan media tanam ini juga memiliki kemampuan sebagai pengikat dan menyimpan air dalam jumlah yang besar.

2. Sekam Padi

Media tanam aglonema siap pakai lainnya yang bisa Anda gunakan saat membudidayakan aglonema adalah sekam padi yang memiliki sifat porous. Biasanya sekam padi ini digunakan setelah proses pembakaran sehingga terkenal dengan nama sekam bakar. Namun, sifat porositas yang dimiliki oleh sekam mentah maupun bakar adalah sama.Hal yang membedakan pada sekam bakar terjadi proses sterilisasi terhadap patogen melalui proses pembakaran. Tidak hanya itu, sekam padi yang telah mengalami proses pembakaran mengandung karbon dalam jumlah yang besar. Namun, tentunya sekam bakar ini mudah rapuh sehingga memerlukan frekuensi pergantian yang lebih sering.Sedangkan sekam mentah juga memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan sekam bakar. Kandungan kalium, sifat yang tidak mudah menggumpal, kemampuan pengikat air, dan tidak mudah lapuk menjadi kelebihan dari media tersebut. Namun, hal yang perlu Anda ketahui adalah sekam mentah memiliki tingkat unsur hara yang rendah.

3. Batang Pakis

Batang pakis yang digunakan untuk media tanam aglonema umum digunakan adalah batang pakis hitam. Dalam pengaplikasiannya batang pakis yang digunakan merupakan batang yang sudah tua. Hal ini bertujuan untuk memperoleh batang yang benar-benar kering dan dapat diaplikasikan secara langsung sebagai media tanam.Umumnya, proses pembuatan media tanam menggunakan batang pakis ini sangat sederhana. Nantinya batang pakis akan mengalami proses pengolahan berupa pencacahan. Proses pencacahan ini akan mencampurkan antara cacahan batang pakis halus dan kasar.Pada proses tersebut perlu penyeimbangan antara cacahan kasar dan halus yang diberikan pada setiap media tanam. Tentunya hal tersebut bertujuan untuk memperoleh media tanam yang baik sehingga mampu mendukung proses pertumbuhan aglonema.Karakteristik dari batang pakis yang menjadikan bahan ini sebagai media tanam yang cocok untuk aglonema adalah sifat porous. Selain itu itu, media tanam ini juga memiliki sifat aerasi dan drainase yang baik. Media tanam dari batang pakis juga bersifat lunak sehingga air mudah menembus media tersebut.Nah, itulah penjelasan mengenai cocopeat dan tanaman apa saja yang cocok dengan cocopeat. Selamat mencoba dan selamat bercocok tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *