Jenis Singkong yang Dapat Anda Gunakan Untuk Membuat Keripik
Jenis Singkong yang Dapat Anda Gunakan Untuk Membuat Keripik- Salah satu makanan khas tradisional Indonesia adalah singkong, singkong atau biasa disebut umbi-umbian. Bisa dikatakan singkong memiliki banyak fungsi karena singkong biasanya digunakan untuk menggantikan nasi atau fungsi nasi sebagai makanan pokok atau pokok bagi sebagian masyarakat di negeri ini.Kebanyakan petani selain menjualnya, juga mengkonsumsinya sendiri sebagai makanan. Karbohidrat dalam singkong ternyata bisa membuat orang yang memakannya merasa kenyang meski tidak makan nasi yang dibuat dengan nasi atau yang lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak petani yang menanam singkong untuk dijual dan bertahan hidup.

Varietas Singkong

Singkong sendiri juga memiliki banyak varietas, sangat berbeda jenisnya. Meskipun penampilan mereka mirip, mereka sebenarnya adalah tipe yang sangat berbeda. Bahkan beberapa jenis singkong jika dimasak memiliki rasa yang lebih nikmat, ada juga jenis singkong yang tidak kalah enaknya dengan jenis singkong lainnya. Jadi Anda harus sangat teliti dalam memilih akar singkong yang baik untuk diolah menjadi produk.Ada juga jenis singkong yang beracun atau tidak bisa dimakan langsung, namun harus diolah untuk mengeluarkan racunnya. Jenis singkong ini sebenarnya cukup berbahaya jika masyarakat tidak mengetahui bahwa singkong itu beracun. Padahal, ada beberapa hal yang bisa dijadikan acuan untuk melihat apakah singkong beracun. Biasanya terlihat dari warna kulit singkong yang lebih gelap dibandingkan jenis singkong lainnya. Pohon tersebut juga memiliki warna yang berbeda dengan pohon lainnya.

Jenis Singkong Untuk Keripik

jenis singkong untuk keripik

1. Singkong Manggu

Singkong Manggu merupakan jenis singkong yang berasal dari Jawa Barat dan dikenal masyarakat sejak lama. Umbi singkong ini berdiameter sekitar 4 hingga 5 cm. Singkong Manggu dapat diolah menjadi berbagai macam masakan karena rasanya yang enak dan manis. Singkong manggu mudah tumbuh, mudah dikupas, renyah, dagingnya juga empuk dan kandungan patinya juga cukup tinggi.

2. Mentega Singkong

Singkong Alpukat juga sering disebut singkong kuning karena warna singkong sebenarnya lebih kuning dibandingkan jenis singkong lainnya. Banyak orang menyukai singkong mentega karena singkong jenis ini memiliki rasa yang lebih manis dan kenyal dibandingkan jenis singkong lainnya. Kue tapioka yang dibuat dengan mentega singkong akan terlihat lebih cantik dan lezat. Saat digunakan untuk membuat lakban, rasanya juga lebih enak dan manis.

3. Singkong Gajah

Singkong gajah asli Kalimantan Timur dan memiliki umbi besar dengan diameter 8 cm. Singkong ini bisa dimakan karena memiliki rasa yang asin dan terlihat mengandung mentega. Singkong sering diolah menjadi tepung atau bahan baku untuk menghasilkan bio-alkohol. Singkong gajah jenis ini memiliki umbi yang besar, mudah tumbuh, dapat dimakan langsung sebagai pengganti nasi dengan rasa yang mirip dengan beras ketan.

4. Singkong Putih

Singkong jenis ini memiliki tekstur yang lebih kencang dan berwarna putih. Singkong jenis ini sangat cocok untuk direbus atau dikukus pada saat pengolahan, misalnya untuk membuat selai singkong, sop singkong, dll.

5. Singkong Mukibat

Singkong jenis ini merupakan hasil percobaan seseorang saat mengombinasikan singkong biasa dengan singkong karet. Singkong jenis ini merupakan gabungan senyawa dari keduanya, dan hasilnya cukup baik karena singkong jenis ini dapat dimanfaatkan untuk mengekstraksi patinya dan mengubahnya menjadi bio-alkohol.

6. Singkong Kuning

jenis singkong untuk keripik
( , Undefined, 12
Varietas ubi ini juga merupakan salah satu percobaan antara ubi karet lokal dan ubi Thailand. Umbi ini pertama kali diperkenalkan di daerah Bengkulu dan ditanam oleh petani di Bengkulu. Ubi kayu jenis ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam makanan seperti tepung, methylated alcohol, bahan baku jamu, minyak untuk pakan ternak.Ada banyak jenis singkong yang bisa Anda gunakan untuk membuat keripik singkong. Namun, sepertinya jenis singkong yang paling baik untuk dibuat irisan singkong adalah singkong mentega atau singkong kuning. Karena teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak, akan membuat keripik singkong semakin nikmat.Demikian informasi tentang ┬ájenis ubi untuk membuat keripik singkong yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang jenis-jenis singkong yang dapat digunakan untuk membuat keripik singkong atau produk lainnya. Dan gunakan produk mesin keripik singkong multifungsi untuk hasil terbaik. Anda bisa membeli alat mesin di produsen mesin berkualitas. TERIMA KASIH. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *