Cara bisnis jagung kering bagi pemula
Olahan jagung kering bisa dijadikan usaha. Cara bisnis jagung kering juga cukup sederhana, bisa langsung dikirim ke berbagai pabrik untuk diolah menjadi pakan ternak dan yang lain-lain.Metode jual beli jagung kering juga bisa dijadikan sebagai peluang jual beli untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya, bisnis pengepul jagung digunakan sebagai pakan ternak.Jagung juga bisa juga dijadikan bisnis makanan seperti berondong jagung, jagung susu keju, keripik jagung, dll.Jagung merupakan salah satu produk pertanian terpenting setelah beras. Penggunaan bahan jagung ini memegang peranan yang sangat penting.Jagung merupakan salah satu bahan pakan yang diperlukan bagi budidaya peternak unggas, hewan berkaki empat dan berbagai industri makanan dan pengolahan lainnya.Permintaan jagung yang terus meningkat di masyarakat mendorong banyak petani untuk menanam tanaman ini. Jenis tanaman jagung beragam, namun jagung hibrida lebih unggul dan berkualitas.Jagung diklasifikasikan kedalam jenis buah kerign. Namun, stigma jagung sebagai sayuran tampaknya sangat dalam. Selain menjadi sayur atau buah, jagung juga menjadi bahan dalam berbagai jenis masakan.Jagung juga dimanfaatkan sebagai makanan ringan olahan seperti biskuit jagung, keripik jagung dan jenis makanan ringan lainnya. Selain jagung olahan yang diolah menjadi berbagai jenis makanan, jagung juga memiliki banyak manfaat.

Beragam manfaat jagung bagi kesehatan tubuh

  • Melancarkan saluran pencernaan
Jagung mengandung serat yang tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Mengonsumsi makanan berserat tinggi dapat mendorong pertumbuhan pertumbuhan bakteri yang baik diusus, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko wasir dan kanker usus besar.
  • Memelihara kesehatan mata
Jagung mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein. Jenis nutrisi tersebut diketahui baik untuk menjaga kesehatan mata. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jagung secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak.
  • Meningkatkan kepadatan tulang
Jagung juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dalam 100 gram jagung ada sekitar 500 mg fosfor. Jumlah ini hampir menutupi kebutuhan fosfor harian orang dewasa. Fosfor sendiri merupakan nutrisi yang baik untuk meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan tulang serta gigi.
  • Mencegah depresi
Manfaat jagung dalam mencegah depresi berasal dari kandungan magnesiumnya. Mineral jenis ini dapat menjaga kesehatan dan fungsi otak dengan menjaga mood. Diketahui bahwa kadar magnesium yang rendah dalam tubuh meningkatkan risiko berkembangnya depresi.
  • Mengendalikan tekanan darah
Kandungan potasium, magnesium, dan antioksidan pada jagung juga bagus untuk mengontrol tekanan darah. Oleh sebab itu, mengonsumsi jagung secara rutin dapat mencegah tekanan darah tinggi.
  • Menangkal radikal bebas
Jagung kaya akan antioksidan dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan berperan dalam melawan efek radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko penyakit dan penuaan dini.Untuk mendapatkan manfaat jagung di atas, pilih jagung yang kondisinya baik dan cuci hingga benar-benar bersih sebelum diolah.

Cara bisnis jagung kering

bisnis jagung keringPerusahaan pertanian dan perkebunan termasuk perusahaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Ada cara untuk mengeringkan jagung dan pemetik jagung menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Tentu saja, anda bisa menggunakannya dan mencobanya sebagai pilihan terbaik.Namun, jenis bisnis ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Kegiatan ini sering dianggap salah satu yang paling mudah dikelola, sebenarnya ada beberapa hal penting yang perlu diketahui terlebih dahulu.
  • Modal
Aspek pertama yang perlu diketahui adalah bahwa kegiatan ini membutuhkan modal awal sesuai dengan situasi dan kebutuhan masing-masing individu. Juga, Anda hanya boleh memulai dengan modal kecil jika ada kerugian dalam bisnis. Dapatkan manfaat dari pemilihan langsung produsen berdasarkan modal.
  • Lahan
Jika anda memulai bisnis dan sekaligus sebagai produsen yang mengelolah sendiri tanaman jagung, pertimbangkan penggunaan lahan sejak awal.
  • Komunitas
Anda akan mendapatkan keuntungan jika berencana untuk mencoba jenis bisnis pengepul jagung ini, terutama bagi yang baru pertama kali mencobanya. Hal ini disebabkan terdapat beberapa komunitas yang melakukan pekerjaan yang sama, terdiri dari orang-orang dengan tingkat pengalaman sehingga dapat memudahkan bisnis untuk dipasarkan.
  • Produksi
Salah satu aspek yang paling rumit dalam bisnis ini adalah produksi yang harus dilakukan dengan hati-hati. Bagi seorang pemula yang belum memiliki pengalaman dalam mengolah lahan secara pribadi, proses produksi menjadi tantangan besar. Itu sebabnya beberapa orang memanfaatkan bantuan distributor.
  • Skala
Sebelum Anda memutuskan untuk memulai bisnis pengepul jagung, anda perlu mempertimbangkan dengan hati-hati skala mana yang ingin anda gunakan. Skala ini dapat ditentukan dari awal dengan mempertimbangkan pengalaman dan modal yang cukup untuk memulai bisnis.

Cara bisnis jagung kering dan basah

1. Pisahkan jagung kering dan basahSalah satu ketentuan yang digunakan oleh pabrik saat petani memanen jagung adalah Kadar Air (KA), karena kadar air mempengaruhi kandungan nutrisi yang dimiliki oleh tumbuhan tersebut.Secara umum, kadar air jagung yang diterima oleh perusahaan adalah 16% hingga 24% dengan nilai standar 17%. Semakin rendah tingkat kelembapan, semakin tinggi harga jagung.Pabrik akan menambahkan uang yang dibayar sebanyak 100 rupiah per kilogram jika kadar air lebih rendah dari 17% dan mengurangi jumlah yang dibayarkan dengan jumlah yang sama jika kadar air lebih dari 17%.2. Kumpulkan ke pengepulPabrik tidak menutup pintu bagi petani yang ingin menjual jagung dalam jumlah kecil. Namun, pabrik akan lebih mengapresiasi petani yang bisa menjual 50 ton sekaligus. Jika petani berhasil memanen dalam jumlah ini, pabrik akan memberikan kontrak eksklusif.3. Hubungi pihak pabrikHubungi pihak pabrik di sini untuk harga pabrik dan lokasi pengiriman. Silahkan konsultasi dengan kontak person yang sudah disediakan oleh perusahaan tersebut. Dengan demikian, anda tidak perlu bingung bagaimana cara menjual tanaman ini langsung dari pabriknya.4. Pastikan tanggal pengiriman dan berat jagung yang dibawa Langkah yang berikut adalah memastikan berat jagung yang akan dikirim. Ini penting agar Anda bisa mengecek berat barang yang dimiliki dua kali yaitu sebelum pengiriman dan setelah pengiriman untuk memastikan bahwa beratnya tidak berkurang.5. Tanda tangan kontrak dan pembayaranKirim jagung pada waktu dan tempat yang telah disepakati. Setelah tiba, jagung diukur kembali kadar air dan beratnya.Setelah transaksi selesai, Anda dapat segera menerima jumlah pembayaran secara tunai. Ingatlah bahwa pabrik hanya membayar barang yang dikirim secara tunai, bukan melalui transfer bank.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *