Waktu Yang Tepat Untuk Promosi Di Instagram
Waktu yang tepat untuk promosi di instagram, Saat menggunakan akun bisnis di Instagram, ada baiknya memahami waktu posting Instagram. Dengan begitu, publik bisa mengetahui keberadaan brand perusahaan Anda di media sosial. Anda harus tahu bahwa Instagram adalah media sosial paling populer setelah WhatsApp yang memiliki banyak pengguna di seluruh dunia.Bagi pengguna Instagram biasa, mungkin tidak ada waktu khusus untuk memposting foto atau video, karena hanya untuk mengisi feed akun Instagram dan untuk hiburan. Namun berbeda jika Anda seorang pengusaha online. Memposting foto atau video di Instagram adalah cara Anda mempromosikannya ke publik, khususnya pengguna Instagram.Beriklan di Instagram bukan hanya soal melihat konten jualan apa saja yang dibagikan, pemilihan waktu juga menjadi faktor penting dalam menentukan apakah postingan Anda akan dilihat banyak orang atau tidak. Selain itu, fitur Instagram kini menampilkan home feed yang tidak sesuai dengan waktu postingan terakhir.Ini menjadikan Instagram peluang yang cukup besar untuk digunakan sebagai platform bisnis. Anda bisa mulai berjualan di Instagram menggunakan fitur Shop dan meningkatkan brand awareness dengan konten foto atau video.Berikut adalah waktu terbaik promosi online di instagram.

Waktu Yang Tepat Untuk Promosi Di Instagram

1. Tergantung Karakter Followers Anda

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, waktu yang ideal untuk memublikasikan konten di Instagram berbeda-beda untuk setiap bisnis. Mengapa? Tentu saja, karena setiap bisnis memiliki segmen pasar dan karakteristik tindak lanjut yang berbeda, penentuan waktu yang ideal akan berbeda-beda.Namun menurut penelitian Oberlo, waktu terbaik untuk memposting konten di Instagram adalah 9-13 dan 17-21. Adapun hari-hari terbaik, Senin, Rabu dan kami adalah hari-hari terbaik untuk memposting di Instagram.Cara beriklan di Instagram yang terbaik dengan melihat jam dan hari dianggap ideal karena telah dialami oleh beberapa pengguna bisnis dimana korelasi antara hari dan jam tinggi.

2. Lakukan Testing Dengan Menemukan Puncak Timezone

Saat menyesuaikan waktu terbaik untuk beriklan di Instagram, Anda perlu mengetahui zona waktu pengikut Anda. Cara mengetahuinya sangat sederhana yaitu melalui Instagram Business yang memiliki fitur bernama Insights. Fitur Wawasan Instagram ini menyediakan semua informasi yang Anda butuhkan untuk mengidentifikasi pengikut Anda.Dari Insights, Anda dapat melihat informasi demografis seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan yang paling penting, kapan mereka paling aktif di Instagram. Informasi ini dapat digunakan sebagai titik awal dan sebagai ujian untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk memposting ke akun Instagram Anda.

3. Rekap Waktu Posting Dan Juga Ukur Progresnya

Jika Anda kesulitan menganalisis ini, Anda dapat menggunakan Google Spreadsheet untuk menganalisis kapan waktu terbaik untuk memposting konten. Catat kemajuan dan kinerja keterlibatan akun Anda setiap hari.Anda bisa mulai dengan menganalisis minggu pertama. Buat kolom untuk hari, waktu, komentar, dan suka. Ubah waktu posting seminggu sekali. Misalnya hari Minggu pertama, Senin, Anda memposting pada pukul 17.00, selama minggu kedua, Senin, Anda memposting pada pukul 18.00, dan seterusnya hingga minggu keempat.Lakukan ini sepanjang hari dan lihat apa hasilnya ketika mencapai minggu terakhir. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah menentukan waktu terbaik untuk akun Instagram Anda.

4. Posting Konten Secara Rutin

Setelah Anda menetapkan jam posting Instagram Anda dengan keterlibatan tinggi, Anda dapat mulai mengunggah konten secara teratur selama waktu tersebut.Bahkan jika tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan merek, seharusnya tidak terlalu fokus sehingga terasa seperti penjualan yang sulit.Usahakan juga menyediakan konten yang mengedukasi audiens untuk membangun brand awareness. Ingatlah bahwa fungsi utama media sosial bukanlah untuk menjual. Kembali ke tugas awal saya, yaitu berkomunikasi.Oleh karena itu, Anda dapat mencoba membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda menggunakan konten Instagram. Ajukan pertanyaan kepada publik, tanggapi komentar pesan dan aktif tanggapi pesan.Anda dapat meningkatkan keterlibatan dan membangun hubungan yang baik dengan audiens Anda dengan mengatur jumlah pesan sesuai dengan kebutuhan Anda.Untuk mendiversifikasi konten Anda, coba jelajahi berbagai jenis konten dan jangan lupa untuk memaksimalkan fitur Instagram. Misalnya, fitur gulungan, IGTV, streaming, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *