Pengertian Blog Walking
Pengertian blog walking-Tentu saja, blogging bukanlah hal baru bagi para blogger. Tapi tahukah kamu kalau blogwalking adalah istilah yang hanya ada di Indonesia? Memang di luar negeri, istilah yang berasal dari blog dan wahana ini kurang dikenal.Terlepas dari terminologi di atas, mengapa blogwalking penting? Mengapa banyak sekali blogger di Indonesia yang melakukan kegiatan ini? Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas blog walking secara detail. Mulai dari pengertian, manfaat dan cara melakukan blogwalking.

Apa itu Blogwalking?

pengertian blog walking,Pada dasarnya blog crawling adalah kegiatan mengunjungi blog lain untuk tujuan tertentu. Biasanya, seorang blogger melakukan blog walk untuk mendapatkan ide konten untuk blog mereka. Seringkali blog walk juga menjadi kesempatan untuk menjalin kontak dengan blogger lain.Lalu bagaimana blogger melakukannya?Pertama, seorang blogger akan mengunjungi beberapa blog yang sesuai dengan kriteria targetnya. Secara khusus, banyak blog memiliki topik atau ceruk yang sama dengan blog. Apalagi memiliki popularitas yang tinggi, terbukti dengan konten blog yang diminati pembaca.Kemudian blogger menganggap postingan tersebut bermanfaat dan kemudian meninggalkan postingan tersebut di kolom komentar yang ditentukan. Cara ini pasti menghasilkan diskusi dengan pemilik blog atau pembaca lainnya.Tidak hanya blogger yang dapat memperluas pengetahuannya, mereka juga dapat memperluas jaringan antar blogger.

5 Manfaat Blogwalking

1. Memperluas Networking

Seperti disebutkan sebelumnya, blogwalking dapat digunakan sebagai cara untuk berjejaring.Karena setiap kali Anda memberikan feedback positif di blog lain, itu menunjukkan suatu bentuk apresiasi kepada pemilik blog tersebut. Atau bisa digunakan untuk bertanya lebih dalam dan membuat diskusi khusus.Jika ada komunikasi yang lebih dalam, maka Anda memiliki peluang bagus untuk berbagi informasi atau ide sebagai blogger lain. Faktanya, kemungkinan Anda juga dapat berbagi tautan posting blog satu sama lain tentang topik yang sama.pengertian blog walkingBaca juga Pengertian Bisnis Retail dan Karakteristiknya

2. Mendapatkan Inspirasi Baru

Blogwalking adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan inspirasi segar untuk konten blog Anda. Mengunjungi blog lain akan memberi Anda informasi dan inspirasi baru dari mereka. Apalagi inspirasi ini bisa kamu jadikan sebagai bekal untuk membuat konten lainnya.Idealnya, Anda harus mengunjungi blog yang sudah sukses atau maju. Kemudian Anda perlu mengamati apa yang mereka diskusikan dan bagaimana mereka menyajikannya. Selain itu, Anda juga harus menemukan keunikan konten mereka agar disukai pengunjung.Namun, jangan sekali-kali melakukan copy-paste atau menjiplak dari konten lain. Prioritaskan sikap profesional Anda sebagai blogger. Sertakan surat keterangan atau asal saat mengutip artikel atau laporan.Keunikan sebuah konten memiliki peran yang sangat penting. Karena jika Anda mencuri idenya, Anda bisa dituntut oleh pemilik aslinya. Selain itu, Google tidak akan mendukung tindakan duplikat konten. Bahkan, Anda akan kesulitan menerima trafik lantaran Google sendiri yang akan menurunkan peringkat blog Anda pada page pencariannya.

3. Mendapat Bantuan dari Blogger Lain

Blogwalking merupakan aktivitas blogging yang umumnya dilakukan secara mandiri. Namun, sangat penting untuk menjalin hubungan baik dengan blogger lain. Keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan bantuan jika terjadi kesalahan. Baik non teknis maupun teknis.Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan bantuan secara kolaboratif, dengan berbagi pengalaman atau dengan menjadi partner kolaboratif pada konten Anda.

4. Sebagai Bahan Evaluasi

Blogwalking juga bisa dijadikan dokumen untuk mengukur kualitas blog Anda saat ini. Ini berarti Anda dapat membandingkan dari blog yang sukses.Semakin banyak blog yang Anda kunjungi, semakin banyak rekomendasi yang Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda akan dengan mudah menemukan berbagai kekurangan blog Anda dan bagian-bagian yang benar-benar perlu Anda tingkatkan.Penilaian dalam hal ini mencakup banyak komponen yang berbeda, mulai dari pemilihan mata pelajaran, kemampuan penguasaan materi, gaya bahasa, sarana komunikasi hingga bentuk penyajian visual.

5. Mempromosikan Blog Anda

Selain dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk memperluas jangkauan sosial blogger lain, blogwalking juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan blog Anda.Namun, sebaiknya jangan sembarangan meninggalkan link blog di kolom komentar. Sebaliknya, cara ini akan dianggap spam dan menjadi kurang elegan. Hal ini juga cenderung memiliki efek negatif.Itulah pengertian blog waling semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *