Penanganan Sampah Plastik yang Umum di Lakukan Masyarakat
Pembuangan sampah plastik sudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat. Penanganan sampah plastik bukan tidak mungkin dilakukan untuk mengurangi sampah secara kreatif. Kita semua tahu bahwa banyak sampah yang buruk bagi lingkungan. Bukan hanya dalam jangka pendek saja, tetapi juga dalam jangka yang panjang. Misalnya, sampah plastik tidak bisa langsung terurai di dalam tanah. Dibutuhkan ratusan tahun untuk mencair. Sementara itu, jutaan tas digunakan di seluruh dunia setiap hari hanya melalui penggunaan kantong plastik. Itu tidak ada habisnya Harus ada cara penanganan limbah plastik yang lain. Ternyata sampah bisa diubah menjadi sesuatu yang menarik, selain bisa diminimalkan jumlahnya, juga bisa mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. 

Inilah 5 ulasan tentang  penanganan sampah plastik 

Daur ulang sampah plastik dan kain perca

Sampah plastik yang sulit terurai yang mencemari udara hanya dengan membakarnya ternyata bisa didaur ulang menjadi barang yang berguna dan layak jual. Misalnya, bungkus makanan plastik yang dikumpulkan secara individual dapat digunakan sebagai kantong plastik dengan desain unik, pola berlubang. Di antaranya dapat digunakan untuk gantungan baju, selendang, selendang, atau bahan kain lainnya. Limbah kain (tambalan) dapat didaur ulang menjadi keset cantik tergantung jahitannya. Dapat juga digunakan sebagai boneka jari untuk alat bercerita. Jadi jangan dibuang kamu dapat berkarya menggunakan sampah plastik yang ada di rumah Anda, sebelum itu lakukan pemilahan terlebih dahulu.

Sebagai alat artistik

Tidak semua sampah diciptakan sama. Sampah juga bisa menjadi karya seni yang menakjubkan. Seperti yang terjadi di Jalan Malioboro Yogyakarta, dipamerkan patung-patung berbahan sampah plastik. Semuanya terbuat dari sampah dan pada akhirnya terlihat menarik. Ada scene yaitu deretan botol sampah yang banyak, ada sampah plastik (kantong plastik, bungkus snack, dll) di dalam botol. Panggung terlihat kokoh dan tidak roboh meski dipanjat, para tamu yang penasaran dan antusias memanjat. Jadi, meskioun memiliki bahaya sampah plastik juga memiliki sisi positif yang lainnya.

Bantuan Penanaman

Dengan metode penanaman vertikal, plastik botol bekas yang masih utuh dapat digunakan sebagai substrat tanaman. Botol plastik hanya perlu dilubangi untuk menampung bagian bawah dan ingat untuk mengebor lubang di ujung botol untuk menarik tali gantungan. Anda dapat menumpuk beberapa tumpukan, bahkan 5 tumpukan pun dimungkinkan. Tempatkan di dalam ruangan agar udara segar setiap hari. Bagi kalian yang pencinta tanamam Anda dapat menggunakan botol bekas untuk membuat pot bunga atau untuk menanam bibit tanaman sayur jika Anda memiliki kebun yang kecil.

Digunakan sebagai pupuk

Sampah organik jika dibiarkan begitu saja akan terurai dengan sendirinya dan membentuk organisme yang menjijikkan. Bau yang tidak sedap juga mengganggu indera penciuman. Oleh karena itu, limbah jenis ini dapat didaur ulang sebagai pupuk bagi tanaman. Katakanlah sesuatu seperti demokrasi tumbuhan, oleh tumbuhan, dan untuk tumbuhan. Ini juga menghemat uang Anda dibandingkan dengan membeli lebih banyak pupuk.

Sebagai sarana edukasi

Edukasi masyarakat tentang bahaya sampah dan polusi. Sampah merupakan ancaman yang tidak boleh dianggap remeh. Dengan demikian, sampah itu sendiri dapat berfungsi sebagai alat pengajaran. Tentu saja, tidak semuanya terbuang sia-sia, hanya yang penting saja.itulah 5 langkah kreatif untuk meminimalkan sampah di lingkungan kita. Lingkungan merupakan aset berharga yang dipercayakan Tuhan kepada kita, sehingga perlu dan esensial untuk menjaganya. Kami harap artikel ini dapat membantu Anda mengurangi dampak berbahaya dari sampah plastik yang ada di sekitaran lingkungan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *