Pemanfaatan rumput teki sebagai obat

1.Pengertian dari Pemanfaatan Rumput Teki

Rumput teki merupakan salah satu tumbuhan liar yang dapat tumbuh tinggi mencapai 145 cm.Batang dari tanaman ini berwarna hijau gelap dan juga memiliki daun yang panjang dan tajam.banyak orang yang menganggap bahwa rumput ini adalah tanaman pengganggu padahal dibalik kata dari tanaman pengganggu memiliki banyak manfaat untuk keshatan.Beberapa negara di Asia Tenggara sudah banyak yang mengolah dan mengonsumsi rumput ini untuk pengobatan atau mengobati berbagai penyakit.melalui pemanfaatan rumput ini kita bisa mengetahui kegunaan dari tanamn liar yang sering kali dianggap sebagai gulma.

2.Pemanfaatan Rumput Teki

Cara memanfaatkan tanaman liar jenis ini cukup mudah.Berikut ini, 9 pemanfaatan rumput teki sebagai obat-obatan tradisonal untuk kesehatan tubuh kita yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang:

1.Pemanfaatan Rumput teki sangat baik untuk pencernaan

Tanaman ini memiliki manfaat yang pertama ialah tanaman rumput teki ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan tubuh kita.Beberapa negara di Asia tenggara selain Indonesia sudah banyak yang menggunakan dan mengolah tanaman rumput ini untuk mengobati parasite usus,diare, gangguan usus,disentri,dan masalah perut lainnya.Didalam Rumput ini terdapat enzim dan senyawa aktif yang dapat merangsang reaksi-reaksi dari biokimia, sehingga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan tubuh. Caranya cukup mudah,Kamu dapat merebus tanaman rumput ini dan mengonsumsi air rebusannya agar bisa mengatasi gangguan pencernaan.rumput teki juga berguna sebagai rumput kering pakan kelinci

2.Pemanfaatan rumput Rumput teki bisa mengontrol kejang dan epilepsi

rumput teki merupakan rumput yang didalamnya terkandung ekstrak etanol yang berfungsi dapat menjadi penawar terhadap reaksi kejang pada seseorang.Kandungan flavonoid dari tanaman rumput ini bisa mengembangkan berbagai macam obat untuk epilepsi.

3. meredakan nyeri haid atau menstruasi

Tanaman liar ini juga bisa menyembuhkan Wanita yang sedang mengalami menstruasi bilaq terkena nyeri haid.cara pemakaiannyaq sangat mudah, cukup menghaluskan rumput teki ini lalu merebusnya sampai benar-benar hangat. Kemudian,Minum air rebusannya secara teratur dan baik agar bisa memulihkan siklus menstruasi kamu.

4.memperlancar saluran kencing

Tak disangka tanaman rumput ini juga dapat membantu memperlancar saluran kencing bahkan bisa mengobati kencing batu.caranya cukup mudah untuk diolah.Air rebusan dari rumput ini berkerja untuk membuang penggumpalan garam yang menghambat pada saluran kencing. Maka dari itu, saluran kencing kamu aman dari penghambatan dan dapat lebih lancar.

5. membantu merawat kulit

Rumput satu ini ternyata juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit loh. Selain dapat mencerahkan kulit, rumput ini juga dapat membantu mengurangi efek penuaan. Rumput teki dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu untuk memutihkan kulit tanpa efek samping yang berbahaya.

6. mengontrol tekanan darah tinggi

Tanaman rumput ini juga mengandung ekstrak alkohol yang dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh secara perlahan dan terus menerus. Selain itu,tanaman liar ini juga dapat membantu kamu untuk menjaga agar tekanan darah padah tubuh tetap normal. Caranya cukup mudah,Kamu dapat merebus daun dan batang dari tanaman tersebut, setelah itu minumlah air hasil rebusan tersebut secara rutin dan teratur setiap hari agar bisa memperoleh manfaatnya.

7. menurunkan demam

Rumput teki juga memiliki umbi yang berfungsi mampu merangsang keluarnya keringat dari tubuh sehingga bisa menimalisirkan kembali suhu tubuh pada saat demam.cara pengolahannya cukup mudah, Haluskan umbi rumput teki dan campurkan hasilnya dengan sedikit air putih. Setelah itu,bungkuslah dengan kain tipis, kemudian kompres di bagian tubuh yang mudah mengeluarkan keringat seperti pada bagian ketiak atau lipatan lainnya.

8. dapat menghilangkan ketombe

Rumput teki juga bisa mengatasi dalam masalah ketombe di rambut.caranya cukup mudah,Kamu dapat menghaluskan daun rumput tersebut dan batangnya, lalu tambahkan dengan sedikit minyak kelapa. Campurlah semua bahan tersebut dengan merata dan gunakan sebagai masker rambut. Rumput teki ini juga sangat efektif untuk mencegah bila terjadinya kerontokan pada rambut dan menumbuhkan rambut.

9. dapat meredakan lebam atau memar

Tanaman liar ini juga bisa menyembuhkan lebam pada kulit tubuh.caranya cukup mudah cukup dengan cara menggiling rumput tersebut dan ditempelkan pada area lebam..Nah banyak sekali manfaat tanaman liar yang dianggap bisa merugikan dan hanya sebagai pengganggu.tetapi dibalik kata itu tersmpan banyak manfaatnya.karna sudah mengetahui pemanfaatan rumput ini maka kita akan tau pentingnya gulma terhadap kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *