Cara Membuat Celengan Dari Batok Kelapa
Kelapa merupakan salah satu jenis pohon yang sangat bermanfaat mulai dari daun hingga akarnya. Kelapa sering diolah, biasanya sebagai minuman ringan. Kemudian bila digunakan untuk itu, batok kelapanya digunakan sebagai kayu bakar. Karena sekarang sering digunakan sebagai kayu bakar, beberapa pengrajin menemukan pengolahan batok kelapa agar lebih bernilai dan bermanfaat. Ada beberapa cara membuat celengan dari batok kelapa.Celengan adalah benda sederhana yang fungsinya untuk menyimpan sedikit uang di kantong kita. Ada celengan yang terbuat dari plastik, tanah liat, kaleng bekas, batok kelapa dan lainnya. Saya membuat celengan dari batok kelapa.Kerajinan batok kelapa merupakan salah satu bentuk pemanfaatan kembali limbah batok  kelapa. Batok atau batok kelapa dapat dikreasikan menjadi karya yang menarik. Sabut kelapa, yang merupakan limbah dari kelapa, sering  dianggap memiliki nilai komersial yang kecil atau tidak ada sama sekali.Kerajinan batok kelapa ini sangat populer di kalangan anak muda, terutama anak-anak usia sekolah dasar. Namun, tidak menutup kemungkinan banyak orang dewasa  juga akan menyukainya sebagai barang koleksi.

Cara membuat celengan dari batok kelapa

Memperkenalkan anak untuk menabung sejak kecil mengembangkan kebiasaan yang baik. Anak-anak yang terbiasa hidup hemat dan menabung akan menjadi sebuah kebiasaan disaat dewasa nanti.Untuk membuat anak-anak senang menabung, Anda dapat membelikan mereka celengan unik, misalnya celengan bergambar kartun kesukaannya atau celengan dari tempurung kelapa.celengan dari Batok kelapa bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk adik anda. Selain itu juga bisa mengajarkan anak usia dini berhemat dan rajin menabung serta berwawasan kreatif. Untuk membuat celengan dari batok kelapa ada beberapa bahan yang harus disiapkan seperti:
  • Batok kelapa tua
  • Lem perekat
  • Amplas kasar dan halus

Proses pembuatan

  1. Amplas terlebih dahulu semua bagian batok kelapa agar lebih halus dan nyaman ketika digunakan.
  2. Kemudian jika sudah terasa halus, anda bisa potong batok menjadi dua bagian.
  3. Selanjutnya bersihkan dan haluskan dahulu bagian dalam batok agar ketika digunakan menyimpan uang tidak merusak uang anda.
  4. Anda bisa membuat sedikit lubang kecil yang cukup untuk memasukkan uang kertas lipatan atau uang logam ke dalam celengan.
  5. Gunakan amplas untuk menhaluskan lubang tersebut agar terlihat lebih rapi dan memudahkan ketika memasukan uang.
  6. Buatlah tatakan celengan sesuai keinginan anda atau sesuai kesukaan orang yang akan anda kasih hadiah ini.
  7. Kemudian pasangkan kedua batok kelapa menggunakan lem.
  8. Warnai batok kelapa agar terlihat lebih menarik atau dilapisi dengan hiasan.

Manfaat Batok Kelapa

Batok kelapa juga memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum banyak diketahui orang. Manfaat batok kelapa tidak hanya berkaitan dengan kerajinan dari batok kelapa, tetapi juga banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat tempurung kelapa dalam kehidupan sehari-hari seperti:
  1. Menjadi bahan pengawet makanan
  2. Menjadi obat untuk penyakit diabetes
  3. Mengobati keracunan
  4. menurunkan kolesterol
  5. Menjadi anti bisa hewan
  6. Mengobati inflamasi
  7. Membantu Proses penyembuhan luka
  8. Membantu Proses pencernaan dll
Batok kelapa atau sabut kelapa merupakan batok kelapa yang sudah tidak terpakai lagi bahkan mungkin dianggap limbah yang mungkin tidak berarti banyak bagi sebagian orang. Bahkan bagi kebanyakan orang, batok kelapa mungkin tidak berguna dan hanya untuk membuat arang. Memang kerajinan batok kelapa bisa menjadi alat yang bermanfaat dan menarik jika kita tahu cara mengolahnya dengan benar, kerajinan batok kelapa seperti mangkok, gelas, asbak, dll.Ketika membuat sebuah kerajinan dari batok kelapa tentunya akan sangat mudah jika dibantu menggunakan mesin yang bisa kerja secara otomatis. Maka kami menyediakan mesin batok kelapa yang bisa membantu anda. Dengan menggunakan mesin tersebut akan mempermudah dan mempercepat produksi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *