Cara Paling Ampuh Mengusir Tikus
Keberadaan tikus di rumah selain menggangu kenyamanan, juga bisa menjadi sumber penyakit. Untuk mengusir tikus Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang ada di rumah. Penasaran apa saja bahan tersebut? Yuk simak penjelasannya. 

Cara Mudah Mengusir Tikus

Tikus merupakan hewan yang kotor dan jorok. Oleh sebab itu, kebanyakan orang tidak menyukai hewan yang satu ini. Bahkan keberadaan tikus acap kali malah menyebabkan kerusakan barang-barang di rumah. Jelas saja pemilik rumah jadi kesal oleh perbuatannya.Tikus juga bisa membawa sumber penyakit, mencemarkan air, dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Daripada pusing, yuk, simak cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan sehingga hewan itu tidak datang lagi!

1. Bersihkan Seluruh Isi Rumah

Tikus kebanyakan bersembunyi di bagian rumah yang gelap dan sempit. Oleh sebab itu, minimalisir tempat-tempat yang disukai oleh tikus. Bersihkan secara menyeluruh tempat di ruangan yang tersedia di dalam rumah kamu. Jika perlu, buang barang-barang yang sudah tidak terpakai sehingga tikus tidak bersembunyi di sana. 

2. Tutup Lubang dan Celah

Cara mengusir tikus yang tepat adalah dengan menutup lubang sampai celah-celah yang sangat memungkinkan jadi tempat tinggalnya. Oleh sebab itu, periksalah bagian-bagian yang berlubang, seperti saluran air, celah-celah ventilasi, sampai tempat di luar rumah yang jadi potensi jalur masuk tikus.Kamu bisa menutupnya dengan semen, plester, atau kawat. Dengan langkah ini Anda bisa membuat tikus tidak datang ke tempat tersebut. 

3. Gunakan Irisan Bawang Merah

Tikus tidak senang dengan bau yang menyengat. Jadi, gunakanlah bawang merah untuk mengusirnya.Bau dari bawang merah bisa membuat tikus kabur dan tidak datang lagi. Untuk caranya, cukup iris-iris bawang merah dan simpan di tempat yang sering di lewati tikus. 

4. Usir dengan Bawang Bombay

Selain bawang merah, langkah mengusir tikus juga bisa dijalankan dengan menggunakan bawang bombay. Kamu cuma perlu mengirisnya seperti bawang merah. Letakkan di tempat yang sering di lewati tikus.Jika sudah busuk tapi tikus tidak kunjung datang, Anda bisa menggantinya dengan irisan bawang yang baru. 

5. Menggunakan Ampas Teh

Kalau Anda senang minum teh, jangan langsung membuang ampasnya. Sebab bisa digunakan untuk mengusir tikus yang berkeliaran di rumah. Dengan ampas teh, pernapasan pada tikus akan rusak. Apalagi saat dia memakan atau sekadar menghirupnya.Cukup tempatkan saja ampas teh di area-area yang sering di lewati tikus. Dengan langkah ini, dijamin tikus akan segera pergi. 

6. Memanfaatkan Kulit Durian

Kalau Anda senang makan durian, jangan membuang kulitnya. Sebab kulit durian bisa berguna untuk mengusir tikus yang nakal. Potong-potong saja kulit durian dan tempatkan di tempat yang sering tikus lewati. Bau yang berasal dari kulit durian akan membuat tikus risau dan pergi. 

7. Memanfaatkan Adonan Soda Kue

Apabila Anda selesai membuat kue dan masih tersedia sisa soda kue, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus. Caranya adalah dengan memasukkan satu cangkir soda kue pada wadah. Tambahkan sedikit gula atau coklat sebanyak satu cangkir dan aduk rata.Letakkanlah adonan tersebut di tempat yang jadi rumah tikus. Saat tikus memakannya, nanti akan terlihat reaksi pada lambung tikus. Ketika hal itu terjadi, tikus jadi tidak bisa buang angin dan pada akhirnya akan membunuhnya. 

8. Pakai Lada

Apabila Anda mempunyai sisa lada hitam bekas memasak, Anda bisa loh menggunakannya untuk mengusir tikus. Kandungan piperin yang terdapat pada lada akan membuat tikus jadi tidak nyaman dan mengakibatkan iritasi pada saluran hidungnya.Caranya cukup dengan menggiling kasar lada hitam dan sebarkanlah di tempat yang sering tikus lalui. 

9. Jangan Simpan Terlalu Banyak Makanan

Tikus amat senang mengambil makanan. Oleh sebab itu, jika tikus mulai sering datang ke rumah, jangan menyimpan makanan amat banyak di tempat yang sering tikus lewati.Jika sudah begitu, simpanlah makanan di tempat yang ada sulit dijangkau oleh tikus. Jangan lupa untuk menutup rapat setiap makanan yang Anda simpan.Sehabis makan juga mesti segera bersihkan sisa-sisa makanan yang tercecer. Supaya tikus tidak datang dan berkeliaran di rumah. 

10. Gunakan Peppermint Oil

Cara lain untuk mengusir tikus adalah menggunakan peppermint oil. Kamu bisa menempelkan kapas ke minyak tersebut dan meletakkannya di tempat yang sering tikus datangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *