Pentingnya Backlink Bagi Pemilik Website

Seiring berkembangnya teknologi informasi, banyak orang yang menggunakan situs website sebagai sumber bertukar informasi mengenai berbagai macam hal. Informasi yang sering kita temukan di sebuah website atau situs web yaitu mengenai kesehatan, pendidikan, hiburan, politik, dan tips melakukan sebuah kegiatan.

Selain itu, saat ini website juga sering digunakan untuk melakukan promosi produk atau perusahaan. Untuk mendapatkan pengunjung yang banyak terdapat cara yang dapat kita pakai. Salah satu caranya yaitu menggunakan backlink.

Backlink merupakan salah satu faktor penting dalam SEO atau Search Engine Optimization. Pada dasarnya backlink adalah tautan pada sebuah halaman web yang jika di klik akan mengarah ke situs lain. Tampilan backlink biasanya dapat berupa gambar atau teks. Bakclink ini juga dapat menjadi tanda kepercayaan pemilik web terhadap situs lain. Biasanya backlink ini diberikan kepada situs yang memiliki otoritas dan terpercaya. 

Fungsi Backlink

Sebagai Sumber Lalu Lintas Referral

Dengan menggunakan backlink, pemilik situs web akan dengan mudah mendapatkan visitors atau orang yang akan mengunjungi situsnya. Akan tetapi, banyak atau tidaknya jumlah orang yang mengunjungi situs dengan menggunakan backlink ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor. 

Sebagai Sumber Visitors Jangka Panjang

Menggunakan backlink juga dapat memberikan jumlah pengunjung jangka panjang kepada situs web kita . Hal ini terjadi apabila tautan situs kita dipasang di situs lain yang memiliki jangka panjang juga. meskipun tautan situs kita telah dipasang beberapa tahun yang lalu di situs lain, pengunjung akan tetap dapat melihat dan berkunjung pada situs kita.

Sebagai Pengenalan Brand Situs 

Fungsi backlink juga dapat menjadi sumber pengenalan brand situs kita melalui situs orang lain. Sehingga, dengan menaruh tautan di website orang lain maka akan semakin banyak orang yang melihat brand situs kita.

Membangun Kepercayaan Google

Semakin situs kita mendapatkan backlink dengan referensi domain yang banyak, maka semakin bagus penilaian google terhadap situs kita. Sehingga google akan merekomendasikan situs anda kepada pelanggan.

Syarat Backlink yang Baik

Link with Traffic

Backlink yang paling baik yaitu backlink yang diklik langsung oleh pengunjung atau visitors secara acak atau konstan. Untuk mendapatkan link with traffic ini terdapat dua cara, yaitu:

  • Membuat backlink dari konten yang berkualitas. 

Dengan isi situs yang berkualitas maka akan mendapatkan traffic pengunjung yang bagus. Selain itu, dengan konten yang berkualitas akan mendapatkan peringkat yang bagus di mata google. Sehingga, situs kita akan direkomendasikan google kepada pengunjung.

  • Membuat backlink pada situs atau konten yang memiliki traffic yang banyak

Kita juga dapat menaruh backlink pada situs atau konten yang telah banyak traffic. Untuk menggunakan cara ini, kita dapat menggunakan jasa backlink

Backlink yang Terindeks

Sebaik apapun backlink yang kita miliki jika belum terindeks, maka tidak bisa dianggap sebagai backlink. Untuk mendapat indeks pada situs, kita dapat menggunakan layanan indeks pihak ketiga seperti backlink indexer.

Memiliki Atribut Dofollow

Backlink yang baik dan berkualitas yaitu backlink yang memiliki atribut do follow. Artinya backlink tersebut mengizinkan google untuk mengikutinya. 

Backlink merupakan salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs dan memperkenalkan brand situs. Akan tetapi, menggunakan backlink saja tidak cukup. Untuk mendukung keberhasilan backlink, terdapat berbagai cara yang harus kita lakukan, yaitu situs kita harus memiliki konten yang berkualitas, backlink yang kita gunakan telah terindeks, dan telah memiliki keterangan atribut do follow.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *