Macam-Macam Teknik Membuat Susu Kedelai
Ini Cara Membuat Susu Kedelai yang Enak di RumahPada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang teknik membuat susu kedelai. Di Indonesia, kedelai sudah menjadi sumber gizi protein nabati utama, meskipun Indonesia pengimpor sebagian besar kebutuhan kedelai. Ini terjadi karena kebutuhan di Indonesia yang tinggi akan kedelai putih. Kedelai putih ini bukan asli tanaman tropis jadi hasilnya selalu lebih rendah daripada di Jepang dan Cina.Pemuliaan serta domestikasi ini belum berhasil sepenuhnya mengubah sifat fotosentisif kedelai putih. Di sisi lain, kedelai hitam ini yang tidak fotosensitif kurang mendapat pengelolaan dalam pemuliaan meskipun dari segi adaptasi lebih cocok bagi Indonesia.Kedelai merupakan tumbuhan yang serbaguna. Karena akarnya memiliki bintil untuk pengikat nitrogen bebas, kedelai merupakan tanaman dengan kadar protein yang tinggi sehingga tanamannya digunakan sebagai pupuk hijaudan pakan ternak.

Olahan Kacang Kedelai

Pemanfaatan utama kacang kedelai adalah dari biji. Biji kedelai ini kaya protein dan lemak dan beberapa bahan gizi penting lain, misalnya vitamin (asam fitat) dan lesitin. Olahan kacang kedelai tersebut dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. berikut contoh olahan tersebut:

1. Tahu(Tofu)

Tahu dikenal juga sebagai makanan sederhana yang mempunyai tekstur lembut dan enak. Namun, ternyata kandungan nutrisinya yang sangat tinggi dan memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tahu juga merupakan makanan yang berasal dari kedelai dan sangat lekat dengan orang Indonesia. Hampir setiap hari tahu ini dikonsumsi dalam berbagai jenis masakan atau camilan.Tahu dibuat dari olahan kacang kedelai dan endapan susu kedelai yang dikentalkan. Terdapat tiga jenis tahu yang umum dikonsumsi masyarakat, yaitu tahu padat, tahu lembut, dan tahu sutra. Ketiga jenis tahu ini memiliki kandungan nutrisi yang serupa, namun untuk kandungan kalorinya berbeda dengan berdasarkan kepadatan tahu.
  1. Berbagai Macam Saus Penyedap
Kecap merupakan bumbu dapur atau penyedap makanan yang berupa cairan berwarna hitam yang rasanya itu manis atau asin. Bahan dasar dari pembuatan kecap umumnya adalah kedelai atau kedelai hitam. Namun ada juga kecap yang dibuat dari bahan dasar air kelapa yang umumnya berasa asin.Kecap manis biasanya bertekstur lebih kental dan terbuat dari olahan kacang kedelai, sementara kecap asin bertekstur lebih cair dan terbuat dari kedelai dengan komposisi garam yang lebih banyak, atau bahkan ikan laut. Selain berbahan dasar dari kedelai atau kedelai hitam bahkan air kelapa, kecap juga dapat dibuat dari ampas padat dari pembuatan tahu.
  • Berbahan baku kedelai
    • Kecap manis tersebut adalah produk fermentasi kedelai dengan dua tahap pembuatan, koji dan moromi.
    • Kecap asin (dalam bahasa Inggris: soy sauce, atau saus kedelai, karena kata ketchup dalam bahasa Inggris menuju pada saus tomat)

3. Tempe

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai atau beberapa bahan lainnya yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer, atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini sering kita kenal sebagai “ragi tempe”.Terdapat berbagai metode pada pembuatan tempe. Namun, teknik pembuatan pada tempe di Indonesia terdiri dari tahapan perebusan, pengupasan, perendaman dan pengasaman, pencucian, inokulasi dengan ragi, pembungkusan, dan juga fermentasi.

4.Susu Kedelai

Susu kedelai adalah minuman susu nabati yang dibuat dari kacang kedelai. Susu kedelai ini juga disebut susu karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Sari kedelai juga merupakan produk samping alami dari pembuatan pada tahu.Susu menjadi salah satu bagian untuk memenuhi konsep gizi seimbang pada tubuh. Namun, dalam praktiknya, ada sebagian orang yang memiliki intoleransi laktosa sehingga harus lebih selektif dalam memilih susu yang akan kita minum. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah meminum susu kedelai.Baca Juga : teknik membuat susu kedelai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *