3 Jenis Bonang Berdasarkan Fungsi dan Nada Tingginya
Indonesia mempunyai kebudayaan yang terbentang luas dari Sabang sampai Merauke. Dengan budaya yang berbeda-beda menjadi sebuah identitas suku yang unik dari yang lainnya.Keragaman tersebut dapat dijumpai dari bahasa, pakaian hingga alat musik. Adanya kekayaan tersebut harus dilestarikan dan dipertahankan di tengah gempuran budaya asing.Nah, salah satu kebudayaan masyarakat Jawa Tengah, Sunda dan Bali yaitu alat musik bonang. Bonang mirip seperti alat musik kolintang, dimana terbuat dari logam, emas, kuningan, perunggu dan besi.Ciri khasnya terlihat dari tonjolan yang berada di atasnya atau disebut dengan pencu atau pencon. Biasanya dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis atau disebut dengan Bindhi.

Jenis-Jenis Bonang

Alat musik bonang yang sangat terkenal dapat dibedakan menjadi tiga jenis yang berbeda-beda. Ketiga jenis tersebut dibedakan dengan berdasarkan fungsi dan tinggi nadanya. Adapun 3 jenis bonang tersebut, yaitu: 

1. Bonang Barung

Bonang barung adalah salah satu alat musik yang ukuran oktafnya sedang sampai tinggi. Biasanya jenis bonang ini akan dimainkan sebagai instrumen pembuka dalam menuntun jalannya lagu.Selain itu, onang baru sering digunakan untuk mengantisipasi nada yang datang, misalnya pada teknik lagu pipilan. 

2. Bonang Panembung

Ukuran jenis bonang ini sangat besar jika dibandingkan dengan bonang lainnya. Bahkan bonang panembung dapat menghasilkan nada dengan ukuran oktaf sedang hingga yang terendah.Jenis bonang ini kurang terkenal di masyarakat umum, TENGAHVIRAL namun tidak dengan kalangan Keraton Yogyakarta.

3. Bonang Penerus

Bonang penerus merupakan jenis alat musik bonang yang sangat praktis dan banyak digunakan kalangan masyarakat. Alat musik ini mempunyai ukuran paling kecil daripada jenis bonang yang lain.Walaupun begitu, jenis bonang ini mempunyai oktaf yang sangat tinggi dan mempunyai kecepatan 2 kali lipat dari bonang barung.Karena mempunyai kecepatan yang tinggi hingga bonang penerus cuma dapat bisa digunakan untuk lagu tuntunan. Biasanya bonang penerus dimainkan secara bersamaan dengan bonang barung.Untuk memainkan bonang pastinya memerlukan keahlian dan kesungguhan untuk memahaminya sehingga bisa menghasilkan intonasi yang indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *