Cara Membuat Cold Brew Susu Mudah dan Nikmat
Berikut cara membuat cold brew susu yang super enak. Es kopi susu yang ada di pasaran biasanya dibuat dengan cara menyeduh kopi dengan air panas lalu ditambahkan es batu. Bahkan kopi instan pun dapat dengan mudah digiling.Saat kopi sudah siap, tambahkan es batu ke dalam gelas. Anda bisa menambahkan gula cair jika ingin rasa yang lebih manis. Pecinta es kopi susu bisa di mix dengan gula cair, susu kental manis dan susu cair. Lebih nikmat dengan sirup gula aren. Minuman yang pas untuk cuaca panas.Mari kita lihat cara membuat susu cold brew! Beginilah cara mengentalkan susu dingin.Berikut pengukurannya:
  • 40 gram kopi hitam bubuk (bukan kopi kantong!) atau sekitar 3 sendok teh
  • 100 ml air mendidih.
Jangan menambahkan air terlalu banyak agar kopi yang diseduh menjadi kental.Ikuti petunjuk penyeduhan ini:
  1. Tuangkan kopi dan air panas ke dalam French press
  2. Jangan diaduk Biarkan kopi tercampur secara alami untuk mempertahankan aromanya.

Cara Membuat Cold Brew Susu

cara membuat cold brew susuPenggemar kopi pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah cold brew. Tapi tahukah anda cara membuat cold brew yang enak sebenarnya ide dasar cold brew adalah mencampurkan air dingin atau suhu ruangan dengan kopi yang sudah digiling kasar, diamkan selama 12 jam, lalu saring. Konsentrat kopi yang dihasilkan dapat disajikan sebagai minuman panas maupun dingin.Untuk rasa yang maksimal, simpan konsentrat kopi dalam toples kaca kedap udara di lemari es dan gunakan dalam waktu 2 minggu. Mengapa tidak membuatnya di rumah? Mari kita lihat prosesnya!Kopi cold brew yang diuji dengan metode ini dibuat menggunakan teko kopi cold brew Hario 1150ml. Selain prosesnya yang (sangat) sederhana, cara ini bisa dilakukan oleh siapa saja yang masih belajar menyeduh kopi dengan alat ini. Ukuran alat ini bisa menyajikan 5 cangkir kopi. Berikut langkah-langkah menyiapkan kopi cold brew:

Proses:

  1. Giling biji kopi sampai kekasaran sedang (tidak terlalu kasar) sekitar 80 g.
  2. Lihat contoh gilingan kasar pada gambar di bawah, tempatkan ampas kopi dalam saringan minuman dingin.
  3. Pasang saringan ke gelas/botol.
  4. Tambahkan 500g air dingin atau suhu kamar. Rasio yang umum adalah 1:7 (1 gram kopi dengan 7 gram air), tetapi Anda dapat mengubah rasionya sesuai keinginan. Rasio ini mempengaruhi kekuatan kopi.
  5. Semakin banyak air yang ditambahkan ke dalam kopi, semakin encer kopinya. Aduk perlahan agar kopi dan air tercampur rata.
  6. Disarankan untuk tidak menggunakan benda tajam untuk mengaduk agar tidak merusak filter.
  7. Tutup wadah air dingin. Setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Waktu ideal untuk "merendam" kopi cold brew umumnya adalah 8 hingga 12 jam, namun waktu pendinginan ini berbeda-beda sesuai dengan preferensi pribadi.
  8. Setelah sekitar 8 jam, keluarkan Cold Brew Coffee dari kulkas. Jika suka, Anda dapat melepas bagian saringan (saringan) dan memasukkan saringan ke dalam panci setelah ekstraksi, dan rasa akan menjadi lebih kuat dan rasa pahit akan menjadi lebih kuat.
  9. Cold Brew Coffee sudah siap.
Demikian cara menciptakan cold brew yg gampang dan bisa anda lakukan sendiri di tempat tinggal. Proses pembuatan cold brew  lebih simpel jika memakai mesin kopi yang sudah mulai dipakai oleh pelaku usaha cold brew. Mesin kopi sekarang ini sudah bisa untuk dibeli di toko online atau offline. Terima kasih buat kalian yg telah membaca artikel cara membuat cold brew susu super enak, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *