Bacaan Doa Sebelum dan Setelah Belajar

Doa Sebelum Belajar

Di beberapa sekolah biasanya para guru mengajak murid-muridnya untuk membaca doa belajar sebelum memulai pembelajaran. Hal ini akan membiasakan mereka untuk senantiasa membaca doa sebelum dan sesudah menjalankan proses belajar.Dengan membaca doa, kamu akan lebih mudah menerima materi yang guru berikan dan pengetahuan yang kamu dapatkan pun menjadi berkah. Nah, sebenarnya ada banyak sekali pilihan doa sebelum belajar. Bahkan, doa-doa tersebut tidak terlalu panjang sehingga bisa kamu hafalkan sebagai pedoman.

Berikut adalah kumpulan doa sebelum belajar beserta artinya yang bisa kamu hafalkan.

1. Doa Pertama

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Rabbi zidnii ‘ilmaa, warzuqnii fahmaa, waj’ainii minash-sholihiinArtinya: “Ya Tuhanku, tambahkan pengetahuan kepadaku, dan berilah aku karunia untuk mampu memahaminya. Dan jadikanlah aku termasuk golongannya orang-orang yang saleh.” 

2. Doa Kedua

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqohu qoulliArtinya: “Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, sehingga mereka mengerti perkataanku.” 

3. Doa Ketiga

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي ، وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي ، وَزِدْنِي عِلْمًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Allahummanfa’ni bima ‘allamtani wa ‘allimni ma yanfa’uni wa zidni ‘ilman walhamdulillahi ‘ala kulli halin.Artinya: “Ya Allah, berilah kemanfaatan atas segala ilmu yang Engkau ajarkan pada saya. Berilah aku pengetahuan yang bermanfaat dan tambahkanlah pengetahuan pada saya. Segala puji bagi Allah dalam setiap waktu.” 

4. Doa Keempat

رَضِيْتُ بِااللهِ رَبًّا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا وَرَسُوْلاً رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـا وَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Radlitu billahi robba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyya warasulla Robbi zidni ilman nafi’a warzuqni fahma. Waj’alnii minash shoolihiin.Artinya: “Aku ridha Allah SWT sebagai Tuhanku, dan Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad saw sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah tambahkanlah kepadaku pengetahuan dan berikanlah aku pemahaman yang baik, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang saleh.” 

5. Doa Kelima

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa ‘ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na’lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kita pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih.Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Maha Pengasih di pada para pengasih.” 

Doa Setelah Belajar

Kalau sudah selesai belajar, ada baiknya kamu mengucap syukur atas pengetahuan yang sudah kamu dapatkan.Berikut adalah beberapa doa sesudah belajar yang bisa kamu lafalkan.

1. Doa Pertama

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa’naa bima ‘alamtanaldzi yanfa’una wa zidna ‘iman walhamdulillahi ‘ala kullihal.Artinya: “Ya Tuhan kamu, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami mengenai apa yang bermanfaat untuk kami dan tambahkan ilmu pada kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap kondisi.” 

2. Doa Kedua

اَللّ هُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allaahumma arinal haqqa haqqa warzuqnat tibaa’ah. Wa arinal baathila ba-thilan warzuqnaj tinaabahu.Artinya: “Ya Allah, tunjukkanlah kepada kita kebenaran, sehingga kita mampu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kita kejelekan sehingga kita mampu menjauhinya.” 

3. Doa Ketiga

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin.Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang sudah Engkau ajarkan terhadapku, maka kembalikanlah dia kepadaku pada waktu aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.” 

Adab Belajar

Selain menghafalkan doa belajar, kamu juga perlu mengetahui adab di dalam menuntut ilmu. Adab atau akhlak akan mencerminkan iman dan ketakwaan kepada Allah SWT sehingga harus kita lakukan di dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam belajar.Dengan ada adab, seseorang akan dimuliakan oleh Allah SWT, dan secara tidak langsung juga akan dihormati oleh sesama manusia. Beberapa adab belajar di dalam Islam adalah sebagai berikut.

1. Niat Lillahi Ta’ala

Sebelum melakukan sesuatu, Islam memberi saran umatnya untuk mengucapkan niat  dalam hati secara ikhlas hanya karena Allah SWT. Hal ini tidak terkecuali waktu sebelum belajar atau menuntut ilmu. Dengan begitu, pengetahuan yang sudah kita peroleh tersebut kelak mampu bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. 

2. Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar

Setelah meniatkan hati untuk belajar dengan ikhlas, kita juga perlu membaca doa sebelum belajar. Kemudian, mengucap syukur dengan membaca doa sesudah belajar. 

3. Bersungguh-sungguh

Saat belajar, hendaknya kita senantiasa konsentrasi dan bersungguh-sungguh sehingga pengetahuan yang kita dapatkan mampu mendatangkan ilmu-ilmu lainnya. Justru, kita perlu selalu haus untuk mencari dan meningkatkan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga kehidupan sekitar. 

4. Fokus pada Sesuatu yang Sedang Dipelajari

Ketika sudah meniatkan hati untuk belajar, maka sebaiknya kamu memfokuskan pandangan pada buku atau suatu hal yang tengah kamu pelajari. Kamu juga harus memperhatikan guru dengan baik selama proses pembelajaran. Dengan begitu, pengetahuan yang kamu pelajari akan terserap ke dalam otak dan tertanam sampai kapanpun. 

5. Tetap Rendah Hati dan Menghormati Guru

Adab belajar yang juga harus kamu jalankan adalah tidak sombong dan senantiasa menghormati guru. Selain itu, kamu juga harus bersikap tenang sehingga tidak mengganggu rekan lain yang tengah belajar. Tetaplah jadi orang yang senantiasa rendah hati dan tidak cepat merasa puas dengan pengetahuan yang sudah kamu dapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *