Definisi dan Keuntungan Menggunakan CNG

Definisi Compressed Natural Gas (CNG)

CNG adalah model bahan bakar yang berasal berasal dari gas alam yang terkompresi terhadap tekanan penyimpanan 200-240 bar dan dapat digunakan sebagai bahan bakar pengganti LPG, solar dan bensin. Bahan bakar ini diakui lebih ramah lingkungan biarpun tetap mengeluarkan sedikit CO2 sebagai hasil pembakarannya, tapi kecuali dibandingkan bersama solar dan bensin, bahan bakar ini lebih ramah lingkungan. Selanjutnya kecuali ditinjau berasal dari segi harga, bahan bakar ini lebih ekonomis (murah) seandainya dibandingan bersama bahan bakar lainnya. Proses pembuatan CNG dilakukan bersama langkah mengkompresi metana (CH4) yang diekstrak bersama gas alam. Dalam penyimpanan dan pendistribusian CNG, dilakukan bersama mengfungsikan bejan silinder yg bertekanan.Saat ini pemanfaatan bahan bakar CNG telah terasa ditingkatkan, sebab model bahan bakar ini punyai banyak kelebihan layaknya yang telah disebutkan di atas. lebih-lebih di Indonesia bahan bakar ini sering disebut dengan BBG (bahan bakar gas) dan telah terkandung sebagian stasiun pengisian BBG atau suplier CNG yang tersedia, mislanya saja di Jakarta dan Balikpapan, begitupun bersama produsen kendaraan, mereka telah banyak produksi model kendaraan berbahan bakar gas.Seperti yang telah kita ketahui, CNG berasal berasal dari fraksi gas alam dan tersusun oleh gas methana (CH4) sebagai komponen utamanya, tak sekedar gas methana terkandung beragam model senyawa lain bersama kuantitas yang berbeda-beda, layaknya hidrogen, etilena, carbon monokida, carbon dioksida, nitrogen, oksigen dan hidrogen sulfida.

Keuntungan Menggunakan CNG

Berikut adalah kelebihan CNG seandainya digunakan sebagai bahan bakar:
  • Proses pencampuran hawa bersama CNG relatif lebih cepat berjalan sebab kedua liquid tersebut berbentuk gas.
  • Tidak bakal menyebabkan kerak terhadap mesin lebih-lebih terhadap ruang pembakaran.
  • Polusiyang dihasilkan lebih rendah.
  • Kendaraan yang mengfungsikan bahan bakar CNG, proses perawatannya relatif lebih gampang sebab kecuali dibandingkan bersama kendaraan yang mengfungsikan bahan bakar minyak.
  • CNG mengfungsikan sytem sealing yang baik, di dalam perihal menghindar kebocoran sehingga penyimpnannya lebih efisien sebab mungkin losses benar-benar kecil.
  • Memperpanjang usia pelumas kendaraan (oli), sebab CNG tidak bakal mengkontaminasi oli mesin.
  • Setelah kita mengerti sebagian kelebihan bahan bakar CNG alangkah baiknya kecuali model bahan bakar ini harus ditingkatkan kembali produksinya serta untuk sektor industri kendaraan dikehendaki sehingga produksi jenis-jenis mesin yang berbahan bakar CNG. Demikianlah sedikit pembahasan kita perihal defenisi compressed natural gas (CNG), semoga bermanfaat,
Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *