Backlink Itu Apa?Pengertian,Manfaat Dan Jenis-Jenis
Apakah kalian mengerti tentang backlink itu apa? Jika kalian belum mengerti maka artikel ini tepat untuk kalian simakapa-itu-backlinkMungkin sebagian dari blogger sudah tahu tentang apa yang dimaksud dengan Backlink, sebab backlink merupakan hal yang penting dalam dunia blogging.Namun mungkin bagi Blogger pemula atau orang yang baru menekuni blogging pastinya bertanya-tanya apa yang dimaksud dengan backlink, dan pada artikel ini saya akan membantu Anda untuk lebih mengenal backlink .Sebenarnya dulu saya saat masih baru menjadi blogger saya juga belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan Backlink. Namun karena saya sering mendengarnya maka saya coba cari tahu di google, dan akhirnya sejak saat itu saya mulai mendalami SEO (Search Engine Optimization) dan sampai sekarang.Baik, langsung saja ke pembahasan utama yaitu apa yang di maksud dengan backlink?

 Backlink Itu Apa ?

Backlink merupakan Link / tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita. Backlinks juga dikenal sebagai inbound link. Backlink merupakan aspek yang penting di dalam SEO, karena backlink akan membuka kesempatan situs Anda untuk berada diposisi atas mesin pencari (Page One).Banyak mesin pencari termasuk Google Search yang menjadikan backlink sebagai bagian penting dalam algoritmanya. Jika website Anda memiliki jumlah backlink yang berkualitas dan banyak maka website Anda lebih dipandang baik di mata Google.Istilah yang digunakan para ahli SEO adalah Domain Authority atau Domain Rating, dan masih banyak lagi yang bermaksud hampir mirip. Seperti pada artikel SEO yang lain. bahwa kata "backlink" sering di sebutkan dan hampir di semua artikel kategori SEO blog . Mengapa begitu ? Karena backlink memiliki peranan yang penting dalam hal SEO. Baca Juga:apa yang dimaksud backlink

Simak benar-benar beberapa manfaat / fungsi backlink berikut ini :

 1.Meningkatkan Posisi Blog Pada SERP

Apa itu Serp ? Serp merupakan singkatan search engine result page. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya halaman dari hasil mesin pencari. Backlink adalah hal yang penting untuk menaikkan posisi blog pada mesin pencari. 
  1. Mempertahankan posisi serp

Jika anda sudah berhasil meningkatkan posisi blog ke serp. Maka kali ini dengan backlink anda harus bisa mempertahankan posisi blog anda pada mesin pencari. Silakan baca Cara Mempertahankan di Posisi Serp Google. 
  1. Meningkatkan Ranking Blog

Jika anda ingin blog anda memiliki ranking blog atau situs sejenisnya. ada baiknya jika anda memperhatikan backlink. Sebab situs seperti alexa.com juga menghitung jumlah backlink. Untuk menentukan rankingnya. 

Cara Mendeteksi Toxic Backlink dan Menghapusnya

Setelah mengetahui ternyata toxic backlink berakibat buruk ke performa website, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mendeteksi toxic backlink.Lakukan backlink auditSambungkan website ke Google Search ConsoleLakukan overview dan audit toxic backlinkMembuat whitelist tempat backlink amanNah, setelah selesai mengaudit, Anda bisa menghapus link-link toxic dan men-disavownya. Cara untuk menghapus backlink toxic, Anda bisa memakai tool dari Semrush.Setelah membersihkan toxic backlink, Anda bisa menggunakan cara-cara aman untuk mendapatkan backlink berkualitas dan natural.

Tips Cara Mencari Backlink Berkualitas

Ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, baik secara gratis atau berbayar.Untuk cara gratisnya, Anda bisa memanfatkan metode peletakan backlink profile, sosial bokmarking, atau guestpost.Sedangkan untuk cara untuk mendapatkan backlink berkualitas yang berbayar bisa melalui kerjasama content placement atau sponsored post.Berikut adalah tips cara mencari backlink berkualitas untuk memenuhi kebutuhan website Anda.
  1. Membuat Konten yang Unik dan Menarik

Sudah bukan rahasia lagi bukan jika membuat konten yang baik akan menarik banyak orang untuk membaca sekaligus mereferensikannnya.Jadi, fokuslah untuk mencari ide-ide baru untuk bahan tulisan.Siapa tahu artikel Anda bisa menjadi saran situs authrity seperti Wikipedia yang memang terkenal sering memberikan backlink berkualitas.
  1. Aktif Membangun Relasi Pertemanan

Jika Anda merupakan seorang blogger, jangan sampai dilewatkan untuk ikut bergabung dalam sebuah komunitas.Di Jogja misanya, ada KBJ (Komunitas Blogger Jogja) yang menjadi wahana efektif untuk saling bertukar pikiran maupun menambah jaring pertemanan.Jika Anda beruntung, bisa jadi ada satu atau dua orang yang tertarik dengan website Anda dan bersedia untuk diajak saling bertukar link.
  1. Tulis Informasi yang Sedang Banyak Dicari

Untuk bisa menghadirkan konten berkualitas ada berbagai macam jalan yang bisa ditempuh, salah satunya yakni dengan menemukan topik bahasan yang sedang banyak dibutuhkan dan dicari.
  1. Melakukan Blogwalking ke Website yang Mempunyai Topik Sama

Aktivitas blogwalking memang sudah mulai ditinggalkan sebab dianggap cukup merepotkan dan kurang powerfull untuk mendorong posisi website di hasil pencarian.Tetapi, bagaimana jika blogwalking dilakukan pada blog atau website dengan topik bahasan yang sama? Silahkan Anda mencoba dan buktikan sendiri efeknya.
  1. Gunakan Tools

Agar proses pencarian backlink Anda semakin mudah, gunakan juga tools seperti Ahrefs, MOZ, atau Majestic yang bisa juga menampilkan data backlink dari website kompetitor.Dari data tersebut, lalu bisa Anda pilih untuk dijadikan target membuat link building yang lebih optimal.Sayangnya, tools ini menerapkan sistem berlangganan sehingga Anda harus mengeluarkan investasi uang yang angkanya lumayan

Jenis-jenis Backlink

Ketika kita berbicara backlink, maka akan ada dua jenis link, yaitu: DoFollow dan NoFollow.Seorang pengunjung website tidak dapat mengetahui perbedaan antara backlink DoFollow dan Nofollow, sebab perbedaanya terletak pada tag HTML di kode sumbernya.Dengan adanya tag DoFollow dan NoFollow HTML pada kode sumber, maka Google dapat memutuskan apakah link tersebut dapat dirayapi atau tidak.

Perbedannya DoFollow dan NoFollow?

Backlink DoFollow artinya adalah link yang mengarah ke suatu web page yang akan dirayapi dan akan terhitung sebagai “vote”.Sedangkan untuk link NoFollow artinya link yang diarahkan ke sebuah halaman yang tidak akan dirayapi oleh Googlebot dan tidak terhitung sebagai “vote”.

Penutup

Backlink adlaah bagian dari SEO (Search Engine Optimization), ia penting namun bukanlah segalanya bagi aktifitas optimisasi SEO Anda.Sebab banyak situs web yang mendapatkan peringkat SERP (Search Engine Result Pages) yang tinggi meskipun tanpa tautan dari luar yang masuk.Jangan lupa untuk tetap mematuhi pedoman dari Google dalam kampanye SEO backlink Anda.Kenapa? Sebab itu lebih aman dan lebih baik daripada mengakali Google tapi ujung-ujungnya kena pinalti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *