Jenis Rumput Sintetis
Jenis rumput sintetis, rumput (bahasa Inggris: grass) adalah tumbuhan monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput sering kali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak.Namun di sisi lain, rumput yang tumbuh di lahan pertanian bersifat mengganggu pertumbuhan tanaman utama sehingga sering disebut sebagai tanaman pengganggu (gulma). Mesin pencacah rumput multifungsi.Beberapa contoh rumput yang biasa ditanam di Indonesia antara lain rumput jepang, rumput gajah mini, rumput peking, rumput manila, rumput teki, rumput kucai, dan rumput ilalang.Pada pembuatan suatu lanskap taman, rumput berfungsi sebagai karpet taman. Warna daunnya yang hijau segar mampu menarik perhatian sangat cepat dan tampak menyejukkan mata sekali.Penanaman rumput dilakukan pada tahap terakhir pembuatan lanskap dengan menghamparkannya ke seluruh bidang taman yang tidak ditanami tumbuh-tumbuhan hias. Dengan adanya rumput yang menyelimuti tanah, taman akan terlihat lebih rapi dan modern. 

Jenis Rumput Sintetis

1. Rumput Sintetis JepangJenis rumput yang satu ini terbuat dari bahan monofillament. Umumnya, rumput Jepang memiliki ukuran tinggi 20 mm. Untuk bentuknya, jenis ini juga mirip dengan rumput asli, kemudian ia memiliki tekstur warna rumput yang telah mati pada bagian sisi-sisi rumputnya. Rumput sintetis Jepang banyak digunakan dekorasi taman, perkantoran, dan yang lainnya.2. SwissPerlu kamu tahu, rumput sintetis yang ada di lapang futsal itu umumnya menggunakan jenis Swiss. Jenis rumput ini terbuat dari bahan serat sintetis yang memiliki tekstur lebih lembut dan tahan terhadap tekanan. Tak heran jika rumput sintetis Swiss ini sering digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola dan futsal. Tinggi dari rumput sintetis tipe ini pun adalah 30 mm.3. GolfJenis yang satu ini memiliki karakteristik permukaan yang lebih halus dan lembut. Tak heran jika tipe ini banyak digunakan di lapangan golf yang ada di indoor atau di atas lapisan beton. Selain digunakan untuk lapangan golf, rumput tipe ini juga sudah mulai banyak digunakan untuk membuat taman di dalam rumah dan perkantoran.Tingginya pun sekitar 10 mm. Namun, tipe ini memiliki kelemahan, yaitu daya tahannya hanya berusia 9 sampai 11 tahun untuk pemasangan di dalam ruangan dan 7 sampai 8 tahun saja jika digunakan di luar ruangan. 

Kelebihan dan Kekurangan Rumput Sintetis

  • Kelebihan
Penggunaan rumput sintetis mulai populer digunakan di tahun 1960-an. Rumput ini menjadi populer karena praktis, lebih murah, dan perawatannya pun lebih mudah dibandingkan rumput asli. Desain rumput sintetis pun sekarang beragam dan sangat menyerupai rumput asli.Beberapa kelebihan memiliki rumput sintetis di taman antara lain sebagai berikut. Kamu bisa memiliki rumput hijau di sepanjang musim. Tidak ada pemandangan rumput yang menguning di musim panas dan becek di musim hujan Tidak membutuhkan penyiraman, pestisida dan pupuk yang dibutuhkan rumput asli untuk tetap hidup.Kamu dapat menghemat biaya pemotongan rumput Tidak ada masalah rumput tumbuh renggang berjarak dan terjangkit hama Ramah lingkungan karena beberapa jenis rumput sintetis bahkan sudah dibuat dari plastic daur ulang, selain itu kamu juga tidak membutuhkan air untuk menyiramnya. Pemasangannya mudah dan cepat.
  • Kekurangan
Meskipun penggunaan rumput sintetis di pekarangan memiliki banyak manfaat, namun beberapa kelemahan ini perlu kamu pertimbangkan untuk memilih rumput yang tepat dengan hunian mu. Berikut ini beberapa kelemahan penggunaan rumput sintetis di pekarangan:
  • Untuk area yang luas, kamu memerlukan biaya tambahan untuk pemasangannya
  • Karena berbahan plastik, perlu pembersihan rutin seperti menyapu rumput dan sanitasi.
  • Jika tidak dibersihkan dengan benar rumput dapat menjadi sarang bakteri
  • Bahan plastik polietilen adalah produk berbasis minyak bumi yang perlu diganti dalam 15 hingga 25 tahun dan tidak dapat terurai secara hayati.
  • Rumput sintetis memiliki tekstur yang lebih kasar dari rumput hidup.
  • Rumput sintetis juga memiliki permukaan yang bisa menjadi sangat panas saat dibawah matahari. Beberapa elemen tidak ramah bagi manusia dan lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *