Cara Membuat Donat Kentang
Cara membuat donat kentang, Donat (adonan bulat) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula pasir, kuning telur, ragi roti, dan mentega.Donat yang paling umum adalah donat dengan bentuk seperti cincin dan ada lubang di tengahnya, biasanya ditaburi dengan mesis atau gula halus. Sedangkan donat dengan bentuk bundar diisi isian manis, seperti selai, jelly, krim, dan custard.Donat sama sekali berbeda dengan bagel mulai dari bahan pembuatan, teknik pembuatan hingga cara menghidangkan,dan juga toping yang digunakan walaupun keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Mesin penepung diskmill serbaguna.Pada tahun 1968, stan American Donut di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang.Pada tahun 1985, Dunkin’Donuts membuka gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat yang terus berkembang menjadi lebih dari 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Yang kemudian diikuti dengan donat-donat waralaba asing lainnya seperti Master Ring, Master Donut, dan Mister Donut.Demam donat dibangkitkan kembali oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Supermall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yang membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31 Agustus 2006.J.CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean seorang penata rambut terkemuka di Indonesia. Donat produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. Di dalam bus, pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik.Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk kemudian dikumpulkan kembali kalau penumpang tidak berminat. Donat jenis ini disebut juga sebagai donat kampung untuk membedakannya dengan donat-donat yang dijual di mal dan restoran.Selain jenis donat yang banyak beredar di pasaran kini banyak diproduksi oleh pedagang kaki lima adalah donat kentang tentu saja bahan baku untuk membuatnya adalah kentang yang memiliki tekstur lembut. 

Cara Membuat Donat Kentang

Bahan-Bahan :
  • 500 gr terigu
  • 50 gr susu bubuk
  • 11 gr ragi
  • 200 gr kentang kukus (haluskan+dinginkan)
  • 100 gr gula kastor/gula halus
  • 75 gr mentega
  • 1/4 sdt garam
  • 4 butir kuning telur
  • 100 ml air dingin
Cara Membuat :1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk dan ragi instan lalu aduk rata. Masukkan kentang halus, tuang telur dan air dingin, lalu uleni sampai adonan menjadi rata dan setengah kalis. 2. Selanjutnya beri mentega dan garam, aduk rata dan uleni sampai adonan menjadi kalis elastis. Istirahatkan adonan kurang lebih selama 20-30 menit. 3. Bentuk adonan sesuai selera, bisa dibulatkan manual atau menggunakan cetakan donat. Diamkan kembali adonan selama 30-40 menit, sampai adonan mengembang. 4. Setelah itu goreng adonan donat ke dalam minyak dengan menggunakan api kecil atau sedang sampai kuning keemasan. Lakukan hanya sekali balik biar tidak terlalu banyak menyerap minyak. Angkat, tiriskan. 

Manfaat Donat

1. Mengendalikan Tekanan DarahPotassium dikenal sebagai mineral yang membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Kelebihan sodium (natrium) dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Potassium dapat mencegah kenaikan tekanan darah akibat kelebihan sodium.2. Menjaga Fungsi Otot dan SyarafPotassium berperan penting dalam mengatur kontraksi otot dan relaksasi otot. Sebagian besar ion potassium dalam tubuh kita terdapat dalam otot. Potassium membantu mempertahankan fungsi otot dan syaraf serta membantu fungsi gerakan refleks. Kram otot adalah salah satu gejala kekurangan mineral potassium dalam darah.3. Menjaga Kesehatan TulangPotassium bermanfaat bagi kesehatan tulang. Potassium turut berperan penting dalam menetralkan kelebihan keasaman tubuh yang dapat mempengaruhi kadar kalsium dalam tubuh yang sangat diperlukan untuk menjaga kepadatan tulang.4. Menjaga MetabolismaPotassium membantu proses metabolisma karbohidrat dan lemak. Potassium turut berperan dalam membantu tubuh untuk memperoleh energi dari makanan yang kita konsumsi.5. Mengurangi Resiko StressPotassium turut berperan membantu fungsi hormonal tubuh termasuk terhadap hormon yang yang mempengaruhi stress seperti cortisol dan adrenalin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *