Cara Memulai Bisnis Bawang Putih
Cara memulai bisnis bawang putih memiliki prospek yang sangat menjanjikan untuk peningkatan ekonomi. Kontribusinya yang tinggi dalam perekonomian menunjang banyaknya petani bawang di beberapa wilayah tertentu. Adapun harga bawang juga cenderung lebih stabil jika dibandingkan harga cabai, tomat atau tanaman lainnya.Konsumsi bawang putih di setiap rumah tangga hampir tak pernah terlewat, baik untuk masakan maupun untuk obat-obatan tertenu. Belum lagi bagi setiap restoran, rumah makan, atau kafe yang setiap hari menggelar dagangannya. Maka dari itu, peluang bisnis budidaya bawang ini sangatlah menjanjikan.

Keuntungan Cara Memulai Bisnis Bawang Putih

Bisnis bawang putih bisa sangat menguntungkan jika ditelateni. Sebab tanaman ini merupakan bahan pokok masyarakat Indonesia yang memiliki nilai jual yang sanggat tinggi. Selain itu masyarakat juga membutuhkan bawang putih setiap harinya. Sehingga permintaan pasar pun selalu ada dan tinggi setiap harinya.Ditambah lagi dengan daya tahan bawang yang bisa bertahan cukup lama. Jika belum terjual satu dua hari, harga jualnya tidak akan ikut turun. Bahkan, bawang ini bisa bertahan sekitar dua bulan sejak masa panen  dilakukan. Tak ada teknik khusus pula untuk membuat bawang ini tetap bagus untuk diolah. Hanya dengan pengeringan yang cukup, bawang bisa bertahan hingga beberapa lama.Baca Juga: olahan bawang merah

Kendala Bisnis

Meski begitu, ada beberapa perkara yang mungkin perlu Anda perlu ketahui sebelum itu. Supaya ketika sudah terjun ke dunia bisnis bawang putih ini, Anda bisa mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Adapun kendala yang mungkin dialami di antaranya adalah adanya jatah air yang berkurang ketika musim kemarau tiba atau efek hama tertentu.Jadi, Anda harus selalu bersiap untuk membayar orang atau mengerahkan tenaga lebih demi pengairan yang baik dan teratur. Sebab bawang merah membutuhkan air yang cukup saat proses pertumbuhan sedang berlangsung.

1. Cara Memulai Bisnis Bawang Putih Siapkan Bibit, Dan Media Tanam

Sama seperti cara bertani bawang putih menggunakan pot, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bibit bawang putih yang berkualitas. Cara pemilihan bibit yang bagus bisa kamu ikuti sesuai cara yang tertulis di atas tadi. Setelah itu, siapkan media tanah. Tanah yang harus dipilih adalah tanah yang bercampur dengan media tanam berupa campuran pasir, sekam padi,  dan pupuk.

2. Masukkan Tanah Ke Dalam Polybag, Dan Tanam Bawang Putih

Masukkan tanah yang sudah dicampur dengan media tanam ke dalam polybag yang sudah disiapkan, lalu tanam bawang putih sedalam dua hingga tiga cm. Saat menanam bawang putih, pastikan ujung runcing bawang putih menghadap ke atas agar tumbuh ke atas bukan ke arah samping. Lalu tutupi lagi atasnya dengan media tanah.

3. Siram dan Beri Pupuk Secara Rutin

Selanjutnya, masuk ke dalam proses perawatan bawang. Siram secara rutin dengan mengikuti panduan dan cara menyiram tanaman dengan benar. Cara termudah untuk merawat tanaman yang tepat adalah dengan menyiram air secukupnya, tidak kurang dan juga tidak berlebih. Waktu terbaik untuk menyiram tanaman adalah pagi atau sore. Alasannya, pada waktu-waktu ini tanaman sedang dalam suhu yang tidak terlalu tinggi sehingga sangat pas/cocok. Jangan lupa juga untuk memberi pupuk seminggu sekali, dan letakan di paparan sinar matahari yang cukup.

4. Tunggu Bawang Putih Tumbuh Lalu Siap Untuk Dipanen

Pada umur 12 sampai 15 hari, biasanya daun akan mulai muncul. Jika ada hama, segera basmi dengan menggunakan abu gosok atau obat pengusir hama lainnya. Jangan sampai hama tersebut merusak tanaman bawang putih yang anda tanam. Umumnya, bawang putih siap dipanen pada usia 90 sampai dengan 100 hari.Demikian informasi menarik mengenai Bisnis Bawang Putih dan contoh analisa usahanya. Nah, bagi Anda yang tertarik serta ingin mencoba usaha untuk Bisnis Bawang Putih, jangan lupa selalu memakai bibit yang berkualitas dan mesin budidaya bawang. Semoga dengan artikel yang telah kami sampaikan mengenai Strategi Pengembangan Budidaya Bawang di atas bisa bermanfaat serta berguna untuk Anda.Semoga informasi ini dapat memberi referensi untuk acuan bagi Anda yang saat ini masih bingung dalam mencari maupun memilih tips usaha. Tips maupun trik apa yang sesuai untuk Anda jalani. Terima kasih semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *