Pencegahan Tanah Longsor Menggunakan Segmental Retaining Wall
Melihat bentuk tanah yang miring dan berbentuk seperti bukit-bukit yang dipenuhi rumput dan batu-batuan dapat meningkatkan tingkat estetika pada bangunan di sekitarnya. Keindahan yang terbentuk dari unik dan indahnya esensi alam dan infrastruktur dapat meningkatkan rasa ketenangan. Namun, semua tentunya akan menjadi baik-baik saja bila struktur tanah dan batuannya solid dan kokoh. Bila terjadi berbagai macam bencana alam yang menimpa dan berdampak kepada tanah tersebut, tentunya kontur tanah dapat berubah. Bencana seperti gempa bumi dan longsor adalah bencana yang sering dijumpai pada tanah yang miring.Perlu perhatian khusus dan treatment yang teliti untuk menjaga tanah tetap stabil dan stagnan. Dengan menggunakan produk geosynthetics untuk menaikkan kekuatan tanah dan menahan pergerakan tanah agar tidak terjadinya kerusakan. Menjaga agar tidak terjadinya longsor dapat diatasi oleh beberapa produk geosynthetics yang tersedia di PT. Pandu Equator Prima.

Pengertian Segmental Retaining Wall

Pandu Equator Prima menyediakan Segmental Retaining Wall sebagai produk yang digunakan untuk menahan kekuatan tanah dengan tambahan estetika batu-batuan alam yang indah. Segmental Retaining Wall adalah dinding penahan tahan yang disusun secara vertikal dengan Teknik susun bata yang sudah terintegrasi dengan material perkuatan Geogrid, SecureLugs™ beton, dan Konektor (interlocking). Segmental Retaining Wall menggunakan system MSE untuk menjadi dinding yang dapat menahan tanah atau disebut dengan Mechanically Stabilized Earth (MSE).Dengan menyediakan Segmental Retaining Wall, PT. Pandu Equator Prima memegang lisensi ekslusif dari CornerStone® Wall Solution™ yang disediakan untuk Indonesia. CornerStone adalah perusahaan asal Kanada yang bergerak pada bidang konstruksi dinding penahan tanah SRW yang menggunakan MSE Wall System dan telah digunakan dan diterapkan di berbagai negara.CornerStone® Wall merupakan system dinding penahan tanah yang menggunakan Concrete Modular Block yang dipasang secara vertikal dan terintegrasi dengan perkuatan geogrid, isian gravel, serta timbunan tanah yang dipadatkan sehingga dapat membentuk suatu bangunan kontruksi yang kokoh dan fleksibel atau Mechanically Stabilized Earth (MSE) Wall.Perusahaan Cornerstone Wall Solution Inc didirikan pada tahun 1992. Berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang Segmental Retaining Wall dan memfokuskan untuk pengembangan teknologi beton segmental (MSE Wall), dan juga telah terdaftar sebagai member asosiasi National Concrete Mansoty Association dan Interlocking Concrete Pavement Institute. PT. Pandu Equator Prima bekerjasama dengan Cornerstone sebagai distributor dan kontraktor yang telah terdaftar secara eksklusif untuk Indonesia.Salah satu system yang digunakan adalah CornerStone® Positive untuk digunakan sebagai dinding penahan. System ini menggunakan penggabungan antara SecureLug, Hollow Core Gravel, Geogrid, dan konektor bar untuk mendapatkan perkuatan yang bersifat absolut, baik secara vertikal maupun horizontal. SecureLugs dan High Shear Strength Connector dapat mewujudkan Gerakan lateral yang signifikan tanpa kehilangan interlock. Menggunakan Positive Interlocking sangat cocok untuk instalasi konstruksi dinding penahan tanah dengan kekuatan yang superior dan suitable untuk tanah dan kondisi konstruksi keritis lainnya. Interlocking yang tercipta dari interaksi Positive Connector dan Geosynthetics dapat meningkatkan koneksi kekuatan Tarik geosynthetics (pullout) serta kekuatan struktural yang besar dan dapat mempertahankan saat berada di bawah tekanan beban seismic dengan baik.

Keunggulan Segmental Retaining Wall

Segmental Retaining Wall memiliki beberapa keunggulan yaitu sebagai berikut:
  • Memiliki 2 pilihan sistem penguncian yaitu SecureLug (tanpa kontektor) dan Positive Connection Bar
  • Bangunan permanen
  • Efisiensi lahan
  • Tida membutuhkan alat berat dalam pemasangan modular block
  • Estetika batu alam yang baik
  • Pekerjaan cepat
Segmental Retaining Wall dapat diaplikasikan pada abutment jembatan, perkuatan tanah pada lereng, landfill, bendungan, penanganan longsoran, stabilisasi tanggul, infrastruktur jalan, infrastruktur jalan kereta, dan infrastruktur bandara.Untuk kebutuhan dinding penahan tanah, PT. Pandu Equator Prima menyediakan Segmental Retaining Wall dengan lisensi resmi CornerStone® Wall Solution™ yang dikhususkan untuk Indonesia. Jika diperlukan informasi lebih lanjut tentang Segmental Retaining Wall, PT. Pandu Equator Prima menerima konsultasi tentang spesifikasi yang lebih detail dan sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *