Gudeg Enak di Jogja Yang Legendaris dan Terkenal Hingga 2023
Sayang sekali mengunjungi Jogja jika tidak menikmati gudeg yang merupakan makanan khas Jogja yang sangat terkenal. Nah buat kamu yang berencana ke Jogja, berikut enam gudeg enak di Jogja yang melegenda dan wajib kamu kunjungi. Penasaran dimana penjual gudeg paling enak dan legendaris di Yogyakarta? Simak artikel berikut ini untuk ulasannya.

1. Gudeg Yu Djum

Rekomendasi gudeg enak di jogja pertama adalah Gudeg Yu Djum yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Mengutip gudegyudjum.com, didirikan pada tahun 1950, Gudeg Yu Djum telah menjadi ikon kuliner khas Daerah Istimewa Yogyakarta. Cita rasa Gudeg yang khas berasal dari bahan baku pilihan dan berkualitas tinggi yang telah melalui proses pemasakan tradisional sesuai resep asli yang bertahan hingga saat ini. Lokasinya adalah Jl. Malioboro, Jl. Dagen No. 2C, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Gudeg permata

Gudeg Permata juga merupakan gudeg enak di jogja yang legendaris yang buka sejak tahun 1961. Anda bisa menambahkan ayam pedas, tahu atau telur asin ke dalam piring Anda sebagai lauk pauk. Karena gudeg yang dijual disini adalah gudeg basah. Terletak di Jl. Gajah Mada No.2, Gunungketur, Pakualaman, Kota Jogjakarta, Daerah Istimewa Jogjakarta.
Oleh karena itu, jam buka Gudeg Permata adalah pada malam hari dari sekitar pukul 20:00 hingga dini hari.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Rasa pedas Gudeg Mercon Bu Tinah sudah pasti bukan sembarang pedas. Bahkan, Anda hampir tidak bisa menghitung jumlah irisan cabai hijau dan merah secara terpisah dalam satu porsi gudeg mercon. Warung Gudeg Mercon Bu Tinah bukanlah warung besar dengan model ala lesehan di pinggir jalan. Jangan tanya tentang antreannya, bisa panjang! Tidak ada tempat khusus untuk makan, Anda bisa parkir di pinggir jalan atau makan di dalam mobil Anda. Tapi soal rasa, enak sekali. Dan ada berbagai lauk bagi yang memakan gudeg. Mulai dari potongan ayam, telur hingga aneka sajian sate yang lezat. Lokasi: Jl. Asem Gede no. 8, Cokrodiningratan, Jetis 9. Gudeg Pawon Seperti namanya, warung gudeg ini mengharuskan masuk ke dapur atau atau pawon. Dari dapur rumah, gudeg ini tersedia untuk setiap pelanggan yang mengantre setiap malam.

4. Gudeg Pawon

Gudeg enak di jogja yang satu ini namanya baru ada sejak tahun 2000, namun penjualnya yakni Ibu Prapto Widarso sudah berjualan laris sejak tahun 1958 dan berpindah-pindah tempat. Karena pelanggannya sering berkunjung ke rumah, jika Bu Prapto belum buka, akhirnya dia berjualan di rumah saja. Sumarwanto melanjutkan usaha ibunya mengikuti resep yang sama. Gudeg Pawon merupakan gudeg basah dan tidak legit. Arehnya banyak dan encer, manisnya gori lumayan. Datanglah lebih awal karena gudeg ini hanya buka selama 3 jam!

5. Gudeg Sagan

Gudeg Sagan terletak di Jl. Prof. dr. Herman Yohanes 53, Sagan, Yogyakarta. Berdasarkan informasi yang diterima dari akun Instagram @gudegsagan, Gudeg Sagan buka mulai pukul 10.00 WIB. sampai habis.

6. Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad

Bagi Anda yang berada di kampus UGM tidak perlu pergi ke Wijilan untuk membeli gudeg. Itu adalah Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad, yang menawarkan tempat makan yang bagus dan juga merupakan oleh-oleh yang sangat cocok. Gudeg Mbarek sering menjadi tujuan para pecinta masakan gudeg yang enak. Berbeda dengan rasa legit yang identik dengan gudeg, pilihlah soto Gudeg Mbarek Bu Hj. Amad rasanya asin, sedikit kenyal dan juicy. Lebih enak lagi, tambahkan sambal krecek untuk menyeimbangkan rasa dan memperkaya tekstur dalam satu suapan. Pokoknya kotak gudeg juga tersedia disini. Ada tiga varian yaitu Gudeg Telur Orak-Arik, Tahu Telur dan Krecek.
Lokasi: Jl. Kaliurang KM 4,5 blok CT3 no. 5, bocoran, lajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *