Contoh Membuat Susunan Acara Untuk Buka Puasa Bersama
Untuk membuat susunan acara buka bersama, Anda bisa memulainya dari pembukaan hingga penutup. Tentunya Anda bisa menambahkan beberapa aktivitas selingan supaya acara buka bersamamu semakin seru!

Susunan Acara Buka Bersama

Sebagai referensi, berikut contoh susunan acara bukber yang bisa Anda ikuti:

1. Pembukaan

Dalam susunan acara buka bersama yang pertama adalah pembukaan. Nantinya, seorang MC akan memperkenalkan diri sekaligus membuka acara tersebut.Berikut detail contohnya yang bisa Anda pakai:“Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuhSalam sejahtera bagi kita semua. Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT. Allah SWT sudah memberikan kesempatan kepada kita sehingga kita bisa berkumpul dalam acara Buka Bersama dan [masukkan acara yang diselenggarakan tak sekedar buka bersama] yang dilaksanakan pada [masukkan hari tanggal th. acara dan jam dimulainya acara]. Perkenalkan saya [sebutkan nama lengkap] selaku pembawa acara pada sore hari ini.”Ketika pembukaan, sebisa mungkin MC mengarahkan para undangan yang hadir untuk mengikuti acara hingga selesai. Selain itu, MC pun perlu menyesuaikan bahasanya dengan konsep acara, misal formal maupun informal. 

2. Pembacaan Agenda

Berikutnya, MC perlu memberikan sedikit uraian aktivitas bersama dengan membacakan agenda acara. Hal ini sangat penting, supaya para peserta bisa tahu dan mengikuti acara buka bersama dengan susunan yang sudah ada. Berikut contoh kalimatnya:“Selanjutnya saya akan membacakan agenda acara pada hari ini yakni:Sambutan Kultum 1 Tanya Jawab PemutaranVideo Kenang-kenangan Buka Bersama Shalat Isya Berjamaah Shalat Tarawih Berjamaah Penutup” 

3. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Untuk agenda ini, sifatnya hanya sebagai opsi dan bisa disesuaikan. Tapi, tidak ada salahnya juga kan memasukan agenda ini dalam susunan acara buka bersama?Selain bisa menambah vibes Ramadan, acaranya pun dapat berkesan lebih intim dan lebih khidmat. Maka dari itu, Anda bisa menunjuk salah seorang dari temanmu untuk memimpin pembacaan ayat suci Al-Quran. 

4. Sambutan

Susunan acara berikutnya, yaitu sambutan. Biasanya dapat disampaikan oleh ketua pelaksana acara atau pemimpin perusahaan. Untuk contohnya sebagai berikut:“Tanpa berlama-lama, kita beranjak ke acara berikutnya. Acara selanjutnya adalah sambutan. Kami persilakan kepada [nama dan gelar orang yang dipersilakan memberikan sambutan untuk memberikan sambutan.” 

5. Tausiyah

Lagi-lagi, ini juga dalam agenda optional ya! Kalau memungkinkan ada, barangkali anda perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk mendatangkan seorang ustadz atau pendakwah.Biasanya acara tausyiah ini terjadi beberapa menit sebelum waktu azan magrib. Maka dari itu, waktu dari tausiyah sendiri hanya sebentar dan umumnya berkisar 7-10 menit. 

6. Sesi Tanya Jawab

Untuk sesi tanya jawab sendiri, Anda bisa sesuaikan dengan waktu lamanya tausyiah sebelumnya. Untuk menyiasati waktu, sebaiknya batasi jumlah penanya, sekitar 2-3 orang.“Berikutnya, kita beri kesempatan bertanya jawab bagi rekan-rekan semua. Untuk itu, silahkan bagi yang ingin bertanya.” 

7. Pelaksanaan Buka Puasa Bersama

Agenda utama yang tentunya kita tunggu-tunggu yaitu agenda buka puasa bersama. Agar lebih tertata, Anda dan panitia lainnya bisa membagi para peserta dalam beberapa kursi yang sudah diatur sebelumnya.Adapun jika konsep acaranya seperti parasmanan, Anda bisa memberlakukan aturan supaya terkesan lebih rapi saat mengantre. Kemudian yang paling penting, Anda sudah menyiapkan set makanan yang bisa semua orang nikmati, ya! 

8. Acara Salat Magrib Bersama

Untuk agenda salat, bisa Anda sesuaikan juga dengan area atau kapasitas musola yang ada. Kamu bisa menyiasatinya dengan membagi peserta dalam beberapa kloter supaya semua bisa melakukan salat secara tertib.“Selanjutnya, para tamu dipersilahkan mengikuti salat magrib secara berjamaah. Silakan menuju ke ruang salat yang berada di sebelah utara.” 

9. Acara Hiburan

Agar acara buka puasanya makin semarak, Anda bisa menambahkan acara hiburan dalam susunan acara buka bersama. Kamu bisa mengadakan beraneka hal, mulai dari games, acara karaoke, hingga pemutaran video kenang-kenangan bisa menjadi opsi yang menarik. 

10. Penutup

Tentunya untuk menutup semua agenda dari awal, MC perlu melakukan penutupan, mulai dari ucapan terima kasih hingga doa bersama. “Sekian agenda acara kita pada hari ini. Saya ucapkan terima kasih kepada semua hadirin yang sudah datang dan menikmati acara buka bersama kali ini. Apabila ada salah kata saya mohon maaf.Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.” 

Tips Sukses Menggelar Acara Buka Bersama

Berikut ini adalah beberapa tips untuk sukses dalam menyelenggarakan acara buka puasa bersama:
  1. Rencanakan dengan matang: Mulailah merencanakan acara buka puasa bersama dengan matang jauh sebelum hari-H. Tetapkan jumlah tamu undangan, pilih menu makanan dan minuman, dan pastikan tempat dan waktu acara telah terpilih dengan tepat.
  2. Siapkan hidangan yang sesuai: Siapkan hidangan makanan dan minuman yang sesuai dengan selera dan kebutuhan tamu undangan. Jangan lupa menyediakan makanan yang cukup untuk semua orang.
  3. Perhatikan dekorasi dan suasana: Pastikan suasana dan dekorasi pada acara buka puasa bersama dapat menciptakan suasana yang nyaman dan hangat bagi tamu undangan.
  4. Atur jadwal dan waktu yang tepat: Tentukan jadwal dan waktu acara yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan tamu undangan, misalnya agar mereka bisa tiba di tempat acara dengan tepat waktu.
  5. Ingat protokol kesehatan: Pastikan seluruh tamu undangan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti mengenakan masker, menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan dengan rutin. Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan hand sanitizer atau tempat cuci tangan untuk tamu undangan.
  6. Siapkan kegiatan menarik: Siapkan kegiatan menarik yang bisa dilakukan selama acara berlangsung, seperti games atau acara musik untuk meningkatkan kebersamaan dan menjaga semangat selama acara.
  7. Bersikap ramah dan welcoming: Bersikaplah ramah dan welcoming kepada seluruh tamu undangan untuk menciptakan suasana yang positif dan nyaman selama acara berlangsung.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan acara buka puasa bersama bisa sukses dan meningkatkan tali silaturahmi antara semua tamu undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *