Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi
Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi - Siapa yang tidak suka kerupuk kulit sapi? Makanan yang sering dihidangkan, apalagi di momen-momen besar seperti pesta dan natal, memiliki rasa tersendiri saat disantap. Rasanya yang asin, dan sering terasa sedikit asin atau pedas, membuat kue kering menjadi makanan ringan yang digemari oleh semua kalangan usia, bahkan orang dewasa.Kebanyakan kerupuk terbuat dari kulit binatang, baik itu kulit sapi, kerbau, kambing atau ikan. Hanya di Indonesia biskuit jenis ini memiliki banyak nama unik dengan cita rasa yang khas tergantung daerah tempat pembuatannya. Namun, kerupuk kulit yang disebut kerupuk Rambak mendominasi di Jawa Timur, kerupuk Jangek di Palembang dan kerupuk Dorokdok di Garut. Di ketiga daerah tersebut, kulit sapi sering dimanfaatkan untuk membuat olahan biskuit kulit.Jadi, bagi anda yang ingin makan kerupuk tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Timur, Garut atau bahkan Palembang. Karena pada artikel kali ini CekAja membagikan beberapa informasi menarik tentang cara membuat kue kering dari kulit sapi.

Manfaat Kesehatan dari Kerupuk kulit Sapi

Cara Membuat Kerupuk Kulit SapiApakah menurut Anda makan kue sapi benar-benar baik untuk kesehatan Anda? Ya, itulah fakta yang banyak tidak diketahui karena masih dipercaya bahwa makan kue ternyata bisa menyebabkan sakit tenggorokan.Padahal, jika cara pembuatan kerupuk kulit ini benar-benar dikelola dengan baik dan tidak dikonsumsi secara berlebihan, banyak sekali manfaat kerupuk kulit yang baik untuk kesehatan. misalnya:
  • Singkirkan sakit perut yang disebabkan oleh sakit maag
  • Tulang sehat berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi
  • Memperkuat gigi
  • Membantu meningkatkan energi karena adanya protein dan karbohidrat
  • Menghilangkan rasa pedas dari makanan yang dikonsumsi
  • Ini bekerja dengan baik sebagai mitra diet
  • Memulai sistem pencernaan
baca juga : Cara Membuat Kerupuk Puli dan Juga Manfaatnya Nah untuk pembahasan yang satu itu pertama-tama akan kami jelaskan cara pembuatan biskuit kulit sapi secara umum, proses pembuatannya sendiri sama persis dengan biskuit rambak khas jawa timur.Lalu, pada poin berikutnya barulah kamu bisa mengetahui bagaimana cara membuat kerupuk kulit sapi khas Garut dan Palembang. Jadi, pastikan kamu menyimak infonya sampai habis ya!

Cara Membuat Kerupuk Kulit Sapi

Bahan Utama:

  • 3 sdm garam
  • 1 kg kulit sapi
  • 15 siung bawang putih
  • 2 sdm gula
  • 1 sdm penyedap rasa
  • 2 ember air kapur

Cara Membuat:

  1. Rendam terlebih dulu kulit sapi ke dalam ember berisi air kapur selama kurang lebih 2 hari
  2. Setelah itu, bersihkan bulu-bulu kulit sapi hingga bersih menggunakan pisau tajam
  3. Jemur kulit sapi yang telah selesai direndam air kapur di bawah sinar matahari, biarkan sampai mengering
  4. Potong kulit sapi yang sudah mengering sesuai selera
  5. Rebus kulit sapi dengan bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya, yakni bawang putih, gula, garam, dan penyedap rasa.
  6. Angkat dan tiriskan kulit sapi yang sudah direbus
  7. Jemur kembali hingga benar-benar kering
  8. Jika sudah, panaskan minyak dalam wajan penggorengan
  9. Goreng kulit sapi tersebut ke dalam wajan dengan minyak bersuhu sedang dan api kecil
  10. Biarkan sampai kerupuk tampak agak mekar
  11. Angkat dan tiriskan kerupuk kulit yang agak mekar tersebut, kemudian goreng kembali dengan api besar hingga kerupuk kulit sapi terlihat mekar
  12. Angkat dan tiriskan kembali, hidangkan selagi hangat
  13. produk hand sealer

Pengertian

Cara membuat kerupuk kulit sapi yang satu ini memang terkesan sangat simple. Namun, kamu mesti memperhatikan cara menggorengnya. Karena letak keberhasilan hingga kerupuk kulit tampak mekar sempurna adalah dari teknik penggorengannya, yakni dua kali.Pertama, goreng dengan api kecil, lalu yang kedua adalah goreng dengan api besar dengan suhu minyak yang tergolong panas.Jika ingin ditambah dengan rasa barbeque, balado, jagung bakar atau rasa lainnya juga boleh.Cukup masukkan kerupuk kulit yang sudah matang ke dalam wadah, lalu taburkan bumbu rasa tersebut ke dalam wadah berisi kerupuk kulit dan tutup rapat wadah. Kocok perlahan dengan gerakan ke atas dan ke bawah hingga bumbu terserap merata, kunjungi juga rumah mesin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *