Usaha Tepung Tapioka yang Menghasilkan Omzet Luar Biasa!
Usaha tepung tapioka - Usaha tepung tapioka. Tepung tapioka merupakan salah satu bahan yang banyak digunakan untuk banyak kuliner khas di Indonesia.Bahkan masakan enak yang belakangan viral, seperti bubble tea, menggunakan bahan dasar tepung ini untuk tapiokanya. Sebagai bahan dasar pengolah makanan yang paling laris, bagaimana prospek industri tapioka di Indonesia?Di sebuah koran ternama, ada artikel tentang perdagangan tepung tapioka, pendapatannya bisa sampai 7 milyar per bulan. Angka ini tentu saja tidak signifikan untuk laba bersih usaha tepung terigu. Kegiatan ini menarik untuk dibahas, apalagi di tengah kemajuan aktivitas digital saat ini.

Apa Itu Tepung Tapioka?

Usaha Tepung Tapioka Menurut laman wikipedia, Tapioca berasal dari kata Portugis (tapioca), yang berasal dari kata Tupi tipi'óka yang digunakan oleh penduduk asli Brasil timur laut, ketika penjelajah Portugis menginjakkan kaki di sana sekitar tahun 1707. Kata Tupi mengacu pada proses mengubah singkong sehingga dapat dikonsumsiMeski berasal dari negara yang jauh dari Indonesia, keberadaan bedak ini cukup dekat dengan makanan khas Indonesia sehari-hari.Namanya pun bermacam-macam, dari tepung kanji, tapioka bahkan ada yang menyebutnya tepung sorgum (kebiasaan masyarakat Betawi). Bagi orang Sunda, tepung ini disebut aci, yang kemudian menjadi bahan masakan yang terbuat dari aci bercabang (cilok).Tapioka terbuat dari tepung tapioka yang juga subur dan melimpah di Indonesia. Prosesnya melibatkan ekstraksi pati setelah singkong dikupas, ditumbuk dan direndam dalam air.Pati ini lebih berat volumenya, sehingga akan mengendap di dasar mangkuk air. Setelah dipisahkan dari singkong yang telah dihaluskan, patinya kemudian diolah menjadi tepung.Di Indonesia, tapioka awalnya dibuat di rumah. Namun setelah beranjak dewasa, didirikan pabrik tepung tapioka untuk memperdagangkan jenis tapioka ini. Konon perusahaan pembuat bedak ini bisa menghasilkan pendapatan yang besar.

Kegunaan dan Manfaatnya

Tapioka digunakan sebagai bahan dasar berbagai makanan dan bermanfaat jika dimakan. Di Indonesia, sejumlah kue dan jajanan kuliner dibuat dari tepung ini.Lalu apa saja kegunaan dan manfaat tepung tapioka ini? Dilihat dari karakteristiknya, tapioka memang unik. Bubuk ini bisa mengental saat dipanaskan, sehingga sering digunakan sebagai pelengkap masakan jenis tertentu. Selain itu, tepung ini juga tidak kalah enak dari segi rasa kue dibanding tepung terigu.Dari segi tekstur, tepung tapioka lebih lembut dibandingkan tepung terigu. Tepung tapioka licin di tangan, sulit dipegang dengan warna putih susu. Umumnya, tapioka digunakan sebagai pengental untuk tumisan. Ini karena sifatnya yang bening dan mengental saat dipanaskan.Tepung tapioka dapat digunakan sebagai pengganti tepung maizena. Seringkali, tepung maizena juga digunakan sebagai pengental untuk tumisan. Jika ingin mengentalkan tumisan seperti capcay, Anda bisa menggunakan sedikit tepung tapioka. Membandingkan harga, tepung tapioka relatif lebih murah.Tepung yang juga dikenal sebagai tepung kanji ini biasa digunakan dalam campuran kerupuk, muffin, bakso, siomay, dan kue basah. Karena kenyalnya, tapioka membuat beberapa makanan ini lebih enak. Selain digunakan dalam makanan, bubuk ini juga digunakan sebagai bahan perekat kertas.Sedangkan untuk kandungannya, tepung terigu justru lebih didominasi oleh karbohidrat. Namun dibandingkan dengan karbohidrat dari sumber lain, tapioka relatif lebih rendah kalori.Selain itu, rendah protein dan bebas gluten. Biasanya penderita alergi gluten tidak bisa makan tepung terigu dan diganti dengan tapioka.

Usaha Tepung Tapioka

Pemanfaatan singkong sebagai bahan baku produk pati singkong sejalan dengan pemerintah Indonesia telah memulai dan terus menggalakkan budidaya singkong sejak tahun 2014, 2015, 2016 di sektor pertanian dan hortikultura.Ubi kayu yang dipanen setelah berumur 7 sampai 10 bulan akan menghasilkan pati singkong yang berkualitas baik.Dari petani, pengusaha kemudian sering menyediakan sarana pengolahan seperti alat panen, alat angkut hasil panen dan mesin penepung.Seorang pengusaha tapioka asal Lampung bahkan bisa memproduksi hingga 100 ton tepung per hari dengan bantuan staf dan pekerjanya. Dari operasi ini, pendapatan bisa mencapai 7 miliar dalam sebulan.Strategi perusahaan tapioka ini adalah mengemasnya agar menarik. Tambahkan label untuk kemasan tepung singkong dengan nama sendiri, lalu tambahkan gambar.Dikemas rapat dalam kemasan plastik bening. Membuat produk tepung singkong, banyak orang akan menyukai kualitas tapioka jenis ini.Untuk pemasaran, pasarkan produk tapioka ini di tempat-tempat yang ramai dikunjungi dan sering dikunjungi. Kalau bisa titip tepung tapioka di toko, swalayan, swalayan terdekat.Produk tapioka ini juga bisa Anda tawarkan ke pedagang kue dan makanan ringan seperti pedagang cilok dan lainnya yang menggunakan tepung ini sebagai bahan utamanya.Nah, itu dia berbagai informasi seputar usaha tepung tapioka di Indonesia. Setelah membaca informasi ini apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *