Cara Menyimpan Wortel Agar Awet Dan Tahan Lama
Cara Menyimpan Wortel Agar Awet - Wortel kaya akan nutrisi. Menurut healthline.com, selain efek yang baik untuk mata, mengonsumsi wortel secara rutin juga memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit dan menurunkan gula darah.Sayuran berwarna oranye ini bisa dimakan dengan berbagai cara. Baik dikukus, digoreng atau dijus. Setelah diolah, wortel juga bisa dijadikan lalapan dengan nasi atau sebagai cemilan.Untuk menyimpan wortel dalam kaldu, Anda perlu memberi perhatian khusus agar tidak mudah busuk. Cara mudah mengawetkan wortel dalam waktu lama adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari es. Namun, bagi yang tidak memiliki kulkas, wortel juga bisa disimpan di suhu ruangan lho.

Cara Menyimpan Wortel Di Kulkas

Cara Menyimpan Wortel Agar AwetBerikut beberapa tips dan trik sederhana yang bisa Anda coba agar wortel lebih awet disimpan di kulkas.

1. Rendam dalam Air

Siapkan wadah berisi air. Selanjutnya, potong wortel sesuai ukuran wadah. Masuk dan rendam wortel dalam wadah berisi air hingga encer. Lalu simpan di lemari es. Saat air mulai keruh, bisa diganti secara berkala.

2. Simpan dalam Freezer

Kupas wortel terlebih dahulu. Setelah dicuci bersih, wortel bisa dipotong atau diiris sesuai selera. Kemudian masukkan ke dalam kotak plastik. Bisa juga disimpan dalam wadah kedap udara. Lalu simpan di freezer. Dengan cara ini wortel bisa bertahan selama berminggu-minggu.

3. Simpan Wortel Dalam Keadaan Segar

Jika Anda tidak memiliki terlalu banyak stok wortel dan akan segera siap, Anda dapat memasukkan wortel langsung ke dalam lemari es. Tidak perlu dicuci dulu. Biarkan wortel dingin dan tidak lembek. Dengan cara ini wortel bisa disimpan selama kurang lebih tiga hari.

4. Simpan dalam Wadah yang Dilapisi Kertas

Wortel dapat disimpan kering agar lebih tahan lama di lemari es. Ini sangat mudah. Siapkan wadah, lalu lapisi dengan kertas dan simpan wortel di dalamnya. Lalu simpan di lemari es.

Cara Menyimpan Wortel Tanpa Kulkas

Jika Anda tidak ingin menyimpan wortel di lemari es, ada cara lain untuk menjaga kualitas wortel. Salah satunya adalah dengan menyimpan wortel di ruangan yang sejuk dan gelap.Ruangan kecil, gelap, dan sejuk dianggap sebagai tempat yang tepat untuk menyimpan wortel yang belum dicuci. Namun, Anda harus terlebih dahulu memasukkannya ke dalam wadah dengan penutup dan kemudian memasukkan daunnya.Cara ini dianggap efektif jika ingin menyimpan banyak wortel sekaligus karena konon mampu menjaga kesegaran wortel hingga beberapa bulan.

Ciri-Ciri Wortel Busuk yang Perlu Diketahui

Bahkan jika Anda menyimpannya dengan benar di lemari es, selalu ada risiko wortel akan membusuk di dalamnya. Oleh karena itu, disarankan untuk memahami ciri-ciri wortel busuk ini.

Bintik hitam

Salah satu ciri wortel busuk adalah munculnya bintik hitam. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa memakannya. Pastikan komedo dihilangkan terlebih dahulu dengan pisau.Anda juga dapat mencoba melihat dari dekat komedo. Jika sudah berjamur, itu tandanya wortel sudah busuk dan harus dibuang. Jangan mencoba menggunakan pisau untuk menghilangkan jamur, karena bisa menembus daging wortel.

Tekstur yang lunak

Wortel yang busuk biasanya memiliki tekstur yang lembut dan tidak lagi keras. Namun, bukan berarti wortel tidak bisa dimakan. Namun, jika tekstur wortel yang lunak disertai lendir, segera buang dan jangan dimakan.

Bau tak sedap

Wortel yang busuk juga bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Di sisi lain, wortel segar tidak memiliki aroma. Itulah beberapa ulasan mengenai cara menyimpan wortel agar awet, wortel merupakan sayuran ataupun pelengkap dalam sebuah masakan. Untuk menyimpan wortel dalam waktu lama anda bisa menggunakan vacuum sealer untun penyimpanannya.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi¬†RumahMesin¬†untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *