Manfaat Sabut Kelapa yang Perlu Kalian Ketahui
Manfaat sabut kelapa - Siapa yang tidak mengenal kelapa? Pohon besar yang juga berbuah besar ini merupakan pohon yang populer. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah tropis yang cenderung lebih hangat. Pohon kelapa atau coco palm dalam bahasa inggris memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita.Berikut ini adalah beberapa bagian pohon kelapa yang biasa dimanfaatkan tetapi sebelum di manfaatkan kelapa harus di cungkil dulu menggunakan mesin cungkil kelapa, selain air dan dagingnya:
  1. Batok kelapa digunakan sebagai bahan baku pembuatan arang tempurung kelapa.
  2. Daun kelapa sering digunakan sebagai pembungkus makanan
  3. Tangkai atau bagian jemari kelapa sering digunakan sebagai bahan dasar sapu
bukan hanya manfaat dari bagian kelapa ini saja, ternyata ada bagian lain dari kelapa yang bisa dimanfaatkan yaitu kepompong. Meskipun termasuk jenis limbah, namun manfaat sabut digunakan untuk banyak hal. Apa manfaat sabut kelapa? Berikut beberapa di antaranya:

1. Pembuatan Sapu Ijuk

Sapu ijuk seolah menjadi salah satu alat rumah tangga yang tak terpisahkan dari kehidupan bersih-bersih seorang ibu rumah tangga atau pembantu rumah tangga. Ya, Sapu ijuk adalah salah satu jenis sapu yang salah satunya terbuat dari limbah pengolahan kelapa yaitu sabut.Manfaat kelapa kering biasanya dibahas seperti ini. Akhirnya membentuk serabut-serabut tipis yang diikat dan dirangkai menjadi Sapu ijuk yang sering kita gunakan sehari-hari.

2. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Manfaat Sabut Kelapa yang Perlu Kalian KetahuiTentunya masyarakat yang sering membuat arang dari batok kelapa juga sering menggunakan batok kelapa sebagai sarana pembakaran sabut. Anda juga bisa melihat penggunaan kelapa sebagai bahan bakar di restoran-restoran di Padang sebagai pengganti kertas. Hal ini disebabkan sifat alami sabut yang mudah terbakar dan memiliki kemampuan tahan api yang baik.

3. Pembuatan Pupuk Organik

Tak disangka, ternyata kelezatan buah kelapa juga bisa diolah dan dijadikan pupuk organik. Pupuk organik sabut ini memiliki kemampuan menahan air hingga 60% lebih banyak dibandingkan pupuk konvensional. Tentunya hal ini sangat berguna di daerah yang sedikit hujan atau daerah yang mengalami kekeringan.Selain itu kelapa banyak mengandung unsur hara dan mineral yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman, sehingga sangat cocok digunakan sebagai pupuk organik.

4. Menetralisir Bau Air dan Semen di Kolam Ikan Baru 

Bagi yang berbisnis budidaya ikan, baik ikan hias maupun ikan yang dipelihara di kolam semen, sabut kelapa tentu bukan kata asing. Ya, kokas biasa digunakan untuk menetralkan kadar air pada kolam yang baru dibangun dan juga digunakan untuk menghilangkan bau semen pada kolam.Mengapa? Karena ikan yang dilepas langsung ke kolam yang baru disiapkan kemungkinan besar akan mati. Ini karena ikan tidak tahan dengan campuran air dan bau semen baru.

5. Pembuatan Briket Ramah Lingkungan

Kelapa juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam pembuatan briket. Selama ini briket hanya terbuat dari batu bara, ternyata briket juga bisa diolah dan dibuat dari bahan limbah, termasuk sabut. Tentu ini penemuan yang menarik, karena briket tidak hanya ramah lingkungan, tetapi juga jauh lebih murah daripada menggunakan batu bara.

6. Pembuatan Kerajinan Tangan

Indonesia adalah negara dengan banyak suku bangsa. Selain suku bangsa yang berbeda tersebut, Indonesia juga memiliki banyak kerajinan tangan yang unik dan menarik. Salah satu kerajinan yang menarik adalah pemanfaatan kepompong yang digunakan untuk membuat tas, dompet dan hiasan serta pajangan lainnya.Itulah beberapa manfaat sabut kelapa, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *