Berikut Tujuan Membuat Logo, Cara membuat, Dan Manfaatnya
Logo bukan merek dagang. Merek adalah pengalaman dan persepsi orang tentang sebuah perusahaan. Branding adalah strategi bisnis untuk membangun merek. Dan identitas merek adalah ekspresi sebenarnya dari sebuah merek. Jadi apa itu logo? Dan apa tujuan membuat logo? Anda bisa menemukan jawabannya di artikel ini!Logo mungkin merupakan interaksi pertama pelanggan dengan bisnis. Ini adalah kesempatan untuk membuat kesan pertama yang kuat yang mewakili tujuan perusahaan secara visual.

Apa itu logo?

Logo adalah simbol yang membantu kita mengidentifikasi merek yang terdiri dari teks dan/atau gambar. Logo yang baik adalah dasar dari sebuah merek. Sederhananya, logo adalah gambar yang digunakan oleh bisnis, organisasi, kelompok, atau individu untuk mengekspresikan identitas mereka.Ini akan membantu publik memahami apa yang mereka lakukan, siapa mereka dan nilai apa yang mereka pegang. Itu tanggung jawab besar untuk ikon kecil. Desain logo berarti membuat simbol yang sepenuhnya mewakili perusahaan. Umumnya sebuah logo terdiri dari simbol atau tanda dan gaya logo, dan bisa juga disertai dengan tagline.Logo sangat penting dalam proses branding. Kualitas sebuah logo dapat mempengaruhi penjualan sebuah perusahaan. Jadi logo harus memiliki aspek positif. Logo yang baik adalah logo yang dapat diingat pelanggan dengan mudah dan cepat serta membedakan satu merek dari merek lainnya.Perusahaan dapat menggunakan logo untuk mengomunikasikan kepemilikan, kualitas, dan nilai mereknya. Umumnya logo digunakan pada produk, kartu nama, website, media sosial, email resmi, dll.

Apa tujuan membuat logo?

Jika menurut Anda kualitas logo tidak penting bagi pertumbuhan dan popularitas suatu merek, inilah saatnya untuk berubah pikiran. Memang benar konsumen fokus pada kualitas produk, tetapi logo adalah hal pertama yang menarik perhatian calon konsumen.Jika logo perusahaan sulit diingat dan terlihat mirip dengan merek lain, penjualan perusahaan tersebut bisa turun drastis meski sudah menawarkan produk berkualitas. Oleh karena itu, logo yang baik harus menjadi titik awal sebuah bisnis. Pentingnya fungsi logo untuk bisnis dapat dilihat pada poin-poin berikut;

1. Logo memungkinkan perusahaan menonjol dari para pesaingnya.

Tujuan paling dasar dari sebuah logo adalah untuk memberikan bisnis fitur unik yang membedakannya dari bisnis lain.Poin ini sangat penting jika perusahaan memiliki persaingan yang cukup ketat. Sebelum mendesain logo, Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui seperti apa pesaing Anda dan bagaimana mereka memposisikan diri.

2. Logo mengidentifikasi informasi penting tentang sebuah bisnis

Logo yang bagus memberi pelanggan informasi penting tentang bisnis hanya dengan melihatnya dan dapat mengomunikasikan industri tempat perusahaan beroperasi, layanan yang ditawarkannya, target demografisnya, dan nilai-nilai yang diperjuangkan perusahaan.Misalnya, sebuah perusahaan mungkin menggunakan gambar sirkuit dalam logonya untuk menunjukkan bahwa itu adalah bagian dari industri komputer. Atau mereka dapat menggunakan warna hijau untuk mengomunikasikan bahwa mereka berkomitmen untuk ramah lingkungan. Atau mereka bisa menggunakan font tertentu untuk menunjukkan keanggunan merek mereka.

3. Logo yang memperkuat identitas merek

Sebuah logo dapat meninggalkan dampak visual yang mengingatkan masyarakat luas bahwa sebuah bisnis itu ada dan nyata. Dengan kata lain, logo dapat menciptakan citra yang erat kaitannya dengan perusahaan. Hubungan ini membantu pelanggan mengingat merek mereka.Merek terkenal seperti Nike atau McDonalds yang logonya ada di mana-mana langsung dapat dikenali meskipun tidak menggunakan nama merek tersebut.

4. Logo meningkatkan loyalitas merek

Ketika sebuah perusahaan memberikan produk berkualitas kepada pelanggan, pelanggan tersebut pasti akan terbujuk untuk melakukan bisnis lagi. Dan, dengan bantuan logo yang indah, perusahaan akan membangun daftar pelanggan setia. Ini akan membantu perusahaan memperluas bisnisnya.

Bagaimana cara membuat logo keren?

Nah, setelah membaca penjelasan di atas, apakah tertarik untuk mendesain logo bisnis Anda sendiri? Lihat beberapa tips dibawah ini.

1. Sederhana

Logo harus mudah ditafsirkan untuk terhubung dengan cepat dengan audiens mereka. Membuat logo sederhana sangat penting dengan tujuan agar logo dapat dengan mudah diterapkan di berbagai platform dengan ukuran berapa pun.

2. Trademark

Tidak seperti perusahaan besar, sebagian bisnis tidak memiliki trademark selama mereka ada. Biasanya, itu karena mereka tidak memiliki hak cipta atau anggaran pemasaran yang besar untuk mempromosikan merek mereka. Jadi, sebagai alternatif yang jauh lebih murah, sebuah logo harus memperjelas siapa bisnisnya dan apa bisnisnya kepada pelanggan secara sekilas.

3. Komponen

Dari konsep hingga peluncuran, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat mendesain logo. Namun, yang terpenting adalah tiga hal berikut, tipografi yang indah, warna yang sederhana dan gambar yang kuat.

4. Apa yang membedakan logo dari merek?

Walaupun terdengar rumit, namun perbedaan antara keduanya cukup sederhana, yaitu merek adalah sekumpulan persepsi yang dimiliki masyarakat terhadap sebuah perusahaan. Dengan kata lain, merek adalah totalitas yang diciptakan bisnis untuk masyarakat. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi, seperti periklanan, promosi, layanan pelanggan, dan tentu saja logo.Jadi logo benar-benar bagian dari brand perusahaan dan bukan sebaliknya. Misalnya, logo Apple yang ikonik dan mudah dikenali bukanlah satu-satunya hal yang membentuk identitas merek mereka yang ramping, mudah digunakan, dan ramah pengguna. Kualitas ini tercermin dalam pilihan desain mereka di iklan, situs web, dan tata letak toko. Logo hanya mewakili penyelarasan visual dari elemen-elemen ini.
Baca Juga : Cara Membuat Logo secara Online dan Tentunya Gampang
Pada intinya, logo merupakan salah satu aset berharga sebuah bisnis yang berperan penting sebagai bagian dari identitas merek. Sudah siap mendesain logo untuk toko Anda?Setelah memahami tujuan membuat logo, jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen. Gunakan jasa dari Punca Digital untuk Jasa Desain Logo Perusahaan Cepat, Murah, dan Berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *