Cara Menanam Rumput Odot Yang Benar dan Cepat
Cara Menanam Rumput Odot- Cara menanam atau menanam sedum dapat digunakan untuk memberi makan hewan, mudah untuk pemula dan menengah. Rumput odot merupakan salah satu jenis rumput terbaik untuk ternak karena memiliki beberapa keunggulan seperti: batang yang relatif lebih pendek, lebih disukai ruminansia, memiliki tingkat pertumbuhan yang relatif lebih cepat, dan memiliki banyak keunggulan lainnya.

Cara Menanam Rumput Odot

cara menanam rumput odot

1. Cara Memilih Bibit Odot Rumpur Yang Benar

Untuk mendapatkan bibit rumput odot yang bagus, carilah bibit yang sehat tanpa bekas luka yang terlihat. Karena benih rumput yang diharapkan diperoleh dari stek, benih perlu dipotong sepanjang 15-25 cm sebelum disemai. Pada umumnya benih yang sehat memiliki batang yang besar dan rapat serta ruas yang sedikit. Pilih bibit yang sudah tua dan berwarna hijau kekuningan.

2. Pembuatan Media Tanam Rumput Odot di Lahan Kering

Setelah Anda menemukan bibit sedum terbaik untuk ditanam, cara lain untuk menanam sedum adalah menyiapkan bedeng tanam. Keuntungan memilih rumput Ota adalah tidak harus memilih tanah yang tepat, karena rumput Odota bersifat self-adaptive dengan cara menyesuaikan tanah dengan tempat penanaman.Untuk menghemat waktu dan tenaga, ada baiknya menggunakan traktor agar lahan yang luas dapat dikelola dengan baik dalam waktu singkat. Dengan demikian diharapkan rumput dapat ditanam pada areal yang sudah cukup tersedia dan dapat dimanfaatkan secara optimal.

3. Jarak Tanam Rumput Odot Yang Ideal

Sambil menunggu rumput ditanam, Anda juga harus memastikan jarak tanam rumput tunggu yang baik dan ideal. Lebih baik menanam benih setidaknya dalam 2-3 ruas untuk setiap tumpukan. Saya perkirakan jarak setiap tumpukan rumput sekitar 50-75 cm. Jarak tiap baris sekitar 75-150 cm.Penanaman rumput dorman menggunakan pola monokultur, yang memungkinkan penanaman rumput dorman hanya dalam satu areal. Karena ukurannya yang relatif kecil, tanaman ini juga bisa diselingi dengan tanaman hijau lainnya.

4. Menanam Rumput Odot

Menanam rumput holland di lahan kering juga berhasil dengan perawatan ekstra untuk mempercepat pertumbuhan rumput holland. Perhatikan hal berikut:
  • Gunakan pemupukan dengan pupuk organik dan pilih bahan yang terbaik. Untuk mendapatkan pupuk organik terbaik, Anda bisa membuatnya sendiri dari limbah ternak.
  • Pemupukan dilakukan pada saat tanaman berumur lebih dari 15 hari dengan NPK urea 60 kg per hektar. Pasca pemupukan dengan pupuk organik cair berbahan dasar produk hewani yang difermentasi.
  • Gunakan hingga 500 ml dan campurkan dengan larutan 14 liter air bersih per hektar. Biasanya balutan top ini dilakukan setelah memotong rumput atau panen sekitar 7 hari atau 21 hari kemudian.
  • Bersihkan tanaman dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya dengan cara alami dan tanpa bahan kimia agar rumput tetap terjaga tampilan alaminya. Karena rumput odota ini digunakan sebagai pakan ternak maka penggunaan bahan kimia akan mempengaruhi kesehatan ternak yang memakan rumput odota.

5. Alasan Kegagalan Menanam Rumput Odot

Salah satu faktor yang membuat Anda berharap rumput liar tidak memberikan hasil yang maksimal adalah letak tanaman yang tidak terkena sinar matahari. Dengan kurangnya intensitas matahari, hal ini berdampak negatif pada perkembangan odotogra itu sendiri. Selain itu, adanya gulma atau rumput liar juga bisa disebabkan oleh faktor lain yang memperlambat pertumbuhan gulma odota.Oleh karena itu perlu diperhatikan juga kondisi kesehatan lingkungan, apakah tanaman lain akan mengganggu halaman rumput atau tidak, agar halaman rumput dapat terjaga dengan baik. Pastikan juga kondisi lingkungan tidak terlalu banyak mengandung kotoran dan bekas akar rumput tanaman sebelumnya.

6. Harga Bibit Rumput Odot

Menanam otigras cukup mudah dan sulit. Namun, jika Anda dipersenjatai dengan niat dan usaha, Anda akan melihat hasil yang lebih baik. Dengan panen yang baik, hal ini mempengaruhi harga ekspektasi benih rumput. Dengan panjang tanaman 20-30 cm, harga tanaman rumput odot ini sekitar Rp2000 per batang.Demikian penjelasan tentang cara menanam rumput odot. Jangan lupa gunakan mesin pencacah kompos terbaik yang bisa anda dapatkan di pabrik terpercaya. Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *