Olahan Makanan dari Kelapa
Olahan Makanan dari Kelapa - Serpihan kelapa dapat diolah dalam santan dan menjadi hidangan yang lezat. Banyak makanan khas Indonesia yang menggunakan kelapa sebagai bahan dasarnya. Bukan hanya makanan berat, tapi juga bisa dijadikan bahan baku kue. Rasanya enak dan tidak kalah dengan kue lezat negara lain.Karena itu, saat ini banyak makanan olahan kelapa yang mudah ditemukan di pasaran. Bahkan, perwakilan industri makanan dan biskuit pun tak mau ketinggalan dengan kelezatan perusahaan makanan berbahan baku kelapa yang lezat ini. Makanan Olahan Kelapa Mana Yang Bisa Jadi Pilihan Masakan Rumahan Anda?Simak pembahasan berikut ini Jika selama ini Anda hanya pernah menikmati kelapa dalam bentuk minuman, cobalah sesekali mengonsumsi makanan olahan kelapa. Hidangan kelapa cocok untuk kopi atau teh sore yang santai. Berikut beberapa makanan yang terbuat dari olahan kelapa yang bisa Anda coba.

Olahan Makanan dari Kelapa

Olahan Makanan dari Kelapa 

1. Kue Vanila Kelapa Muda

Kue ini dikenal sebagai camilan lezat dengan isian daging atau apel. Namun kue dadih ini menggunakan kelapa sebagai bahan bakunya. Jajanan populer di Indonesia ini bisa disajikan di berbagai acara seperti pesta, hajatan atau lebaran. Bentuknya umumnya sama dengan kue, yaitu bulat dan tipis. Perempuan kolonial pernah membawa puding degan, atau kelapa muda, ke Indonesia untuk mengajar ibu rumah tangga mereka. Hingga saat ini, ternyata puding custard masih menjadi resep pusaka yang sangat populer.baca juga : Olahan dari Kelapa

2. Kue Pankong

Siapa yang tidak tahu kue pancong? Kue ini merupakan kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan, dan kelapa parut kasar. Kue ini berbentuk setengah lingkaran sesuai dengan bentuk cetakannya. Pembuatannya cukup sederhana yaitu dimasak dengan cara dibakar dengan api hingga matang. Kue ini disajikan dengan taburan gula agar lebih manis. Di zaman modern ini, kue pancong juga hadir dengan beberapa jenis isian seperti coklat, meses, susu kental manis, dan keju.

3. Klappeartaart

Berasal dari Manado, kue ini merupakan jajanan kelapa yang sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Biasanya kue ini dibuat dengan dua cara yaitu dipanggang atau tidak dipanggang. Komposisinya biasanya lembut di dalam. Kue ini terbuat dari tepung terigu, gula, susu, mentega dan parutan kelapa. Klappertaart sendiri berasal dari kata “käse” yang berarti kelapa dan “taart” yang berarti kue. Karena itulah kue kelapa ini mudah ditemukan di kalangan orang asing atau keluarga yang masih memiliki darah Belanda di Indonesia.

4. Kue Rangi

Selain kue pancong, kue rangi juga berasal dari Betawi dan adonannya menggunakan parutan kelapa. Kenapa disebut Kue Rangi? Hal ini dikarenakan kue rangi memiliki aroma yang harum saat dihisap. Kue ini dibuat dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa kasar dan disajikan dengan gula merah yang dimasak dengan nangka yang dikentalkan dengan sedikit tepung sagu. Saat ini kue rangi sudah sangat langka dan sulit ditemukan, meskipun banyak pedagang kaki lima atau kue rangi di ibu kota Indonesia atau daerah lain. Kue rangi biasanya dijadikan makanan ringan atau jajanan murah dengan harga Rp 500-1000 untuk satu baris atau 6 baris rangi.

5. Cake Tape Kelapa Muda

Olahan kelapa ini terbuat dari buah kelapa dan tape atau peuyeum khas Jawa Barat. Ternyata kue ini hanya membutuhkan waktu singkat yaitu satu setengah jam dari awal sampai akhir. Tape Kelapa Muda menggunakan bahan tape yang mudah ditemukan di Bandung Jawa Barat atau Bondowoso Jawa Timur. Pita tidak hanya dimakan langsung atau digunakan sebagai tambahan es krim campuran, tetapi ketika ditambahkan ke adonan utama yang masih muda. Sayangnya, rasanya berubah menjadi lebih asin dan aromanya lebih harum yang menggugah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *