Memperoleh manfaat sedekah menurut Al Quran, mudah!
Sedekah berarti memberikan sesuatu baik berupa materi maupun non materi kepada seseorang semata-mata untuk mendapat ridha Allah SWT tanpa pamrih dan sedekah hukumnya sunnah. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki sifat dermawan yang bersedia bersedekah. Karena ada pula yang memiliki sifat kikir yang enggan sedekah karena beberapa faktor, di antaranya takut miskin dan takut hartanya berkurang. Sehingga, perlu dikaji mengenai manfaat sedekah sehingga dapat memotivasi seseorang agar senantiasa bersedekah dalam kehidupan sehari-hari, terutama mengkaji manfaat sedekah menurut Al Quran.

Dasar Hukum Sedekah

Sedekah di dalam Al Quran pada surah al-Baqarah ayat 271 menjelaskan bahwa sedekah bisa dilakukan secara terang-terangan dan sedekah juga dapat dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Namun sedekah secara sembunyi-sembunyi ini lebih di cintai Allah dari pada secara terang-terangan. Kelak di akhirat, orang yang bersedekah dengan ikhlas akan mendapatkan naungan di hari kiamat dan di jauhkan dari api neraka dan dapat membuat masuk surga.Islam menganjurkan setiap umatnya untuk senantiasa mengamalkan sedekah. Hal itu karena manfaat sedekah menurut al quran sangat besar. Dan dilakukan sebagai bentuk ketakwaan kepada Allah swt, juga sebagai bentuk kesadaran atas pemahaman keagamaan yang didalaminya. Di antara pintu-pintu kebaikan yang dianjurkan dan diperintahkan oleh syari‘at adalah bersedekah.Sebagaimana firman Allah swt.dalam QS. al-Munafiqun [63] : 10.Terjemah :Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang diantara kamu lalu ia berkata : “Ya Rabb-ku , mengapa engkau tidak menangguhkan (kematianku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku bisa bersedekah dan aku termasuk orangorang yang shaleh?”.

Manfaat sedekah menurut Al Quran

Dan hikmah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti kebijaksanaan dan makna yang terkandung di balik suatu peristiwa. Kemudian hikmah juga dapat diartikan sebagai manfaat yang bisa diambil dari mengerjakan suatu hal atau peristiwa. Oleh karena itu, sedekah mendatangkan banyak manfaat apabila didasari dengan rasa ikhlas semata-mata untuk memperoleh ridha Allah SWT. Manfaat sedekah menurut Al Quran dapat dirasakan di dunia dan di akhirat kelak, yaitu sedekah akan mendatangkan rezeki serta dilipat gandakan. Dalam Al Quran sudah diterangkan bahwa sedekah memberikan manfaat kepada pemberi sedekah dengan nilai yang berlipat ganda. Sebagaimana firman Allah swt, dalam QS. Al-Baqarah [2] ayat 261.

1. Sedekah dilipatgandakan 700 kali

Manfaat sedekah menurut Al Quran bagi si pemberi amat besar sebagai mana terdapat keterangan di dalam Al Qur’an dan hadits. Jika kita amati ayat Al Qur’an berikut, setiap harta yang dikeluarkan ke jalan Allah akan dibalas dengan perkiraan melebihi 700 kalinya. Selain itu, mereka dijanjikan dengan kehidupan yang mudah. Allah SWT berfirman: “Perumpamaan orang  yang  menginfakkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa yang ia kehendaki . Dan Allah maha luas kurnia-Nya lagi maha mengetahui. (Al Baqarah [2] ayat 261)

2. Allah melipatgandakan ganjaran orang yang bersedekah

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan ganjarannya kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS Al Hadid :18)

3. Rejeki dimurahkan oleh Allah SWT.

Allah SWT berfirman : “Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, pasti akan ditunjukkan kepada mereka jalan keluar. Dan diberi rezeki kepada mereka daripada jalan yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, maka Allah akan mencukupi baginya." (QS. At Talaq : 2-3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *