Tumbuhan yang Mengandung Protein Nabati Berjumlah Tinggi
Tumbuhan yang mengandung protein - Protein nabati banyak terdapat pada berbagai tanaman mulai dari daun, batang, buah atau biji yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Di bawah ini kita akan melihat secara detail apa itu protein, apa fungsinya, jenis dan asalnya.

Pengertian Protein

Tubuh manusia membutuhkan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Namun selain itu, peran protein dalam kesehatan tubuh manusia juga berperan langsung.Dimana protein adalah senyawa kimia yang mengandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen, belerang dan juga fosfor yang tersusun dari satu atau lebih rantai asam amino.Seperti beberapa komponen yang dibutuhkan oleh tubuh dimana tubuh manusia tidak dapat memproduksinya secara otomatis. Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat mengatur pola makan dengan kandungan protein yang lebih banyak.

Fungsi Protein

Tentu saja, tubuh memiliki alasannya sendiri untuk membutuhkan protein. Di mana protein berperan dalam memelihara dan mengembangkan sel-sel dalam tubuh.Karena usia sel akan rusak dan mati pada usia tertentu, kini saatnya peran protein dalam organisme. Hal yang sama berlaku untuk masalah sel darah, tulang, dan kulit.Beberapa hormon juga diproduksi oleh protein, termasuk hormon insulin, testosteron, tiroid, dan estrogen. Fungsi protein dalam sistem pencernaan manusia terjadi ketika lambung mengeluarkan asam yang memecah struktur kimia makanan. Di mana itu terjadi di usus kecil.Selain itu, protein akan dikembalikan ke struktur asam amino yang dapat diserap tubuh melalui usus halus. Pada saat ini, asam amino yang beredar di hati juga dikirim ke bagian tubuh lain yang membutuhkannya.

Jenis Protein Berdasarkan Sumber Protein

Protein Hewani

Dikatakan sebagai sumber protein hewani diantaranya adalah daging, telur dan susu. Tentunya merupakan protein yang didapatkan dari hewan.Protein hewani ini memiliki asam amino yang lengkap, apabila dibandingkan dengan protein nabati, protein hewani lah yang dianggap lebih optimal dalam membantu perkembangan tubuh manusia. Pasalnya asam amino essensial tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.

Protein Nabati

Protein nabati, sesuai dengan namanya adalah protein yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Dimana setia orang sangat membutuhkan akan protein baik nabati maupun hewani. Namun pada penderita tertentu memang perlu mengurangi akan asupan makanan yang mengandung protein hewani.Dengan demikian bagi yang menjalani diet vegetarian juga bisa memenuhi kebutuhan protein tubuh dengan mengkonsumsi protein nabati, dimana akan kita bahas sebagai berikut.

Tumbuhan yang Mengandung Protein

tumbuhan yang mengandung protein

1 . Kedelai

Tanaman kedelai yang biasanya ditanam saat musim kemarau ini memang menghasilkan biji kedelai. Yang mana biji kedelai tersebut merupakan sumber protein nabati yang bagus.Dimana dari kedelai ini banyak dikreasikan olahan makanan yang bervariasi, mulai dari tahu tempe, susu kedelai, yogurt bahkan eskrim kedelai.Setengah cangkir kedelai mengandung 10 gram protein, ketika dihidangkan menjadi susu terkandung 7 gram protein per cangkir.Saat ini juga yang banyak dibicarakan adalah edamame atau kedelai jepang, dimana kandungan proteinnya dapat menandingi daging hewani dan telur sekalipun.

2. Labu

Dalam buah labu yang juga sering dijadikan dalam menu sayur, ternyata terdapat kandungan 9.35 gram protein. Yang mana kandungan protein dalam labu lebih banyak dibandingkan dalam daging sapi.

 3. Kacang-Kacangan

Keluarga kacang polong memang menjadi makanan alternatif bagi para pelaku vegetarian. Pasalnya kandungan proteinnya mampu memenuhi kebutuhan tubuh.Dalam satu buah cangkir kacang polong terdapat kandungan protein sebanyak 7,9 gram. Selain kacang polong, terdapat juga tanaman kacang almond yang juga mengandung sekitar 6 gram protein per satu ons kacang almond.Jenis kacang yang baik untuk sumber protein nabati selanjutnya adalah kacang merah. Untuk mendapatkan kandungan protein nabati pada kacang merah dapat diolah menjadi bubur, campuran sayur atau sup.Makanan bergizi ini tentunya juga dapat menunjang kebutuhan asupan makanan si kecil sebagai pendamping asi bagi bayi yang berusia 6 bulan. Dimana dua cangkir kacang merah mengandung 26 gram protein.

4. Brokoli

Dalam 1 cangkir brokoli terdapat kandungan nutrisi yang tepat. Nah bagi yang sedang menghindari protein hewani, bisa memanfaatkan protein nabati yang terdapat pada brokoli ini. Namun selain protein, brokoli juga mengandung serat, karbohidrat dan juga vitamin serta mineral.

 5. Bayam

Sayuran yang satu ini memang dikenal banyak mengandung zat besi. Namun dalam satu cangkir bayam terdapat 3 gram protein. Alangkah baiknya dalam mengkonsumsi bayam ini diolah dengan cara dikukus, direbus, ataupun dibuat cah.Pengolahan bayam yang paling tepat tentunya tidak terlalu matang atau over cook. Dimana jika hal tersebut terjadi akan membuat nutrisi yang terkandung dalam bayam akan hilang.

6. Gandum

Gandum merupakan salah satu biji-bijian yang banyak mengandung gandum walaupun juga terdapat kandungan karbohidratnya. Kandungan protein dalam gandum mencapai kurang lebih 9 %.Agar lebih mempermudah anda dalam menanam sayuran atau tumbuhan yang berprotein tinggi anda bisa menggunakan mesin pencacah rumput, anda bisa mendapatkan mesin pencacah rumput dengan harga terjangkau hanya di rumah mesin.Nah, itu tadi ulasan tentang tumbuhan yang mengandung protein. Semoga bermanfaat artikel ini bermanfaat untuk kamu ya!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *