Usaha keripik Singkong! Modal Minim Untung Maksimal
Usaha keripik singkong - Usaha keripik singkong merupakan salah satu jenis makanan atau cemilan yang terbuat dari bahan dasar singkong yang memiliki tekstur yang gurih dan renyah.Makanan rumahan jenis ini sering kita jumpai di toko atau warung makan. Peluang bisnis keripik singkong masih sangat menjanjikan dan bisa dikatakan tidak akan pernah mati karena sangat digemari oleh semua kalangan terutama di Indonesia.Bisnis di rumah tidak membutuhkan modal yang besar dan bisa dilakukan dimana saja, selain bahan baku yang murah dan mudah dicari, jadi jika anda berbisnis dengan baik dan benar maka anda akan mendapatkan keuntungan yang besar, jika ingin meraih pendapatan. bahkan jutaan. dengan membuat berbagai macam rasa seperti manis, pedas, norak, podcast dan coklat.Tentunya sebelum memulai usaha keripik singkong ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin peniris minyak terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin peniris minyak itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.Untuk memulai usaha keripik singkong rumahan tidak memerlukan keahlian khusus, bagi anda yang ingin mencoba membuka usaha keripik singkong langsung saja simak beberapa poin penting, berikut cara usaha keripik singkong.

Tips Usaha Keripik Singkong

Usaha keripik Singkong

1. Tentukan Konsep Bisnis

Tips pertama adalah menentukan konsep memulai usaha keripik singkong. Apakah irisan singkong yang Anda buat memiliki rasa yang berbeda atau hanya rasa asli yang sama? Sebelumnya, Anda juga harus melakukan uji pasar untuk mengukur selera masyarakat.Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis keripik singkong merupakan bisnis yang penuh dengan pesaing. Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan bisnis dengan matang, termasuk rasa yang berbeda dari yang lain.

2. Memperkaya Info Tentang Jenis Singkong

Trik kedua adalah memperkaya informasi tentang singkong. Karena ada berbagai jenis singkong, Anda perlu meneliti mana yang terbaik untuk membuat kentang goreng.Beberapa jenis singkong memiliki tekstur yang tidak cocok untuk dibuat kentang goreng. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui pemasok yang bisa memasok singkong berkualitas baik.

3. Menyiapkan Kemasan Produk

Tips ketiga adalah menyiapkan kemasannya. Tidak hanya untuk orang, makanan juga akan memiliki nilai plus jika kemasannya bagus. Konsumen akan melihat kemasan produk sebelum mencicipi rasanya.Jika Anda mengemas keripik singkong dengan buruk, kemungkinan besar konsumen bahkan tidak akan melihatnya. Apalagi jika Anda mengabaikan ketahanan isi chip di dalam kemasan.Tentunya orang tidak akan membeli untuk kedua kalinya. Dengan demikian, kemasannya tidak hanya menarik perhatian tetapi juga harus menjaga kerenyahan dan umur panjang kentang.

4. Menyiapkan Modal

Tips keempat adalah bersiaplah untuk investasi modal ventura. Walaupun harga bahan baku singkong relatif murah, namun tetap perlu mempertimbangkan biaya operasional, dll.Persiapkan modal perusahaan sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Kemudian membagi modal menjadi dua, investasi dan produksi.Gunakan investasi modal untuk membeli peralatan masak, mesin pengemas dan peralatan lainnya. Sedangkan modal produksi digunakan untuk membeli bahan habis pakai seperti tepung tapioka, elpiji.

5. Mengutamakan Rasa

Tips kelima adalah utamakan rasa. Bisnis kuliner harus mengutamakan selera agar bisa bertahan di tengah persaingan. Begitu pula dengan industri keripik singkong yang mengutamakan cita rasa.Kemasan menarik, harga murah tapi rasa kurang enak juga akan mengecewakan konsumen. Oleh karena itu, Anda harus melakukan riset sebelum memasarkan produk.

6. Membuat Marketing Plan

Tips keenam adalah membuat rencana pemasaran sebelum Anda mulai memasarkannya. Berikut beberapa metode pemasaran yang bisa Anda coba, di antaranya:
  • Dengan Metode Konsinyasi
Cara ini merupakan cara pemasaran produk makanan ringan yang sudah tidak asing lagi. Anda hanya perlu menitipkan produk di toko atau warung. Berikan komisi yang bagus kepada toko/toko agar mereka senang memasarkan produk Anda.
  • Memasarkan Melalui Media Sosial
Memasarkan produk melalui media sosial merupakan cara pemasaran yang murah dan efektif. Anda hanya perlu memposting foto produk dan membagikannya di status WA atau story IG. Jangan lupa deskripsi produk, termasuk cara pemesanan. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk menghubungi Anda.
  • Menggunakan Endorsment
Sudah umum hari ini untuk memanfaatkan reputasi seseorang untuk memasarkan suatu produk. Anda dapat mempromosikan produk dengan bantuan figur publik atau selebritas dengan banyak pengikut. Idenya tentu saja agar keripik singkong lebih dikenal luas dan menarik minat konsumen untuk membelinya.Agar lebih praktis dan lebih baik dalam memulai usaha keripik singkong, Anda harus mempunyai mesin peniris minyak yang ini. Nah, itulah usaha keripik singkong yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *