Makanan Terbuat dari Kelapa Paling Disukai Saat Ini
Makanan Terbuat dari Kelapa - Dahulu kala, banyak orang Indonesia dari berbagai daerah yang mengolah buah-buahan menjadi masakan yang enak, misalnya kelapa.Sebagian besar dari Anda akan menemukan makanan olahan kelapa dalam bentuk jajanan tradisional, sebelum diolah biasanya di proses menggunakan mesin pengupas kelapa. Berikut adalah berbagai hidangan kelapa yang wajib dicoba jika Anda dapat menemukannya.

Hidangan Kelapa Khas Indonesia

Kelapa biasa digunakan sebagai bahan makanan olahan tertentu. Makanan olahan kelapa pada umumnya tradisional dan melegenda di Indonesia, apa saja itu? Simak ulasannya di bawah ini, dijamin bikin ngiler!

1. Pancong

Pancong adalah makanan tradisional Betawi berbahan dasar kelapa yang terkenal dengan rasanya yang lezat. Kue pancong terbuat dari campuran air, tepung beras, santan, dan kelapa parut yang dimasak dengan bentuk setengah bulat.Setelah matang biasanya santan ini ditaburi gula pasir atau topping modern seperti mezo atau keju agar rasanya semakin nikmat.

2. Gemblong

Populer di kalangan Betawi, Sunda, dan Jawa, sajian olahan kelapa ini terlihat menggoda.Itu karena gemblong, adonan gorengan yang terbuat dari tepung ketan putih, margarin, santan, dan kelapa parut kasar, dilumuri gula merah cair sesaat setelah matang.Hal ini membuat Gemblong selalu harum dan renyah di luar, namun lembut, asin dan manis di dalam, yang berpadu sempurna.

3. Rangi, Makanan Olahan Kelapa Dengan Nama Lain Bandros

Sekilas kue rangi terlihat mirip dengan kue pancong. Namun yang membedakan keduanya adalah penggunaan tepung sagu di rangking sedangkan pancong menggunakan tepung beras.Rangi juga lebih otentik dari pancong karena disajikan dengan gula merah cair dan potongan nangka sebagai pengganti gula pasir. Sayangnya, makanan olahan kelapa ini jarang ditemui di kota-kota utama pulau Jawa. Jika sudah ketemu, tidak ada salahnya dicoba, karena kue rangi tidak hanya enak, tapi juga murah.

4. Sagon

Makanan Terbuat dari KelapaSagon adalah salah satu hidangan kelapa legendaris dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan kue jadul yang terbuat dari tepung ketan, margarin, gula dan tentunya banyak parutan kelapa dari acara-acara besar warga Jawa Tengah dan Lebaran.Siapa pun yang mencicipinya akan terpesona oleh aromanya yang harum kuat, rasa manis dan asin yang seimbang, serta teksturnya yang halus meskipun penampilannya keras dan padat.

5. Wingko Babat

Saat Anda berkunjung ke Kota Lamongan, makanan olahan kelapa muda ini wajib banget dicoba atau dibeli sebagai oleh-oleh. Selain kelapa, jajanan ini dibuat dari tepung ketan dan gula pasir, membuat wingkonya padat namun lembut dan manis, dengan rasa yang nyata.Wingko patty identik dengan bentuknya yang bulat pipih dan berwarna cokelat keemasan karena cara memasaknya yang unik, yaitu dipanggang atau dipanggang.

6. Putu

Putukakku adalah makanan olahan kelapa dengan bahan campuran kelapa parut dan serpihan bumbu.Kue ini dianggap sebagai jajanan tradisional yang unik karena cara pembuatannya yaitu dengan mengukusnya di dalam bambu seukuran jari. Alasannya, putu lebih harum, lebih lembut dan lebih enak.Bahan dasar pembuatan puttu adalah tepung ketan, parutan kelapa dan sedikit garam. Adonan putu kemudian dimasukkan ke dalam batang bambu hingga setengah penuh, lalu ditambahkan potongan gula merah, kemudian batang bambu diisi lagi dengan pasta ketan.

7. Dange

Bagi Anda yang besar dan tinggal di Sulawesi Selatan, Anda pasti tahu bahayanya. Dange merupakan makanan khas Bugis yang terbuat dari kelapa yang cara memasaknya dikukus dan sebagian dihisap seperti wingko kid.Jajanan ini dibuat dengan campuran tepung ketan hitam, gula merah dan kelapa parut. Rasa asinnya berpadu dengan manisnya gula merah yang lumer di mulut. Bahaya sering hadir di setiap pertemuan keluarga atau pertemuan besar warga Makassar.

8.  Geplak

Hal pertama yang menarik dari makanan olahan ala Yogyakarta ini adalah warna dan bentuknya. Ya, Geplak terkenal dengan bentuknya yang bulat asimetris dan tiga warna khas yakni putih, hijau, dan merah muda.Bahan utama pembuatan geplak adalah tepung beras, kelapa parut dan gula pasir (atau pakai gula merah). Banyak wisatawan dari luar Yogyakarta yang menyukai geplak karena selain enak, manis dan asin, geplak juga bisa awet berbulan-bulan asalkan disimpan dalam wadah kedap udara. Aneka makanan olahan kelapa tersebut di atas mencerminkan keberagaman kreativitas bangsa Indonesia dalam mengolah hasil pertanian Indonesia.Berdasarkan fakta di atas, ada berbagai jenis jajanan yang mungkin sulit Anda dapatkan. Oleh karena itu jika ada yang menjual jangan lupa untuk membelinya, karena semua masakan santan dijamin enak. Selamat!Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi¬†RumahMesin¬†untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *