Contoh Daur Ulang Sampah Plastik yang Unik dan Cara Buatnya
Contoh daur ulang sampah plastik - Contoh daur ulang sampah plastik. Jika kamu pergi ke pusat oleh-oleh atau toko mainan di daerah tertentu, tak jarang kamu menemukan barang yang terbuat dari daur ulang plastik. Misalnya, hiasan rumah atau dompet anyaman yang terbuat dari plastik.Demi mengurangi polusi sampah plastik, kita perlu lebih kreatif untuk memanfaatkan sampah plastik, kondisi sampah plastik di Indonesia cukup mengkhawatirkan. Tahun 2020, di Indonesia jumlah sampah plastik menduduki tempat kedua terbanyak setelah sampah makanan.Sejak revolusi industri, produksi plastik global meningkat. Seiring berjalannya waktu, manusia mulai ketergantungan plastik. Mulai dari wadah makanan, alat kebersihan, hingga teknologi, menggunakan plastik. Karena itu pula, polusi plastik mulai mengancam keberlangsungan hidup manusia di bumi.Bagaimana tidak, kini plastik berukuran kecil, atau mikroplastik, sudah ditemukan dalam feses manusia. Itu artinya, tubuh manusia sudah ‘terkontaminasi’ plastik, tanpa disadari.Daur ulang plastik menjadi salah satu cara untuk mengurangi jumlah timbunan plastik di bumi saat ini. Tapi sayangnya, daur ulang plastik di Indonesia masih belum mampu mengatasi permasalahan polusi plastik.Daur ulang yang masih sulit, ditambah regulasi daur ulang berkelanjutan yang masih belum cukup, juga produksi plastik yang tak bisa dibendung karena kebutuhan, membuat polusi makin mencemari.Lalu bagaimana kita, sebagai manusia, menghadapi permasalahan yang sering dianggap remeh ini? menjadi hal yang berguna dan bernilai. So, apa saja sih contoh daur ulang sampah plastik? Yuk, coba buat!

7 Contoh Daur Ulang Sampah Plastik

Tentunya sebelum memulai memanfaatkan daur ulang sampah plastik ini, bahan utamanya yaitu Anda harus memiliki alat mesin pencacah plastik terlebih dahulu, tidak usah khawatir Anda bisa membeli mesin pencacah plastik itu yang sangat mudah untuk digunakan dan juga hasil yang memuaskan.Kamu bisa membuat karya daur ulang sendiri di rumah, loh. Yuk, cek contoh daur ulang sampah plastik di bawah ini siapa tahu ada yang menginspirasimu!

1. Pot Tanaman

Contoh Daur Ulang Sampah PlastikKamu bisa membuat pot tanaman berukuran besar dari galon atau tempat cat bekas. Jika ingin pot dengan ukuran yang lebih kecil, maka kamu bisa memanfaatkan tempat kemasan air minum, mulai dari yang berbentuk gelas hingga botol. Dengan begitu, kamu bisa menggantungkannya di depan rumah atau di balkon rumah.

2. Bangku atau Kursi

Kamu bisa membuat kursi kecil dari botol bekas yang memiliki tinggi yang sama. Botol bekas ini bisa kamu isi dengan sampah plastik lainnya yang ditekan-tekan agar padat. Kamu bisa menyusun botol-botol tersebut sesuai bentuk yang kamu mau. Teknik ini disebut juga ecobrick.

3. Meja Kecil

Selain kursi, kamu bisa juga membuat meja kecil dari ecobrick. Kamu bisa melapisi bagian atas meja dengan kaca atau triplek agar permukaannya rata. Bisa banget nih kamu pasangkan dengan kursi daur ulang yang sudah kamu buat.

4. Mainan Anak

Kamu bisa membuat robot-robotan, mobil-mobilan, ataupun mainan berbentuk hewan lainnya yang menggemaskan. Kamu bisa mengajak adik atau saudaramu untuk ikut membuat mainan tersebut dari bahan plastik bekas. Pasti seru, deh!

5. Celengan Anak

Jika kamu teliti, botol plastik bekas rupanya memiliki sejuta manfaat. Kamu bisa membuat celengan anak yang lucu dengan menggunakan botol plastik bekas yang berukuran besar. Kamu bisa membuatnya menjadi berbagai macam bentuk, seperti tikus, babi, roket, dan lain-lain.

6. Tempat Pensil

Kata siapa tempat pensil yang terbuat dari daur ulang plastik gak bisa keren? Kamu bisa membuat berbagai macam bentuk tempat pensil mulai dari anyaman, botol bekas, dan berbagai bahan dasar plastik lainnya.

7. Hiasan Rumah, Contoh Daur Ulang Sampah Plastik yang Unik

Sedotan dan botol bekas yang ada di rumahmu bisa kamu sulap menjadi hiasan rumah yang menarik. Kamu bisa membuat berbagai macam bunga dari sedotan bekas. Setelah itu, warnai menggunakan cat sesuai keinginanmu dan hasilnya akan semakin cantik.Agar lebih praktis dan lebih baik anda harus memiliki mesin pencacah plastik yang ini. Nah, itulah contoh daur ulang sampah plastik yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *