Rumput odot sebagai pakan andalan peternak kambing
rumput odot pakan kambing menjadi pakan favorit untuk ternak kambing.Hal ini dikarenakan kandungan gizi rumput ini sangat bagus.Rumput odot ini nama lainnya dalam bahasa Indonesia adalah rumput gajah kerdil. Akan tetapi di kalangan para peternak kambing dan domba lebih dikenal sebagai odot.Sesuai dengan namanya, rumput gajah kerdil, produktifitas hijauan dari rumput ini tidak sebanyak rumput gajah.Meskipun demikian, produktifitas dari rumput ini dapat dimaksimalkan dengan mengoptimalkan jumlah anakan rumput odot di setiap rumpunnya.Supaya bisa maksimal, maka ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. Karena faktor tersebut nantinya akan mempengaruhi baik dan tidaknya produksi hijauan dari odot ini.Faktor tersebut meliputi kebutuhan air, banyaknya naungan, pemupukan, kesuburan tanah, pemangkasan dan jarak tanam.rumput odot pakan kambing.jpgRumput gajah mini ini sangat responsif terhadap jumlah air dan pemupukan. Maksudnya, tinggi rumput , lebar daun dan hasil hijauannya bisa sangat berbeda antara rumput yang dipupuk dan yang tidak.Produksi rumput odot bisa menghasilkan hijauan sebanyak 24,22 ton/ha/tahun dalam berat kering. Ini tanpa diberi pupuk. Dan yang perlu diperhatikan itu dalam berat kering.Untuk mendapatkan angka dalam berat segar, tinggal dikalikan saja dengan 100 kemudian dibagi 13,55. Hasilnya adalah 178,4 ton/hektar/tahun dalam bentuk rumput segar.Dengan tambahan pupuk NPK sebanyak 2 – 3 karung/ha/tahun, produksi rumput odot bisa sebanyak 47,16 ton/ha/tahun. Produksinya bisa hampir 2 kali lipatnya.Semua jumlah produksi hijauan odot di atas kalau panennya pada usia 2 bulan. Seandainya dipanen lebih awal, tentu produksinya lebih sedikit.Kita akan melihat lebih dalam lagi mengenai faktor – faktor tersebut. Meskipun tidak banyak, beruntung sudah ada sebuah penelitian tentang produktifitas rumput ini.

Pengolahan tanah

Pengolahan tanah dapat dilakukan dengan cara pencangkulan terlebih dahulu. Pencangkulan sebanyak dua kali lebih baik. Tapi ini tidak baku.Tujuan pencangkulan adalah untuk membuat tekstur tanah menjadi lebih gembur, memperbanyak oksigen di tanah dan membuang sisa – sisa akar tanaman yang sudah ada sebelumnya.Pupuk dasar menggunakan pupuk kandang. Dosisnya sebanyak 5 ton/hektar.Kalau lahannya cuma 1000 meter persegi, berarti cuma butuh pupuk kandang sebanyak 500 kg atau 5 kwintal.Kalau kondisi tanahnya asam, dapat ditambahkan kapur untuk menaikkan pH tahan.Kapur yang digunakan bisa dolomit atau kapur kerang. Dosisnya sama yaitu 5 ton per hektar.Biayanya cukup banyak juga ya, tapi pengapuran ini tidak harus dilakukan. Disesuaikan dengan ketersediaan sumber daya yang dimiliki saja.

Penanaman bibit odot

Bibit rumput odot adalah batangnya. Akan tetapi banyak yang langsung menanam batang plus daunnya.Proses menanam rumput odot. Sebagian wilayah hanya membuang daunnya saja, tanpa memotong rumput menjadi bibit stek.Foto di atas adalah bibit rumput yang ditanam tanpa membuang daunnya. Daun hanya dibuang bagian bawah saja.Dengan cara di atas, rumput bisa tumbuh lebih cepat ketimbang harus memotong semua daun dan mengambil batangnya saja.Jarak tanam ternyata sangat berpengaruh terhadap jumlah anakan yang dihasilkan oleh rumput odot ini.Jarak antar baris bisa diberikan sejauh 1 meter. Sedangkan jarak tanam bisa bervariasi mulai 50 cm, 75 cm dan 100 cm (1 meter).Hasilnya ternyata jumlah anakan pada jarak tanam 1 m x 1 m jumlah anakannya jauh lebih banyak dari pada jarak tanam yang lebih dekat.Rumput ini membutuhkan air yang cukup. Penyiraman perlu dilakukan kalau di daerah penanamannya kekurangan air.Penyiangan terhadap gulma atau rumput – rumput liar juga perlu dilakukan. Supaya tidak terjadi perebutan nutrisi.Data dari penelitian [1], berikut adalah perbedaan antara jumlah anakan terhadap jarak tanam rumput odot.
Jumlah anakanJumlah anakanJumlah anakan
Jarak Tanam50 x 100 cm75 x 100 cm100 x 100 cm
Panen 120,42324,9
Panen 229,527,541,1
Panen 341,650,366,6
Panen 43941,553,1

Kandungan Nutrisi rumput odot

Rumput odot pakan kambing ini memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik daripada rumput gajah.Kandungan nutrisi yang lebih tinggi menjadi kelebihan tersendiri apabila rumput ini dijadikan sebagai pakan ternak khususnya kambing atau domba.Berikut adalah kandungan nutrisi dari rumput odot[2].
Kandungan Nutrisi% (Berat Kering)
Bahan kering13,55%
Bahan organik85,55%
Abu14,45%
ADF34,02%
NDF54,02%
Kadar lemak daun2,72%
Kadar lemak Batang0,91%
Protein Kasar Daun14,35%
Protein Kasar Batang8,10%
Kecernaan Daun72,68%
Kecernaan Batang62,56%

Rumput odot pakan kambing dan kandungan nutrisi rumput odot pada usia penen berbeda

Semakin tua usia panen rumput, maka kandungan nutrisinya akan semakin menurun.Dari penelitian yang pernah dilakukan,  menanam rumput odot sebaiknya panen pada umur 3, 6, 9 dan 12 minggu setelah tanam, kandungan protein kasarnya berturut – turut adalah 14.7%, 14.4%, 15.9%, 9.3%.Namun pada penelitian yang lain, hasilnya sedikit berbeda.[3]Informasi mengenai penelitiannya adalah sebagai berikut.Rumput odot ditanam dalam beberapa pot. Ukuran potnya sekitar 18 cm x 35 cm dan diameter potnya 22 cm.Setiap pot ditanami bibit rumput sebanyak tiga batang. Akan tetapi, setelah tujuh hari setelah tanam, hanya disisakan satu batang yang pertumbuhannya paling baik.Kalau tujuannya sebagai pakan, tidak usah diseleksi juga tidak masalah. Eman – eman.Pupuk yang digunakan adalah Urea, TSP dan KCL.Dosisnya adalah 100 kg urea/ha, 50 kgTSP/ha and 50 Kcl/ha.Sedangkan penyiraman dilakukan jika perlu.Pemanenan rumput dilakukan pada usia 8 dan 12 minggu setelah tanam.Hasilnya adalah sebagai berikut:
Usia PanenTinggi TanamanProduksi Bahan keringProtein Kasar
8 minggu104,75 (cm)0,06 (ton/hektar)12,94%
12 minggu126,01 (cm)1,76 (ton/hektar)8,77%
Jika rumput di panen pada usia 8 bulan, kandungan protein kasar yang akan diperoleh lebih tinggi. Akan tetapi jumlah hijauan yang dihasilkan sedikit.Sedangkan jika menginginkan hasil hijauan yang lebih banyak, rumput bisa dipanen pada usia 12 minggu setelah tanam. Akan tetapi kandungan protein kasarnya sudah menurun.

Rumput odot pakan kambing

Rumput odot merupakan solusi paling tepat untuk menyediakan pakan hijauan untuk ternak kambing.Jika dibandingkan dengan jenis rumput yang lain, rumput odot adalah yang terbaik.Hal ini karena produksinya hijauannya tinggi, ngaritnya lebih cepat dan yang paling penting kambing menyukai jenis rumput ini.Ini adalah solusi dari kekecewaan para peternak terhadap rumput gajah.Alih – alih ingin dapat pakan cepat, mudah dan banyak tapi kambingnya tidak mau makan.Fakta bahwa rumput odot yang terbaik adalah menurut penelitian kambing marica yang diberi pakan rumput odot kenaikan bobotnya tertinggi daripada jenis rumput yang lain.Demikian,semoga ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *