Jenis Tanaman Porang yang Laku di Pasaran, wajib Anda Ketahui
Jenis Tanaman Porang yang Laku di Pasaran - Salah satu ekspor yang paling diminati saat ini, tanaman porang merupakan jenis tanaman yang sering dibudidayakan oleh para petani. Ada berbagai jenis porang yang laris manis di pasaran dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.Jenis-jenis tanaman Iles Iles (Porang) yang laris manis di pasaran biasanya dapat dibeli sebagai bibit dari berbagai tempat yang menjual bibit terbaik. Karena tanaman porang dapat dijadikan bahan baku bakanan dengan cara merajangnyaa terlebih dahulu menggunakan mesin perajang porang.Baca artikel ini sampai akhir untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis porang yang laku di pasar dan berbagai metode untuk membuatnya rooting dan budidaya optimal. Ayo temukan jawaban atas rasa penasaranmu sekarang !

Jenis Tanaman Porang yang Laku di Pasaran

Tanaman porang merupakan tanaman berumbi dengan cara penanaman yang cukup sederhana. Jenis tanaman ini akhir-akhir ini semakin marak karena menjadi komoditas pertanian yang sangat bernilai bahkan bisa diekspor.Para petani tanaman yang ingin menanam tanaman Iles Iles (Porang) harus mengetahui berbagai jenis Porang yang laris di pasaran. Berikut macam-macam jenis porang yang laris manis di pasaran beserta ciri-cirinya :

1. Tanaman Porang (Amorphophallus muelleri)

Tanaman ini merupakan jenis porang yang laris manis di pasaran dan banyak diminati. Ciri-cirinya daun lebar, ujung runcing, umbi berwarna hijau muda dengan serabut berserat berwarna kuning. Selain itu, tumbuhan ini juga memiliki bintil-bintil di setiap sumbu daun dan percabangan cabang.

2. Tanaman Walur (Amorphophallus campanulatus forma sylvestris)

Selanjutnya porang yang laris manis di pasar selanjutnya disebut waluri. Spesies tumbuhan ini memiliki daun kecil runcing dengan kulit kayu berwarna ungu dengan corak putih. Kemudian tanaman ini tidak menghasilkan kodok seperti tanaman porang biasa.

3. Tanaman Suweg (Amorphophallus campanulatus forma hortensis)

Jenis tanaman ini memiliki daun berwarna hijau cerah dengan umbi yang sangat berbeda dengan tanaman porang. Umbi tanaman suweg biasanya memiliki bintil-bintil dengan serabut halus yang berwarna putih. Namun, jenis tanaman ini tidak memiliki biji belukar atau katak porangal.

4. Tanaman Iles-Iles Putih (Amorphophallus variabilis)

Jenis porang lain yang laris manis di pasaran adalah tanaman iles iles putih. Spesies tanaman ini memiliki daun runcing dan biasanya berwarna hijau tua. Selain itu, kulit batang tanaman ini cenderung berwarna ungu dan tidak berbiji.Itulah jenis-jenis tanaman porang yang banyak diminati di pasaran dan wajib anda ketahui. Tentunya untuk memastikan Anda membeli bibit porang kualitas terbaik, Anda perlu mengunjungi situs terbaik beli bibit porang online.

Metode Pembudidayaan Porang yang Optimal

Proses budidaya porang tidak hanya dilakukan dengan tanah, masih banyak cara lain untuk itu. Yaitu dengan menanam di polybag atau dengan metode hidroponik.Bibit porang yang ditanam di polybag biasanya ditanam untuk memenuhi kebutuhan bibit sebelum benar-benar ditanam di tanah atau hidroponik. Oleh karena itu bibit porang yang ditanam pada media ini dapat tumbuh lebih baik pada media lain.

Pemupukan Tanaman Porang

Pupuk yang baik untuk tanaman porang adalah menggunakan pupuk organik. Pupuk organik hasil fermentasi biasanya digunakan pada tahap awal pemupukan, sedangkan pupuk anorganik seperti NPK diberikan pada saat tanaman porang sudah tumbuh tinggi.Waktu yang ideal untuk memupuk tanaman porang adalah setelah tanah disiangi agar unsur hara terserap sempurna. Penyiangan adalah proses menghilangkan gulma di antara tanaman sambil menggemburkan tanah. Jika anda ingin memiliki Jenis Tanaman Porang yang Laku di Pasaran pastikan anda selalu membeli bibit yang berkualitas baik.Bila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi¬†RumahMesin¬†untuk memesan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *