Apa itu Cocopeat serta Manfaatnya untuk Tanaman
Apa itu Cocopeat? - Dalam bidang pertanian, pemilihan media tanam merupakan salah satu faktor penting yang dapat menentukan keberhasilan. Selain media tanah, Anda bisa mencoba media lain seperti Cocopeat yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan unsur hara yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.Bagi yang ingin mulai menanam, salah satu hal yang  harus diperhatikan adalah media tanam yang akan digunakan. Memang media tanam yang tepat mempengaruhi pertumbuhan dan kesehatan tanaman. Ada media tanam yang mungkin belum banyak diketahui orang, yaitu cocopeat.

Apa itu Cocopeat?

Cocopeat adalah bahan ringan, bebas serabut yang membantu menyatukan serat sabut di dalam coir. Penggunaannya untuk hortikultura baru ditemukan pada awal 1990-an, demikian laporan Fibre Family, Jumat (9 Februari 2022). Sejak saat itu, permintaan cocopeat terus meningkat.Cocopeat, juga disebut coco coir atau coco fiber, adalah media tanam alternatif. Mereka dapat digunakan untuk menanam berbagai tanaman, terutama hidroponik. Bahan utama dalam cocopeat adalah tempurung kelapa, juga dikenal sebagai sekam padi.Mereka diproses atau ditumbuk menjadi pelet seperti serbuk gergaji, produk akhirnya adalah coco peat. Coco peat ini memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah teksturnya yang seperti kotoran. Kedua, coco peat memiliki kemampuan menyerap air dalam jumlah besar.Anda juga bisa menggunakan mesin cocopeat agar lebih mempermudah anda, anda juga bisa mendapatkan beberapa peralatan mesin untuk anda bercocok tanam hanya di rumah mesin dengan mendapatkan harga terjangkau.Bahkan bisa dikatakan mampu menyerap air 10 kali lebih baik dari media tanam biasa. Tentunya hal ini akan membuat tanaman, terutama yang menyukai air, terhidrasi dengan baik.Hasilnya, pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Kemampuan menyerap air dengan mudah juga membuat tanaman tidak mudah kering. Keunggulan lain dari coco peat adalah bahannya yang ramah lingkungan.Artinya, coco peat tidak akan menimbulkan residu yang berbahaya bagi lingkungan. Meski banyak di dalam tanah, tapi coco peat juga akan terurai secara alami. Tahan Hama Tentu masyarakat ingin tanamannya bebas hama.Terkait hal itu, Indra mengatakan coco peat lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Jika Anda mencampur coco peat sebagai media tanam, maka media tersebut akan lebih sehat karena beberapa jamur dan bakteri takut tumbuh di atas coco peat.

Manfaat Cocopeat untuk Tanaman

apa itu cocopeat

1. Memiliki Tekstur yang Mirip Tanah

Buat kamu yang belum tahu, Cocopeat adalah media tanam dengan tekstur halus seperti tanah pada umumnya. Namun, ada satu perbedaan mencolok antara cocopeat dengan tanah biasa yaitu kandungan gizi dan nutrisinya.Maka dari itu, jangan heran jika menanam tanaman dengan kelapa gambut akan mendapatkan hasil yang optimal, karena pohon dapat menyerap banyak unsur hara untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya.

2. Daya Serap Air Tinggi

Harap dicatat bahwa Cocopeat 100 kali lebih mampu menyerap air daripada tanah biasa. Tidak hanya memiliki kemampuan menyerap air yang sangat tinggi, coco peat juga memiliki kemampuan menyimpan air yang sangat membantu untuk hidrasi tanaman saat memasuki musim kemarau.

3. Sangat Ramah Lingkungan

Seperti namanya, coco peat menggunakan bahan baku sabut kering. Dengan demikian, semua bahan dapat dianggap organik dan ramah lingkungan. Jika tidak digunakan lagi, coco peat juga dapat terurai dengan baik di dalam tanah, sehingga tidak perlu khawatir akan pencemaran lingkungan.

4. Tahan Terhadap Serangan Hama

Serangan hama tidak terlepas dari pemeliharaan tanaman. Namun, Anda bisa meminimalisir dampak dari kemungkinan kerusakan dengan beralih ke media tanam Cocopeat.Alasannya adalah beberapa hama yang hidup dan berkembang biak di tanah tidak suka berada di media ini. Efeknya akar pasti jauh lebih sehat dan optimal menyerap nutrisi untuk proses pertumbuhan.

5. Cocok Untuk Pemula

Gambut kelapa merupakan media tanam yang sangat baik untuk pemula. Anda dapat menggunakan Cocopeat untuk mempelajari cara menanam tanaman hidroponik. Tekstur dan bentuknya yang seperti tanah juga sesuai dengan berbagai kebutuhan.Diatas adalah apa itu coco peat dan manfaat coco peat untuk tanaman. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *