Cara Membuat Celengan dari Batok Kelapa dengan mudah dan Cepat
Cara membuat celengan dari batok kelapa - Kerajinan batok kelapa merupakan salah satu kerajinan yang paling umum di Indonesia. Pada dasarnya buah kelapa mudah ditemukan di negara kita dan memiliki manfaat tersendiri. Dari ampas dan air kelapa yang bisa dimakan, dari daun kelapa hingga bungkus daun hingga batok kelapa yang bisa digunakan untuk berkreasi.Kerajinan tangan ini biasanya dapat ditemukan di toko-toko suvenir lokal karena warnanya yang eksotis dan bentuknya yang unik. Karena produksi batok kelapa secara manual, maka harga jualnya lebih tinggi.

Mengenal Limbah Tempurung Kelapa

Teknik pembuatan tempurung kelapa,Limbah tempurung kelapa atau yang lebih dikenal dengan limbah tempurung kelapa adalah sisa buah kelapa yang telah dihilangkan daging dan airnya. Dulu, limbah tempurung kelapa ini banyak dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk memasak sebagai bahan bakar pembuatan batu bata.Karena batok kelapa saat itu terlalu banyak, para perajin mulai memanfaatkan limbah ini sebagai bahan baku kerajinan tangan. Selain mudah didapat, serpihan sabut kelapa juga bisa didapatkan dengan harga yang sangat murah.Untuk menggunakan bahan kerajinan batok kelapa sebagai bahan dasar, terlebih dahulu harus dibersihkan dan diamplas kasar agar bersih dan halus.

Kerajinan dari Batok Kelapa

Cara Membuat Celengan dari Batok Kelapa dengan mudah dan CepatUntuk membuat kerajinan dari batok kelapa ini diperlukan Mesin pengupas batok kelapa. Anda bisa menemukan banyak kerajinan yang terbuat dari batok kelapa di toko-toko suvenir. Namun diantara sekian banyak.

Cara membuat celengan dari batok kelapa

Celengan adalah benda sederhana yang fungsinya untuk menyimpan sedikit uang di kantong kita. Ada celengan yang terbuat dari plastik, tanah liat, kaleng bekas, batok kelapa dan lainnya. Saya membuat celengan dari batok kelapa. Apakah Anda ingin tahu caranya, apakah Anda hanya ingin tahu, atau Anda benar-benar ingin tahu? Mari baca blog saya bagaimana melakukannya.Bahan-bahan :
  • Batok kelapa
  • Kertas pasir
  • Cat
  • Kuas
  • Stiker untuk hiasan
  • Pisau
  • Lem
Cara membuatnya :1. Tawarkan beberapa batok kelapa 2. Bersihkan bagian dalam batok kelapa 3. Jika bagian dalam sudah bersih, sekarang ampelas bagian luarnya. Dan lakukan hal yang sama untuk batok kelapa lainnya. 4. Bagian dalam bersih dan bagian luar juga bersih. Lalu rekatkan kedua bagian tersebut, namun jangan lupa beri lubang kecil untuk menaruh uangnya 5. Kemudian cat cangkangnya. Biarkan kering. 6. Setelah kering. Terapkan stiker untuk membuat trek terlihat cantik dan menarik.

Cara Membuat Asbak Dari Batok Kelapa

Cara membuat asbak dari batok kelapa (batok kelapa) - Kelapa merupakan tanaman yang dapat dimanfaatkan bagian manapun darinya. Mulai dari batang, akar, daun hingga buah, semuanya tersedia bagi kita. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat asbak dari batok kelapa.Jenis kerajinan batok kelapa memang banyak sekali, karena jika memiliki ide kreatif, batok kelapa bisa dibuat menjadi berbagai macam kerajinan, seperti untuk pembuatan celengan, mainan untuk gelas atau gelas minum. Jadi kali ini, mari kita membuat asbak dari batok kelapa.

Alat dan Bahan:

  1. Batok Kelapa
  2. Gergaji (untuk memotong)
  3. Lem
  4. Amplas (untuk memperhalus sisi)

Cara Membuat:

1. Tempurung kelapa yang sudah kita siapkan bisa dihaluskan hingga permukaannya halus. 2. Gunakan kelapa tua untuk hasil yang lebih baik 3. Potong kelapa 1/3 dari seluruh batoknya, sebagian besar akan dijadikan asbak dan sebagian kecil sebagai kaki penyangga. 4. Setelah itu rekatkan kedua bagian tersebut secara terbalik agar terlihat jelas hasil asbak yang kita buat. 5. Terakhir bisa ditambahkan pemanis seperti mutiara atau apapun agar terlihat lebih bagus.Itulah cara membuat celengan dan asbak rokok dari batok kelapa, semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *