Pembuatan Arang Batok Kelapa dengan Mudah
pembuatan arang batok kelapa - Batok kelapa menjadi arang dengan cara dibakar. Setumpuk batok kelapa dimasukkan ke dalam drum. Kemudian batok kelapa dibakar. Setelah itu, batok kelapa yang belum dibakar ditambahkan ke dalam drum secara bertahap.

Cara Membuat Arang Tempurung Kelapa

Tentunya yang pertama harus disiapkan adalah bahan utamanya yaitu batok kelapa. Untuk membuat arang tempurung kelapa ini diperlukan Mesin pengupas batok kelapa.

Peralatan dan sarana

Setelah itu siapkan juga alat dan fasilitas yang diperlukan yaitu :
  1. Ruang penulis (produksi batubara). Pabrikan digunakan dalam pirolisis, di mana batok kelapa dibakar tidak sempurna sampai pembakaran berhenti, sampai molekul karbon atau arang terbentuk. Ruang bakar dapat berupa burrow, incinerator, combustion drum, dan burner.
  2. Sebuah lubang di tanah. Di lahan yang air tanahnya tidak dangkal, dapat digali sebagai ruang bakar. Jika tanahnya kuat atau cukup padat, maka dinding dan dasar sumur tidak perlu diperkuat dengan semen dan batu bata. Jika struktur lantainya tidak kuat, misalnya longsor, karena banyak mengandung pasir, maka dinding dan lantainya harus diperkuat dengan semen dan batu bata. Lubang ini dapat dibuat dengan berbagai cara.
  3. Dapur penulis. Dapur penulis adalah ruangan yang bentuknya sama dengan lubang penulis. Tungku dibangun di atas ketika lubang tidak dapat digali karena permukaan air terlalu rendah.
  4. Oven. Oven adalah alat khusus untuk pirolisis atau pembakaran. Tungku sederhana yang terbuat dari tong bekas. Pirolisis terjadi dalam drum yang membatasi pasokan udara ke bahan yang terbakar. Udara disuplai melalui lubang udara di badan drum. Saat pembakaran dimulai, setelah semua bahan terbakar, lubang udara ditutup untuk mengurangi pasokan oksigen. Panas dari pembakaran sebelumnya di bawah kondisi oksigen rendah cukup untuk pirolisis.

Cara Membuat Arang Tempurung Kelapa

pembuatan arang batok kelapa, secara umum Shell Coal dapat diproduksi dengan dua cara yaitu dengan drum dan dengan lubang di bagian bawah. Sebelum dibakar, bahan baku batok kelapa terlebih dahulu dikeringkan, agar pembakaran lebih cepat tanpa asap yang mengepul.Bersihkan cangkang ayam, pasir dan kotoran lainnya. Kemudian potong cangkang menjadi 1 "x 1" untuk mengisi drum atau lubang dengan lebih baik dan masak secara merata.

Pembakaran

1.Menggunakan Lubang dan Dapur Pengarangan

Pembakaran dilakukan dengan cara berikut:
  1. Lubang atau oven diisi kerang setinggi 30 cm lalu dibakar.
  2. Ketika lapisan kulit kayu ini mulai terbakar, kulit baru ditambahkan di atas lapisan ini, yang terbakar sama parahnya dengan lapisan sebelumnya. Hal ini dilakukan terus menerus hingga ruangan penuh.
  3. Setelah itu lubang atau cerobong pembakaran ditutup rapat. Jika Anda menggunakan lubang api, mulsa dapat diletakkan di atas tutupnya untuk menutup tutupnya.
  4. Tempatkan balok kayu atau bambu (diameter 15-20 cm) secara vertikal di tengah lubang atau oven, lalu isi lubang di mangkuk sampai penuh.
  5. Setelah itu balok kayu atau bambu tersebut ditarik secara perlahan dan hati-hati hingga terdapat lubang kecil di tengah lubang atau tungku tersebut. Tempatkan serabut kelapa atau daun yang dibasahi minyak tanah di lubang kecil dan bakar. Kerak terbakar dari bawah dan perlahan menyebar ke atas.
  6. Setelah semua cangkang dibakar, lubang atau oven ditutup rapat. Untuk menghilangkan asap, tutupnya harus dibuka 2 kali sehari. Proses pembuatan ini memakan waktu 5-7 hari.

2.Pembakaran dengan Menggunakan Oven

Baca juga Olahan Batok Kelapa yang Bernilai Ekonomi Sangat Tinggi
Pembuatan Arang Batok Kelapa dengan Mudah
Pekerja menutup briket yang sedang dalam proses penjemuran menggunakan plastik di industri briket rumahan "Merapi Perkasa", Pondokrejo, Tempel, Sleman, Yogyakarta, Senin (5/1). Produksi briket berbahan baku arang batok kelapa yang biasa diekspor ke sejumlah negara di Eropa, Timur Tengah dan Amerika itu mengalami pembekakan biaya produksi hingga 100 persen menyusul tingginya intensitas hujan sehingga proses pembakaran briket membutuhkan waktu lebih lama. ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/Rei/ama/15.
  1. Oven diisi dengan cangkang sepadat dan sepadat mungkin. Oven dari tong bekas menampung sekitar 90 kg kerang.
  2. Ventilasi udara baris pertama dan kedua, dilihat dari atas, ditutup. Setelah itu, taruh bahan yang mudah terbakar seperti daun yang dibasahi minyak tanah dan sabut kelapa di bagian bawah "perapian pertama" dan bakar. Kemudian oven ditutup.
  3. Begitu mantel terbakar di bagian bawah tungku dan api mulai menyebar ke bagian atas lubang terbuka ketiga, lubang ketiga ditutup rapat. Sementara itu, barisan lubang lainnya tetap terbuka. Begitu seterusnya hingga deretan lubang pertama (atas).
  4. Selama pembakaran, volume arang berkurang, sehingga dapat ditambahkan cangkang untuk mengisi volume ruang arang.

Pemilahan dan Pengemasan

Setelah terbakar, arang dibakar lagi. Arang yang tidak terbakar sempurna dibakar kembali. memiliki batu bara dibakar seluruhnya dan ditutup dengan jaring kawat (ukuran lubang 0,6-1,0 cm) untuk memisahkannya dari tanah, debu dan kerikil. Sebelum dikemas, batubara disimpan di luar selama 12-15 hari. Setelah itu, batu bara dikemas dalam kantong plastik atau tas kanvas.

Cara Membuat Arang Tempurung Kelapa

Cara Menyimpan Arang Tempurung

  1. Bersihkan bagian atas dan bawah terlebih dahulu, lalu buka penutup drum. Putar drum.
  2. Tuang arang ke dalam kantong plastik yang sudah disiapkan. Jangan tuangkan langsung ke lantai.
  3. Keluarkan cangkang yang tidak terbakar atau batu bara yang setengah matang dan masukkan batu bara yang baik atau yang sudah matang ke dalam kantong. Arang yang dimasak memiliki tampilan hitam mengkilat dan bersinar saat pecah. Jika arang akan dijual, harus diperiksa sebelum dikantongi.
Itulah beberapa cara membuat arang dari batok kelapa, semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *