Jenis Terigu Protein Tinggi Beserta Alternatifnya
Jenis Terigu Protein Tinggi - Bagi Anda yang suka membuat kue, pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung yang kaya protein.Tepung berprotein tinggi, juga dikenal sebagai tepung roti, adalah yang paling kuat dari semua tepung dengan kandungan protein tinggi 12-14%.Mengingat kandungan proteinnya yang tinggi, ini berarti adonan roti akan mengandung lebih banyak gluten. Tepung yang dibuat sendiri juga tidak kalah akan protein anda juga bisa membuatnya untuk menghemat biaya dalam pembelian tempung menggunakan Produk mesin penepung diskmill serbagunaGluten adalah campuran protein yang terbentuk ketika protein glutenin dan gliadin dicampur dengan air dan diaduk, difermentasi dan difermentasi.Hal inilah yang akan membuat adonan menjadi lebih elastis dan ringan serta akan menghasilkan roti yang kenyal dan tekstur yang lembut saat dipanggang.

Perbedaan Tepung Protein Tinggi dan Tepung Serba Guna

Kandungan protein bubuk protein tinggi biasanya 12% sampai 14%. Sedangkan kandungan protein tepung terigu hanya 8% sampai 11%.Dengan kandungan proteinnya yang rendah, tepung serbaguna tidak dapat menghasilkan gluten yang cukup untuk memberikan tekstur yang lembut dan kenyal pada adonan yang Anda butuhkan untuk membuat adonan roti yang lezat.Selain itu, tepung serbaguna dapat digunakan dalam banyak resep kue yang berbeda. Mulai dari cake, crackers, cake, pancake, hingga membuat berbagai jenis adonan. Sedangkan tepung kaya protein hanya digunakan untuk membuat roti. Pada umumnya tepung terigu serba guna sering digunakan sebagai pengganti tepung terigu merek tepung berprotein tinggi, meskipun tekstur yang dihasilkan sedikit berbeda.Ini jelas, karena kandungan proteinnya berbeda. Kandungan tepung serbaguna standar selama pembuatan adalah 9 hingga 11 persen.

Macam-macam Tepung Protein Tinggi

Kandungan protein adonan dapat bervariasi dari 5 hingga 15, yang dapat sangat memengaruhi resep Anda. Meski begitu, sebenarnya ada beberapa bedak lain yang juga memberikan kadar protein tinggi.Namun, mungkin rasanya tidak sesuai dengan lidah Anda atau mungkin mempengaruhi rasa roti yang akan Anda buat. Berikut beberapa tepung kaya protein yang bisa menjadi alternatif, seperti yang dilaporkan Live Strong.

1. Tepung Kedelai

Jenis Terigu Protein TinggiTepung kedelai bebas gluten harus cocok untuk orang yang menjalani diet bebas gluten. Itu terbuat dari kacang kedelai, dan sebagian lemaknya biasanya dihilangkan agar tidak cepat rusak.Anda bisa menggunakan satu cangkir tepung kedelai untuk menggantikan jumlah tepung yang sama saat memanggang.Namun, mengganti tepung serbaguna pada roti atau muffin Anda akan mengubah tekstur, penampilan, dan rasa produk akhir secara dramatis.Rasa tepung kedelai paling cocok untuk memarut daging atau sayuran sebelum digoreng atau untuk mengentalkan saus. Protein dalam bungkil kedelai lengkap, artinya menyediakan semua 9 asam amino esensial. Bungkil kedelai juga menawarkan manfaat isoflavon yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan meredakan gejala menopause.

Rekomendasi Merk Tepung Terigu Protein Tinggi

Secara umum, tidak sulit menemukan merek bubuk protein tinggi di pasaran. Berikut rekomendasi beberapa merk tepung terigu protein tinggi yang terpercaya dan berkualitas.

1. Cakra Kembar

Rekomendasi pertama untuk brand tepung kaya protein adalah Cakra Kembar. Tepung ini memiliki kandungan yang cukup memadai seperti vitamin B1, B2, asam folat, seng, zat besi.Cakra Kembar cocok untuk membuat mie yang keras namun tetap lembut saat disentuh. Merek tepung kaya protein juga cocok untuk membuat donat dan roti.Bubuk Twin Cakra harganya Rp 12.000/kg.

2. Golden Eagle

Saran selanjutnya untuk merek tepung kaya protein adalah Golden Eagle. Produk Bulgaria ini memiliki kandungan gluten yang tinggi, yang membantu memfermentasi adonan roti dengan sempurna.Daya serap air yang tinggi juga membuat adonan roti dari tepung ini tidak lengket di tangan sehingga menghasilkan produk dengan kualitas yang luar biasa. Serbuk Golden Eagle harganya Rp 12.000/kg. Dalam beberapa resep, tepung terkadang tidak ditulis sebagai tepung saja. Jenis terigu protein tinggi biasanya tidak terdapat dalam kemasan informasi tambahan khusus yang menjelaskan jenis tepung yang digunakanBila anda sedang memerlukan mesin pertanian, mesin perkebunan, mesin perikanan, baik pra atau pasca panen, alat dan mesin olahan makanan, alat laboratorium, anda bisa mengunjungi RumahMesin untuk memesan produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *