Kegunaan Briket Serbuk Kayu Beserta Kekurangan dan Kelebihannya
Kegunaan Briket Serbuk Kayu- Halo teman teman!  apa kabar  semuanya?!, kali ini kita berbicara tentang briket serbuk kayu. Sekarang banyak sampah disekitar kita, terutama sampah serbuk gergaji. Sering kita lihat ketika pohon ditebang, pasti banyak serbuk gergaji yang menumpuk dan sering dibakar atau dibuang begitu saja. Padahal serbuk gergaji bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan atau keperluan lain, seperti pembuatan briket serbuk kayu.Teman-teman tahukah kalau serbuk kayu ini bisa menjadi ladang bisnis dan bisa menjadi usaha sampingan . Apalagi di masa pandemi seperti ini, banyak orang yang kesulitan mencari pekerjaan dan sebagian besar menganggur. Apa salahnya mencoba bukan? .

Kegunaan  Briket Serbuk kayu

Kegunaan briket ini tak jauh beberbeda dengan kegunaan briket batok kelapa Menggunakan serbuk kayu sebagai bahan baku dapat mengurangi limbah kayu dan mengurangi efek negatif pencemaran lingkungan, karena menghirup serbuk gergaji atau serbuk kayu  dapat menyebabkan defisiensi. Selain itu, briket ini tidak mengandung belerang sehingga tidak berbau menyengat, dan harganya juga lebih murah dibandingkan batu bara dan briket tempurung kelapa yang berasal dari batok kelapa yang merupakan pembuangan akhir dari proses pemarutan kelapa menggunakan mesin parut kelapa.Oleh karena itu munculah gagasan untuk mengurangi konsumsi BBM, meningkatkan pendapatan, mengurangi limbah dan menyadarkan masyarakat akan perlindungan lingkungan dengan mendaur ulang limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat yaitu sumber energi alternatif.Memproduksi dan menggunakan briket arang serbuk gergaji  atau serbuk kayu memiliki beberapa keunggulan. Pada dasarnya dengan menggunakan briket arang serbuk gergaji kayu  sebagai bahan bakar alternatif berarti kita dapat menghemat penggunaan kayu sebagai hasil hutan utama, sehingga setidaknya kita dapat melakukan bagian kita untuk meminimalkan deforestasi.Selain itu, jika kita menggunakan briket arang serbuk gergaji, kita dapat menghemat uang untuk membeli minyak tanah atau gas yang harganya semakin mahal. Tidak sampai disitu, penggunaan serbuk kayu dalam produksi briket arang meningkatkan pemanfaatan limbah hutan dan mengurangi pencemaran udara, karena sering dijumpai serbuk gergaji yang dibuang begitu saja saat dibakar. Keuntungannya juga dapat menjadi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat yang dapat mengolah serbuk kayu ini menjadi briket arang, karena briket serbuk kayu memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Pokoknya manfaatnya banyak.

Keuntungan dan Kelemahan Briket Dari serbuk kayu

Bahan bakar briket serbuk kayu cocok untuk pemilik usaha atau pengusaha yang memang membutuhkan pembakaran terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Briket serbuk kayu digunakan bersamaan dengan kompor/oven, keunggulan briket adalah harganya lebih murah dibandingkan minyak tanah atau batu bara, briket arang memiliki waktu pembakaran yang lebih lama.Penggunaan briket relatif lebih aman, briket . mudah disimpan dan diangkut, dan tidak perlu ditayangkan ulang atau ditambahkan bahan bakar baru. Kelemahan briket adalah meskipun sangat panas, nyala api tidak mudah terlihat dan tidak dapat dipadamkan dengan cepat.Selaian terbuat dari serbuk kayu, briket juga bisa diolah dari, batubara, sekam padi  dan kulit nipah, tal lupa juga batok kelapa yang merupakan limbah dari hasil olah kelapa  parut menggunakan mesin parut kelapa.Briket dibuat dengan cara pengepresan atau compression , yang bertujuan untuk meningkatkan nilai kalor per satuan luas dari biomassa yang digunakan sebagai energi alternatif, sehingga dihasilkan energi yang besar dengan ukuran yang relatif kecil yaitu biomassa. Selain , bentuk biomassa menjadi lebih seragam sehingga lebih mudah disimpan dan disebarkan .Itu  dia sedikit ulasan yang dapat saya berikan kepada para pembaca, semoga dengan adanya ulasan ini bisa menambah wawasan serta informasi para pembaca, sekian dan terimakasih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *