Cara Menggemukan Kambing Kurus Dengan Singkat
Cara menggemukan kambing kurus merupakan hal wajib yang harus di lakukan oleh para peternak.Langkah yang diambil untuk menggemukan kambing sebagai suatu kegiatan dalam pemeliharaan hewan ternak. Beternak kambing dengan tujuan meningkatkan bobot pada hewan ternak, akan lebih efektif bila dipelihara sekitar 3-5 bulan.Kambing merupakan jenis hewan ruminansia atau yang sering di kelan dengan hewan pemakan rerumputan atau tumbuhan hijau. Kambing juga merupakan salah satu hewan ternak yang paling  banyak di budidayakan oleh peternak  karena nilai jualnya cukup tinggi.Banyak peternak yang melakukan perawatan terhadap kambing ini baik secara tradisional maupun profesional.Semakin banyak yang beternak kambing maka, semakin banyak pula saingan jual kambing di pasar.Pada dasarnya para peternak sapi maupun kambing harus mengetahui tentang bagaimana cara melakukan penggemukan terhadap hewan ternaknya agar cepat gemuk, efisien dan efektif. Semakin cepat proses penggemukan dan semakin efektif  cara perawatan pada hewan ternak maka semakin besar pula keuntungan yang diperoleh oleh peternak. Pada dasarnya metode penggemukan kambing merupakan metode  persiapan bagaimana kambing bisa cepat gemuk, pelaksanaannya serta perawatan terhadap kambing. Dalam perencanaan penggemukan kambing ini sama halnya dengan penggemuakan domba, pastiakn anda harus perhatikan langakah-langakah berikut ini:Pastikan anda harus melakukan semua tahanpan ini agar anda bisa menghasilkan kambing yang  gemuk juga sehat.

1. Cara Menggemukan Kambing Kurus dengan Menentukan bibit Kambing yang unggul

cara menggemukkan kambing yang.jpgPemilihan bibit kambing yang unggul ini sangat menentukan cepat atau lambatnya proses penggemukan pada kambing.Jika anda memilih bibit kambing yang unggul maka anda bisa mendapatkan keuntungan dalam melakukan bisnis ternak kambing.Hal ini disebabkan karena menetapkan bibit kambing yang berkualitas atau unggul ini sangat berpengaruh dalam melakukan ternak kambing.Sebaliknya jika anda memilih bibit kambing yang tidak unggul maka akan menyebabkan kerugian besar.Beberapa bibit kambing yang unggul dan cocok untuk ternak anda yaitu kambing boer, kambing ettawa dan kambiing bligon..Ketiga jenis kambing ini akan menunjukkan proses penggemukkan yang jauh lebih cepat daripada jenis kambing laiinya seperti kambing kacang.

2.Cara Menggemukan Kambing Kurus dengan Memilih lokasi kandang yang tepat

Cara menggemukan kambing kurus ini  paling utama yaitu memilih kandang kambing yang tepat dan bersih.Disaat memilih lokasi kandang pastikan lokasi kandang di area suhu yang normal tidak terlalu panas dan juga tidak dingin, kenyamanan di sekitar lokasi atau area, sirkulasi udaranya bagus, tingkat kebisingan pada area dan bangunan atau pondasi yang mengelilingi sekitar lokasi atau area kandang tersebut. Suhu daerah yang dijadikan untuk kandang  kambing ini harus sekitar 35 oC dan sirkulasi udaranya bagus. Harus diperhatikan sirkulasi udara pada kandang kambing agar kandang tetap bersih, sehat dan tidak bau. Kotoran kambing yang dibuat dengan sirkulasi udara yang baik dapat cepat kering, sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak sedap. Lokasi kandang harus teduh, tetapi kambing masih mendapatkan kesempatan untuk melihat atau tubuh kambing mendapatkan sinar matahari yang cukup. Kenyamanan kawasan juga harus diperhatikan agar kotoran yang dihasilkan  kambing tidak mengganggu masyarakat sekitar.Area yang digunakan sebagai kandang harus jauh dari jalan utama dan pabrik sehingga tidak menimbulkan kebisingan karena ini dapat mengakibatkan stress pada kambing. Area kandang juga tidak boleh terhalang oleh tembok atau bangunan di dekatnya.Selain itu kandang juga harus dibersihkan secara rutin agar kambing tetap terjaga kesehatannya dan kambing juga merasa lebih nyaman. Dengan kondisi kandang yang bersih,dapat membuat kambing lebih nyaman sehingg kambing memiliki nafsu makan yang lebih tinggi, lebih tahan terhadap stress dan penyakit, sehingga kambing  lebih cepat bertambah berat badannya atau gemuk. 

3. Menghilangkan parasit pada tubuh kambing

Cara menggemukan kambing kurus yaitu membasmi semua parasit yang ada pada tubuh kambing.Karena salah satu penyebab kambing kurus yaitu adanya parasit yang tumbuh pada tubuh kambing. Parasit ini bisa berupa cacing dan kutu. Untuk membasmi cacing yang ada pada tubuh kambing,maka kambing harus diberi obat cacing herbal seperti buah pinang dan daun pepaya.  Ada juga beberapa jenis obat cacing kimia untuk kambing, obat cacing yang paling umum digunakan adalah Wormzole-K, Wormectin dan Kalbazen SG.Sedangkan cara untuk mengatasi kutu pada tubuh kambing ini  bisa menggunakan wormextin,bisa anda temuakn di pasar dengan harganya sekitar Rp 12.000 / pcs. Untuk cara pemakaian obat ini,  bisa di suntikan ke dalam kulit kambing  tetapi masih di luar daging.Untuk menghilangkan kutu ini anda juga bisa mengguanakan Pastac.

4.Pemberian Pakan Penggemukan Pada Kambing

Cara menggemukan kambing  kurus ini paling utama yaitu pemberian pakan pada ternak.Untuk penggemukan kambing ini di butuhkan pakan yang khusus agar kambing lebih cepat gemuk dan kambing juga bisa di berikan pakan yang sudah difermentasi.Pemberian pakan  merupakan  faktor terpenting dalam penggemukan kambing. Sekitar 70% keberhasilan proses penggemukan kambing yang tergantung pada pemberian pakan.Hal pertama yang  harus diperhatikan saat memberikan pakan terhadap kambing adalah anda juga memberikan persediaan air minum agar kambing tidak keselak juga melancarkan proses pencernaan makanan pada kambing. Pastikan kambing memiliki akses air yang gratis juga bersih.Meskipun kambing mendapatkan air dari rerumputan dan dedaunan yang basah,  tidak ada salahnya untuk menyediakan air bersih yang dapat kambing minum kapan saja. Setelah  mendapat air bersih,kambing  juga harus diberi pakan yang sehat dan teratur. Anda dapat menggunakan tiga jenis hijaun ini sebagai pakan ternak yaitu rumput-rumputan, sayuran sebagai sumber protein, dan konsentrat yang memperkuat konsentrasi. Anda harus memberikan ketiga pakan tersebut secara teratur agar kambing lebih cepat gemuk dan sehat dan anda juga bisa memberikan ketiga pakan tersebut yang sudah di cacah menggunakan mesin pencacah rumput multifungsi. Kesabaran anda sebagai peternak dalam pemberian pakan ini sangat menentukan keberhasilan dalam beternak, karena jika peternak tidak teliti atau sering lupa maka waktu pemberian pakan kambing tidak akan teratur.Demikian,semoga penjelasan ini bisa membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *