Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art yang Aplikatif!
Cara membuat foam susu untuk latte art sangat beragam, bisa menggunakan cara manual, ataupun dengan mesin. Jika kamu mau, kamu bisa membuat foam susu menggunakan steam wand yang ada di mesin espresso. Kamu bisa juga menggunakan milk frother, jika enggan, kamu juga bisa mem-froth dengan menggunakan French press. Kamu pun juga bisa membuat foam atau busa susu dengan cara dikocok secara manual dengan balloon whisk.

Cappuccino

Foam susu ini bisa diguakan untuk membuat kopi seperti cappuccino. Cappuccino adalah kopi espresso berpadu dengan susu dan juga busa susu yang lembut dan tebal di atasnya.Cappuccino gaya Italia tradisional asli terdiri dari komposisi yang sama dengan espresso, yaitu susu dan juga busa susu. Minuman ini sangat cocok bagi kamu yang pecinta kopi berbusa dan juga krim.Lalu, dengan foam susu, kamu juga bisa membuat macchiato. Macchiato merupakan espresso dengan perpaduan sedikit foam susu yang membentuk noda putih. Dengan membuat foam susu sendiri, kamu bisa berkreasi aneka kopi seperti yang ada pada kafe-kafe kekinian.

Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art

cara membuat foam susu untuk latte artNah, lalu seperti apa cara membuat foam susu untuk latte art, mari kita simak berikut ini!1. Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art Menggunakan Kocokan KawatPertama, tuang susu ke cangkir atau panci. Tuanglah susu secukupnya ke dalam cangkir tahan microwave atau panci logam (tergantung apakah kamu bermaksud memanaskan susu menggunakan microwave atau kompor). Kamu bisa membutuhkan sekitar setengah cangkir susu untuk setiap gelas atau cup cappuccino.Kedua, panaskan susu. Jika kamu menggunakan microwave, maka masukkan setengah cangkir susu tadi ke dalam microwave lalu panaskan susu tersebut dengan suhu tinggi selama sekitar 30 detik atau sampai susu memunculkan uap. Jika kamu menggunakan kompor, letakkan panci di atas kompor yang telah menyala dengan api sedang, kemudian panaskan susu sampai susu mengeluarkan uap.Ketiga, gunakan kawat untuk membuat busa susu. Setelah susu selesai dipanaskan, masukkan kocokan kawat yang telah disiapkan ke dalam susu dan putar gagang kocokan kawat tersebut hingga menghasilkan busa sebanyak yang kamu inginkan. Pastikan kawatnya tidak berkarat ya!

2. Cara Membuat Foam Susu untuk Latte Art Menggunakan Stoples

Pertama, tuang susu ke dalam stoples kaca bertutup rapat. Tuanglah setengah cangkir susu ke dalam stoples kaca yang sudah kamu siapkan. Alangkah baiknya, susu yang digunakan tidak lebih dari setengah toples. Karena kamu harus menyisakan ruang yang cukup untuk menampung busanya yang mengembang.Kedua, kocok stoples selama 30 detik. Tutuplah toples dengan rapat kemudian kocok stoples dengan kencang hingga susunya mengeluarkan busa dan jumlahnya hampir dua kali lipat dari jumlah awal.Ketiga, buka tutup stoples dan panaskan susu di dalam microwave. Bukalah tutup stoples dan letakkan di dalam microwave. Panaskan susu yang berada di dalam stoples dengan suhu yang tinggi kurang lebih selama 3o detik atau sampai susu memunculkan uap. Busanya akan mulai stabil saat busa naik ke atas permukaan susu sampai sedikit melebihi stoples.Jika kamu memiliki mesin pembuat kopi, tentu akan menjadi lebih baik lagi.

Tips:

Ketika memasak menggunakan microwave bervariasi, yang paling penting adalah dapat mencapai titik persis sebelum susu itu mendidih. Lebih tepatnya lagi ketika mulai muncul uap dari susu, namun belum terbentuk gelembung susunya.Nah itu tadi beberapa cara membuat foam susu, coba di rumah yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *