Cara Menanam Suket Gajah Praktis
Rumput gajah (pennisetum purpureum) adalah rumput berukuran besar dan mengandung nutrisi yang tinggi, biasa dimanfaatkan untuk makanan ternak seperti sapi, kambing atau gajah. ketahanan rumput gajah terhadap cuaca panas yaitu kelebihan yang jarang di dapat dari hijauan sejenis lain.rumput gajah membutuhkan waktu 60 hari agar bisa di panen dan dibuat untuk pakan ternak sapi. waktu sekitar dua bulan tersebut akan manjur jika rumput gajah cukup dalam air dan nutrisi. Jika anda memiliki lahan yang kurang produktif, rumput gajah bisa dibuat jalan keluar agar lahan yang tidak produktif itu menjadi produktif.Rumput gajah membutuhkan sinar matahari yang cukup atau minimal 40%. hijauan ini dapat hidup di daerah yang miskin akan nutrisi.Terdapat macam - macam jenis rumput gajah, akan tetapi kita dapat melihat mortofologi rumput gajah sebagai berikut : rumput gajah tumbuh dengan tegak lurus, mempunyai tinggi tanaman yang dapat mencapai 7 meter, batangnya tebal dan keras, daun panjang, dan berbunga seperti es lilin. kandungan gizi rumput gajah terdiri dari 19,9% bahan kering, 10,2 % protein kasar, 1,6% lemak, 34%,2 serat kasar, 11,7% abu. kandungan ini akan sangat didapat oleh ternak ruminansia misalnya sapi atau kerbau.Baca juga: Hijauan Rumput Pakan KambingPengolahan tanahPengolahan tanah untuk rumput gajah lebih baik dilakukan menjelang atau pada saat awal musim hujan. Lahan yang sudah bersih atau bersih dari hijauan liar khususnya semak - semak berkayu dibajak atau dicangkul untuk membalikan tanah dan diratakan.
  • setelah tanah rata dibuat lubang tanam dengan ukuran 20 cm x 20 cm (sering berukuranselebar mata cangkul) kedalamannya kira - kira 20 sampai 25 cm.
  • setelah lubang tanam siap, masukkan pupuk kandang ke dalam lubang sekitar 0,5 kg, padukan dengan tanah sehingga lubang tanam terisi penuh dengan pupuk.
  • pada lahan yang masam (ph 4 sampai 5,5 ) diperlukanpengapuran dengan memanfaatkan kapur pertanian (kaptan) dengan skala yang disesuaikan dengan kemasaman lahannya.
penanaman dengan stek yang akan ditanam yaitu batang yang tidak terbilang muda, potong – potong sepanjang 20 hingga 30 cm, sehingga terdapat 2 hingga 3 buku (ruas) setiap pemangkasannya. stek batang ditanam miring dengan posisi 30 hingga 40 derajat dengan 1 sampai 2 buku tertancap ke dalam tanah dan satu buku berada di atas permukan tanah.satu lubang tanam ditanami dua stek. Selanjutnya penanaman diwajibkan agar hijauan yang baru ditanam mendapatkan pengairan pada saat hari yang sama jika tidak turun hujan perlu disiram.penanaman dengan anakansebelum ditanam dipilih anakan yang tidak terlalu muda serta rumpun yang pertumbuhannnya baik. untuk setiap lubang tanam, sebaiknya anakan terdiri dari 2 sampai 3 batang, diharuskan akarnya masih dengan kondisi yang bagus. Potong bagian atas anakan sampai tersisa kurang lebih 30 cm.anakan ditanam pada lubang tanam yang sudah ditambahkan pupuk organik, selanjutnya lahan sedikit dipadatkan agar tanaman tidak geser. Diwajibkan agar hijauan yang baru ditanam mendapatkan pengairan pada saat hari yang sama. Kalau tidak tanaman wajib disulam.panenpanen pertama rumput gajah dilakukan pada saat usia 90 hari pasca - tanam. panen sesudahnya 40 hari sekali pada saat musim hujan dan 60 hari sekali pada saat musim kemarau. Tinggi pemotongannya dari permukaan tanah sekitar 10 sampai 15 cm. Produksi hijauan rumput gajah antara 100 sampai 200 ton rumput segar per hektar per tahun. Peremajaan tanaman tua dilakukan setelah 4 sampai 6 tahun untuk diganti dengan hijauan yang baru. Nahh, jika ingin memberikan hijauan rumput untuk ternak lebih baik rumput dicacah terlebih dahulu menggunakan mesin pencacah rumput.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *