Jenis Rumput Pakan Ternak Terpopuler

Contoh Hijauan Pakan Ternak

Rumput Australia

Rumput Australia atau dalam bahasa latin disebut Paspalum dilatatum adalah salah satu jenis tanaman makanan ternak yang berasal dari Argentina, Amerika Serikat. Rumput ini bisa tumbuh di tanah dengan struktur sedang sampai berat, akan tetapi tumbuh paling baik di tanah berat yang basah serta subur.Tanaman ini dapat bertahan hidup di ketinggian 0 sampai 2000 meter diatas permukaan laut dengan curah hujan 900 sampai 1400 mm/tahun. Ciri - ciri tanaman ini yaitu sebagai berikut:
  • Rumput australia memiliki umur yang panjang.
  • Tinggi tanaman mencapai 60 sampai 150 cm.
  • Daun rimbun mempunyai warna hijau tua.
  • Perakaran luas serta dalam.
Rumput australia adalah jenis rumput yang tahan terhadap kekeringan serta tahan juga terhadap genangan air. Selain itu, rumput ini merupakan jenis rumput gembala yang baik sebab tahan injakan serta senggutan. Menurut tropicalforages, info nutrien yang terdapat dalam rumput australia ini yaitu protein kasar 4 sampai 23% dengan kecernaan 57 sampai 63%.Perkembangbiakan tanaman ini bisa dilakukan dengan penyebaran biji pada tanah yang sudah diolah. Pemotongan pertama bisa dilakukan saat rumput sudah mulai awal berbunga. Sesudah dipangkas, perkembangan rumput ini sangat cepat. Tinggi rumput yang dipangkas wajib dipertahankan sekitar 40 cm sebab rumput ini adalah rumput gembala atau grazing, tapi bisa di lakukan sistem cut dan carry.Produksi rumput ini bisa mencapai 60-75 ton/ha/tahun. Keunggulan dari rumput Australia ini yaitu palatabilitas tinggi walaupun masih muda, tetap berdiri tegak meski mendapat injakan, bisa beradaptasi dengan legume. Kekurangannya adalah masa penggembalaan pendek, pembentukan biji terlalu awal serta berat, nilai nutrisi rendah.

Rumput benggala

Rumput benggala (Panicum maximum) yaitu salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan peternak untuk pemenuhan hijauan pada ternak ruminansia . Rumput benggala mempunyai daun yang banyak serta bisa tumbuh pada ketinggian 0-1200 m diatas permukaan laut.Ciri - ciri tanaman ini yaitu sebagai berikut.
  • Berumpun (rhizome).
  • Perakaran kuat serta dalam.
  • Batang berongga serta halus.
  • Memiliki daun sangat lebar serta berwarna hijau tua.
  • Mempunyai bunga berwarna hijau serta keunguan.
  • Tingginya dapat mencapai 1,2 m.
Kandungan nutrien yang terkandung dalam rumput ini yaitu protein kasar sekitar 8%, serta serat kasar 27%. Hasil panen rumput benggala adalah 100-150 ton/ha/tahun. Lalu bagaimana dengan budidaya rumput ini? Ada tiga cara budidaya rumput benggala, adalah dengan teknik semai benih, penanaman benih di tanah, serta dengan sobekan rumpun/pols.Pemotongan rumput ini sebaiknya disetting sekitar 5-10 cm diatas permukaan tanah. Usia panen pertama sekitar 60-90 hari. Ketika saat musim hujan, interval pemotongan bisa dilakukan 30-40 hari. Sedangkan ketika saat musim kemarau interval pemangkasan dilakukan 50-60 hari. Keunggulan dari rumput ini adalah bisa bertahan hidup di daerah yang kering. Tetapi kekurangannya yaitu tidak tahan terhadap genangan air.Baca juga: Hijauan Rumput Pakan Ternak

Rumput Setaria

Rumput setaria dengan nama latin Setaria sphacelata adalah jenis rumput yang berasal dari kawasan tropika serta subtropika Afrika, kemudian diperkenalkan di daerah tropika di dunia. Rumput setaria itu seperti apa sih?Nah, ini dia ciri ciri dari rumput setaria:
  • Setaria tumbuh tegak serta berumpun lebat.
  • Batang tegak tidak mempunyai bulu dan mempunyai 5-6 buku-buku.
  • Batang pada rumput ini berwarna kemerahan.
  • Daunnya lunak serta lembut.
  • Pada bagian pelepah daun mempunyai bentuk gepeng serta memanjang dengan warna hijau muda sampai tua.
  • Rumput setaria bisa tumbuh dikawasan dengan ketinggian sekitar 1000-3000 meter diatas permukaan laut dengan curah hujan 750-1000mm.
Kandungan protein kasar yang terkandung pada rumput setaria yaitu sekitar 8% dengan kandungan serat kasar yaitu 32%. Hasil panen rumput setaria dalam berat segar sekitar 80 sampai 100 ton/ha/tahun.Sama halnya dengan menanam hijauan lainnya, menanam rumput setaria bisa dilakukan dengan mudah. Rumput setaria bisa tumbuh di berbagai jenis tanah. Hanya butuh pengolahan tanah berupa penggemburan serta pemberian pupuk supaya perkembangan rumput ini lebih baik.Penanaman bibit untuk perkembangbiakan tanaman dilakukan dengan menggunakan sobekan rumpun/pols. Daun bagian atas dipangkas atau dikurangi untuk mengurangi penguapan yang berlebih. Berapa lama waktu panennya? Rumput setaria di panen cuma dengan waktu 35 sampai 40 hari saja. Dengan tinggi pemangkasan antara 10-15 cm diatas permukaan tanah.Keunggulan dari rumput setaria ini yaitu tahan terhadap genangan air, musim kemarau, tahan terhadap berbagai penyakit, serta tahan injakan. Adanya kandungan oksalat yang terdapat pada rumput setaria ini menjadi salah satu kekurangan dari rumput ini. Oksalat bisa menimbulkan kematian pada ternak. Khususnya jika pemanenan rumput terlalu muda, kadar oksalat bisa melebihi dari 5%.Bagaimana cara menurunkan kadar oksalat pada rumput ini? Tentu saja dengan menggunakan teknologi pengolahan makanan, yaitu teknik silase.Nahh, jika rumput - rumput diatas akan dijadikan sebagai pakan ternak, lebih baik gunakan mesin pencacah rumput supaya rumput dapat lebih mudah untuk dikonsumsi oleh para ternak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *