Membuat Abon Kambing
Membuat abon kambing, abon adalah makanan yang terbuat dari serat daging hewan. Penampilannya biasanya berwarna cokelat terang hingga kehitam-hitaman dikarenakan dibumbui gula jawa.Abon tampak seperti serat-serat kapas, karena didominasi oleh serat-serat otot yang mengering yang disuwir-suwir. Karena kering dan nyaris tak memiliki sisa kadar air, abon biasanya awet disimpan berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dalam kemasan yang kedap udara.Selain terbuat dari bahan dasar daging (sapi, kambing, kuda, babi, dan domba), ada beberapa abon yang pembuatannya memakai bahan dasar dari makanan laut, seperti ikan tuna, ikan lele, ikan tongkol, belut, kepiting rajungan dan udang.Abon biasanya dimakan sebagai lauk taburan di atas nasi, mi pangsit atau bubur ayam, atau sebagai isi lemper dan biasa pula dimakan langsung seperti memakan atau mengkonsumsi camilan (camilan).Di Indonesia, daging yang biasa digunakan untuk membuat abon berasal dari daging sapi, sehingga orang mengenal 'abon sapi'. Selain daging sapi, bahan lain yang digunakan adalah ayam, babi, ikan, Kuda, dan kambing.Di China, abon yang paling lazim adalah abon yang terbuat dari daging babi yang disebut Chousong. Sentra pembuatan abon sapi di Indonesia saat ini ada di daerah Boyolali, Solo/Surakarta, Ngawi, Nganjuk, Salatiga, Magelang dan beberapa daerah lain sekitarnya (sekitar Jawa Tengah dan Jawa Timur).Produksi abon sapi juga bisa di temui di kota Palembang dan Pontianak. Sedangkan sentra pembuatan abon dari daging babi banyak terdapat di daerah Bali, Sulawesi Utara, dan Sumatra Utara. Mesin pembuat abon

Cara Membuat Abon Kambing

Bahan :
  • 1 kg daging kambing, buang lemaknya
  • 250 ml santan dari ½ kelapa
  • 5 lembar daun salam
  • 2 sdm gula jawa, pasir
  • 5 sdm minyak goreng
Bumbu Halus :
  • 15 siung bawang merah
  • 10 siung bawang putih
  • 10 bitir kemiri
  • ½ sdm ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • 2 sdt garam
Cara Membuat :1. Potong-potong daging melintang serat, lalu rebus sekitar 1 jam dan dinginkan.2. Tumbuk daging diatas cobek agar memudahkan proses penyeratan nantinya.3. Setelah daging tertumbuk gunakan garpu untuk ,memisahkan seratnya.4. Pada proses ini kita bisa pilih akan membuat serat arbon agak kasar atau halus, kemudian sisihkan.5. Tumis bumbu dengan minyak goreng hingga harum, tambahkan daun salam dan gula lalu aduk-aduk.6. Tuangkan santan lalu aduk-aduk hingga santan berkurang setengahnya.7. Masukkan daging yang telah di suwir-suwir halus, bolak-balik sampai daging kering dan berwarna kecoklatan. 

Manfaat Daging Kambing

1. Meningkatkan Masa OtotManfaat mengonsumsi daging kambing yang penting diketahui yakni sebagai salah satu asupan makanan untuk menambah massa otot. Hal ini karena daging kambing secara lebih banyak mengandung protein berkualitas.Protein yang tinggi di dalam daging kambing cukup tepat untuk dikonsumsi. Sebab, asam amino tidak disertai banyak kalori saat dikonsumsi tubuh. Nah, bagi Anda yang sedang rutin berolahraga untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal, mengonsumsi daging kambing nampaknya penting untuk dipertimbangkan.2. Meningkatkan Pembakaran LemakManfaat mengonsumsi daging kambing berikutnya yakni mampu meningkatkan proses pembakaran lemak pada tubuh. Lemak secara tidak langsung kemudian akan diubah menjadi energi di dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin B yang banyak terdapat di dalam daging kambing. Maka dari itu, asupan daging kambing rasanya tepat pula untuk mendapatkan berat badan secara ideal.3. Menurunkan Resiko Penyakit KankerHal ini diperoleh dengan mudah karena daging kambing memiliki kandungan tinggi vitamin B12, selenium, kolin, dan sebagainya. Berbagai kandungan tersebut dibutuhkan tubuh untuk melawan berbagai pemicu risiko kanker di dalam tubuh. Selain itu, vitamin B12 juga tepat untuk mencegah stres berlebihan, Depresi, hingga gangguan kecemasan.4. Baik untuk Kesehatan JantungMengonsumsi daging kambing juga rupanya baik bagi kesehatan jantung. Pada dasarnya, daging kambing justru memiliki kadar kolesterol yang jauh lebih rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *