Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas dan Sedotan
Cara membuat vas bunga dari botol bekas dan sedotan dapat dikatakan tidak begitu rumit. Dengan kreativitas dan keuletan yang dimiliki maka akan dengan mudah membuatnya.Botol bekas merupakan salah satu sampah yang sulit terurai. Karena itulah sebisa mungkin kita mendaur ulang atau mengkreasikan botol bekas ini menjadi barang yang bermanfaat.Kalian bisa mengkreasikan botol bekas menjadi berbagai macam barang, contohnya seperti vas bunga. Vas bunga dari botol bekas ini bisa bermanfaat untuk kalian yang hobi mengoleksi bunga potong.

Definisi Vas Bunga

cara membuat vas bunga dari botol bekas dan sedotanVas bunga merupakan wadah terbuka yang diisi dengan rangkaian bunga. Wadah tersebut bisa dibuat dari bermacam-macam bahan misalnya dari tanah liat, gelas, besi, plastik, dan lain sebagainya. Bahkan bahan kayu juga bisa dipakai untuk membuat vas.Vas dapat dikombinasikan dengan dekorasi lainnya seperti lukisan atau sejenisnya untuk menambahkan nilai estetis. Vas dapat memiliki berbagai ukuran untuk dapat menyimpan berbagai macam bunga.Kebanyakan vas memiliki bentuk yang serupa yaitu berbentuk tabung dengan memiliki lubang di bagian tengahnya. Kaki atau alasnya bisa bulat, rata, berukir, maupun bentuk lainnya. Badan vas yaitu bagian utama dari bentuknya.Beberapa vas memiliki bentuk badan yang melengkung ke dalam atau leher yang memberi tinggi kemudian melengkung kembali sampai ke bagian atas. Berbagai vas bunga juga diketahui memiliki pegangan.

Perbedaan Vas Bunga dan Pot Bunga

Vas bunga yaitu tempat bunga untuk hiasan di atas meja ruangan tertentu. Sedangkan pot yaitu tempat yang terbuat dari tanah, semen, plastik, dan sebagainya untuk menanam pohon atau bunga yang umumnya untuk menghias halaman rumah.Berdasarkan pengertian vas dan juga pot tersebut, dapat diketahui perbedaan bahwa pot umumnya digunakan untuk media menanam. Sedangkan vas hanya digunakan untuk menaruh bunga hias, akan tetapi tidak dapat digunakan sebagai tempat untuk menanam.Sedangkan menurut bentuknya, pot dan juga vas umumnya berbeda. Pada umumnya, vas lebih bagus dan menarik karena vas biasa digunakan sebagai dekorasi di dalam rumah. Sedangkan bentuk pot kebanyakan terlihat sederhana dan relatif berukuran besar akan tetapi ada juga yang berukuran kecil.Pot umumnya diletakkan di halaman rumah atau pekarangan rumah. Sedangkan vas umumnya diletakkan di dalam rumah sebagai hiasan.

Cara Membuat Vas Bunga dari Sedotan

Sedotan merupakan bahan yang terbuat dari plastik yang sulit terurai, agar supaya sedotan tidak menjadi sampah yang menyumbang pencemaran, mari kita daur ulang menjadi vas bunga yang bernilai. Dibawah ini cara atau langkah-langkah membuat vas bunga dari sedotan.
Alat dan bahan yang dibutuhkan:
  • Gunting atau cutter
  • Lem
  • Hiasan manik-manik/pita
  • Sedotan warna-warni
  • Kaleng bekas atau botol
Cara/langkah-langkah membuatnya:
  1. Pertama gunting sedotan menjadi tiga bagian. Pakailah sedotan dengan warna yang berbeda agar supaya lebih menarik
  2. Kemudian gunting bagian atas sedotan berbentuk runcing.
  3. Berilah lem kayu pada kaleng secara merata bagian mukanya.
  4. Potong bagian atas kaleng tersebut atau bisa juga menggunakan botol.
  5. Tempelkan sedotan-sedotan tersebut pada kaleng atau botol yang sudah di olesi lem. Tata sedotan tersebut dengan cara seling-seling warna.
  6. Rapikan bagian ujung sedotan yang melebihi tinggi kaleng atau botol tersebut.
  7. Selanjutnya tutup dengan memberi manik- manik, pita, atau hiasan-hiasan lainnya agar supaya terlihat menarik dan lebih bernilai.
  8. Tunggu hingga benar benar kering.
  9. Dan vas bunga siap digunakan.

Jenis-jenis Vas Bunga

Memilih vas bunga tentunya harus diselaraskan dengan manfaat vas bunga yang ingin kalian dapatkan. Manfaat vas bunga menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang untuk memilih vas bunga tersebut. Sehingga tidak jarang apabila banyak orang yang mempertimbangkan manfaat vas bunga tersebut sebelum memilihnya.Berbagai macam vas bunga dibuat dengan model serta material pembuatan yang berbeda-beda. Dengan demikian akan menghasilkan karya yang berbeda dengan fungsi yang berbeda juga.Vas bungamerupakan salah satu karya seni yang memiliki nilai estetis. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk menggunakan vas bunga untuk hiasan di rumahnya.Sebelum kalian memilih vas bunga, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis-jenis vas bunga yang tersedia sehingga cocok untuk ruangan rumah kalian. Berikut ini beberapa jenis-jenis vas bunga:

1. Vas Bunga dari Kaca

Vas bunga jenis tersebut sangat cocok digunakan dan diletakkan di atas meja hias yang khususnya hanya untuk meletakkan barang-barang untuk menghias ruangan. Hal tersebut dikarenakan vas bunga dari kaca lebih rentan akan pecah. Sehingga jika diletakan di meja tamu tentunya sangat rawan.Untuk meminimalisir hal itu, sebaiknya kalian meletakkan vas tersebut hanya untuk hiasan dan jauh dari jangkauan anak-anak. Dengan demikian, keindahan vas bunga akan lebih terlihat dan dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama. Jangan lupa untuk selalu membersihkan vas bunga dari debu-debu yang menempel serta kalian juga harus hati-hati dalam membersihkannya, karena vas bunga dari kaca merupakan barang yang mudah pecah dan sangat rawan.

2. Vas Bunga dari Kayu

Model vas bunga yang berikutnya yaitu vas bunga yang terbuat dari kayu. Vas bunga ini sangat direkomendasikan untuk kalian. Hal ini dikarenakan vas bunga dari kayu umumnya memiliki ukiran yang unik dan juga menarik.Selain itu, vas bunga dari kayu tidak gampang pecah. Jadi bisa lebih awet serta tahan lama. Bagi kalian yang menggunakan vas bunga jenis ini tidak perlu khawatir akan pecah.Kalian dapat meletakkan vas bunga ini di meja ruang tamu, bahkan dalam jangkauan anak sekalipun. Selain itu, sebaiknya kalian tetap selalu membersihkan vas bunga dengan rajin agar supaya tidak kotor karena debu.

3. Vas Bunga dari Plastik

Jenis vas bunga selanjutnya yaitu vas bunga yang terbuat dari bahan plastik. Vas bunga jenis ini sangat aman digunakan karena tidak mudah akan pecah. Sehingga kalian tidak akan merasa takut apanila digunakan untuk bermain oleh anak-anak.Selain itu, vas bunga plastik juga memiliki nilai estetika yang tinggi karena bentuk dari model serta warnanya yang beraneka ragam. Sehingga kalian memiliki banyak pilihan varian warna.

4. Vas Bunga dari Tanah Liat

Jenis vas bunga berikutnya yaitu vas bunga dari tanah liat. Vas bunga jenis ini merupakan jenis yang paling banyak diminati serta banyak digunakan oleh masyarakat. Selain model dan bentuknya yang unik, vas bunga jenis ini merupakan jenis yang menarik dalam proses pembuatanya.Pembuatan vas bunga dari tanah liat memerlukan keahlian khusus yang tentunya tidak semua orang bisa membuatnya. Nilai estetika vas bunga dari tanah liat dapat dilihat dari model dan juga kreasi warna yang digunakan dalam vas bunga dari tanah liat tersebut.Vas bunga dari tanah liat merupakan vas yang mudah pecah, jadi kalian perlu berhati-hati saat menyentuh serta meletakkannya. Kalian juga perlu mempertimbangkan posisi letak vas bunga agar supaya terlihat indah dan tahan lama. Jangan lupa untuk selalu rajin membersihkannya juga.

5. Vas Bunga dari Bambu

Bagi kalian yang tidak ingin memiliki vas bunga yang mudah pecah, kalian dapat menggunakan vas bunga yang terbuat dari bambu. Vas bunga ini tahan banting serta tidak mudah pecah, akan tetapi tetap memiliki keindahan dan keunikan yang dapat melengkapi keindahan ruangan rumah kalian.Jika kalian menggunakan vas bunga yang terbuat dari bahan bambu, ruangan rumah kalian akan terlihat lebih natural. Hal ini terjadi karena bahan yang digunakan untuk vas bunga milik kalian adalah bahan yang alami serta ramah lingkungan.

6. Vas Bunga dari Koran

Jenis vas bunga yang terakhir yaitu vas bunga yang terbuat dari koran. Vas bunga ini dapat dibuat sendiri selaras dengan kreativitas yang kalian punya.Kalian dapat menggunakan koran bekas untuk membuatnya. Sehingga kalian tidak akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk mendapatkannya.
Selain itu jika menggunakan vas bunga ini, kalian akan merasa ruangan rumah kalian lebih memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini karena kreasi dari koran merupakan kreasi yang sangat unik serta menarik yang merupakan salah satu cara yang sedang dikembangkan sebagai proses daur ulang barang yang tidak terpakai. Dengan demikian, koran bekas akan memiliki nilai yang lebih tinggi serta akan menjadi inspirasi untuk orang lain.Itulah pembahasan saya mengenai cara membuat vas bunga dari botol bekas dan sedotan. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat vas bunga dari botol bekas dan sedotan ini, kalian juga bisa mengetahui tentang peluang usaha biji plastik yang ada di link ini. Semoga pembahasan yang disampaikan ini dapat berguna serta membantu dan memberikan pengetahuan baru mengenai cara membuat vas bunga dari botol bekas dan sedotan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *